Sabtu, April 20, 2024

Tips Hemat Kuota Internet Saat Pandemi

Techbiz.id – Masyarakat saat ini harus bijak menggunakan kuota internet agar hemat. Hal ini mengingat konsumsi akses internet yang meningkat pesat menjadi tidak terhindarkan di kala pandemi seperti sekarang ini.

Hasil Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19 2020 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi peningkatan penggunaan internet setelah penerapan kebijakan work from home (WFH). Sebanyak 56,55 persen responden mengaku, kebutuhan mereka terhadap pulsa untuk internet bertambah setelah pandemi.

Penambahan kebutuhan ini secara tidak langsung juga memberikan kontribusi terhadap konsumsi data yang sangat besar. Apabila tidak dikendalikan, pola konsumsi data ini akan terus menguras habis dompet konsumen.

Baca juga: Review Oppo Reno4 F: Kenapa Bisa Tipis?

Jika mempunyai Oppo Reno4 F, kalian dapat melakukan pengendalian terhadap kuota data internet. Reno4 F ini dapat menjadi perangkat pilihan karena telah menyediakan fitur untuk bisa hemat kuota internet.

Pengguna hanya membutuhkan pengaturan singkat dan cepat. Caranya, pengguna masuk ke menu pengaturan atau Settings, kemudian memilih opsi kartu SIM & data seluler (SIM Card & Mobile Data).

Pada bagian bawah terdapat pilihan penggunaan data (Data Usage). Setelah masuk, pengguna dapat melakukan limitasi pemakaian data seluler di bagian Mobile Data Limit. 

Di sana, pengguna dapat melakukan penyesuaian terhadap limit data bulanan (Set monthly data limit) dan juga dapat mengaktifkan fitur notifikasi (Set monthly data warning) yang memberitahukan saat pemakaian data hampir mencapai limit yang diberikan.

Selain itu, pengguna juga diberikan mode hemat daya melalui Data Saving. Apabila fitur ini diaktifkan, maka aplikasi yang bekerja pada latar belakang (background) seperti e-mailInstant Messaging, dan aplikasi jejaring sosial tidak dapat menggunakan kuota data.

Sementara aplikasi yang aktif di depan (foreground) dapat diatur untuk melakukan penghematan data misalnya untuk mengurangi resolusi gambar. Ketika fitur ini aktif, maka akan muncul ikon Data Saving di status bar pada bagian atas layar. Pengguna juga tidak bisa menggunakan fungsi network tethering atau berbagi koneksi internet Wi-Fi dari smartphone.

Di era yang membuat digitalisasi harus dilakukan karena adanya pembatasan akibat pandemi, kita harus secara cerdas dalam mengatur berbagai pengeluaran, termasuk dalam pembelian paket data.

Dengan bijak berhemat kuota data melalui perangkat smartphone seperti OPPO Reno4 F, kita tetap bisa terhubung dengan sesama sekaligus nyaman berkegiatan daring seperti sekolah atau rapat.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...