Selasa, Juli 16, 2024

AWS Tawarkan Layanan Bayar Sesuai Kapasitas

Techbiz.id – Amazon Web Service (AWS) menawarkan layanan komptasi awan (cloud computing) yang fleksibel degan membayar sesuai kapasitas yang digunakan.

Hal ini menurut , Country Leader AWS Indonesia, Gunawan Susanto merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan untuk untuk membantu perusahaan rintisan menekan biaya operasionalnya.

Lebih lanjut, Gunawan menjelaskan penggunaan anggaran yang fleksibel lebih berpengaruh dalam mengoptimalkan anggaran belanja teknologi, khususnya bagi perusahaan rintisan.

Dalam memberikan layanannya ini, AWS menawarkan skema pay as you use yang artinya pengguna dapat membayar sesuai dengan kapasitas yang digunakan.

Baca juga: Transformasi Digital, Hankook Tire Gandeng AWS

“Pemilik perusahaan rintisan bisa memfokuskan dana mereka untuk pengembangan pasar dengan membayar sesuai dengan kapasitas yang dipakai,” ungkapnya.

Fleksibilitas pengaturan anggaran menurutnya sangat dibutuhkan oleh perusahaan rintisan agar kapasitas komputasi awan yang disewanya dapat digunakan optimal dan tidak terbuang sia-sia, terutama disaat pandemi seperti sekarang ini.

Misalnya saja, bagi perusahaan rintisan yang terdampak negatif, mereka hanya perlu menggunakan sedikit kapasitas komputasi awan agar potensi kehilangan kapasitas dapat diperkecil.

Sementara itu bagi perusahaan rintisan yang terdongkrak bisnisnya karena pandemi harus meningkatkan kapasitasnya agar bisa mengambil potensi pendapatan.

Gunawan juga mengingatkan perusahaan startup tidak mudah tegoda dengan potongan harga yang ditawarkan dalam rangka mengoptimalkan penggunaan anggaran teknologi.

“Banyak yang salah langkah bahwa diskon yang lebih besar untuk mengoptimalkan biaya. Memang betul, tetapi yang paling betul adalah optimal biaya yang berlanjutan,” jelas Gunawan.

Fleksibilitas layanan yang ditawarkan AWS ini diklaim Gunawan dapat menghemat anggaran teknologi perusahaan hingga 30 persen dan anggaran pengembangan perangkat lunak sebesar 50 persen. Seperti yang terjadi pada Bhineka.

AWS juga memberikan potongan harga yang signifikan bagi pelanggan setia. AWS mengklaim sejak 2006, AWS telah menurunkan harga layanan mereka sebanyak 85 kali untuk semua kalangan pelanggan.

“Harga yang fleksibel membantu perusahaan rintisan berhemat hingga 72 persen dengan menggunakan Amazon EC2. Selain itu dengan berkomimtmen menggunakan layanan AWS selama 1 – 3 tahun mereka akan mendapat harga yang lebih rendah,” kata Shukla.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...