Sabtu, Juli 20, 2024

Gunakan SRv6 , Jaringan Tri Indonesia Lebih Ngacir

Techbiz.id – Untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya, operator seluler Tri Indonesia melakukan inovasi dari sisi teknologi jaringannya menggunakan SRv6.

Sejak Juni 2020 hingga Oktober 2020 lalu, uji coba Segment Routing IPv6 (SRv6) telah berhasil dilakukan di area Jawa Tengah. Hal ini menjadikan Tri Indonesia provider pertama yang telah berhasil melakukan uji coba SRv6 di Indonesia.

SRv6 bekerja menyederhanakan protokol jaringan, melakukan otomatisasi penyediaan dan pengoptimalan layanan jaringan, serta meningkatkan keandalan jaringan.

Teknologi ini mengubah jaringan transport IP Tri Indonesia menjadi jaringan cerdas yang memberikan layanan ultra-broadband dengan kualitas yang terjamin untuk berikan pengalaman lebih baik.

Baca juga: Tri Indonesia Tingkatkan Konektivitas di Gedung Tinggi

Menurut Chief Technical Officer Tri Indonesia, Desmond Cheung, jaringan yang andal sangat penting untuk memenuhi layanan 5G seperti Ultra-Reliable Low-Latency Communication (URLLC). Dalam transformasi jaringan untuk 5G, 3 Indonesia telah memulai rekayasa ulang jaringan transport sejak tahun 2019.

“Transformasi jaringan transport tersebut meningkatkan kapasitas jaringan dan mengurangi latensi sehingga pelanggan Tri Indonesia dapat mengakses internet lebih cepat termasuk memainkan mobile game dengan lebih responsif,” ungkapnya.

Untuk pengguna, teknologi ini juga bisa memberikan pengalaman bermain mobile game dengan lancar, tidak hanya kecepatan jaringan namun jaringan dengan latensi rendah merupakan hal yang sangat penting dalam kenyamanan bermain mobile game.

uji coba SRv6

Fungsi routing cerdas SRv6 memungkinkan jaringan Tri Indonesia secara otomatis melakukan optimasi berdasarkan dinamika perubahan kondisi jaringan sehingga akan selalu mencapai latensi yang rendah.

“Kami memiliki misi berkelanjutan untuk selalu meningkatkan kualitas jaringan dan selalu menerapkan inovasi teknologi terkini. Fase uji coba sudah berhasil kami lalui, sehingga teknologi SRv6 siap kami terapkan untuk mendukung penerapan 5G kedepan,” kata Desmond.

Lebih lanjut, SRv6 mentransformasi jaringan transport IP Tri menjadi jaringan dengan kemampuan yang lebih baik, yang memungkinkan kami memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, serta memenuhi kebutuhan layanan 5G ke depan.

Melayani lebih dari 200 juta pelanggan, jaringan Tri Indonesia kini sudah mencakup lebih dari 300 kabupaten, 3.000 kecamatan, dan 35.000 desa di seluruh Indonesia.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...