Kamis, April 25, 2024

Kominfo Dukung Startup Bangun Ekonomi Digital

Techbiz.id – Kementerian Kominfo menghadirkan program Startup Studio untuk mendukung ekonomi digital Indonesia dengan menyediakan pendampingan, jejaring talenta digital dan pengembangan skala bisnis para startup digital.

Menurut Menteri Kominfo, Johnny G. Plate, Startup Studio Indonesia adalah sebuah program pengembangan startup digital secara intensif. Program ini menyediakan akses mentoring dan networking bagi para pegiat startup digital nasional yang ingin mengembangkan usaha serta menyiapkan sumberdaya manusia atau talenta digital. 

“Inisiatif ini sejalan dengan mandat dari Presiden Bapak Joko Widodo untuk melakukan akselerasi transformasi digital, di mana salah satu arahannya adalah penyediaan talenta atau SDM digital yang berkualitas,” jelasnya.

Mengutip hasil studi Than and Thang yang dimuat dalam Laporan Bank Dunia, Menteri Johnny menyebutkan Indonesia membutuhkan  setidaknya 600 ribu SDM digital setiap tahun.

Menteri Kominfo menyatakan studi tersebut selaras dengan hasil riset dari Daily Social Tahun 2019 mengenai isu ketersediaan talenta digital menjadi kunci bagi perkembangan industri startup digital di Indonesia, disamping isu ketersediaan akses pendanaan. 

Baca juga: Satelit SATRIA Mundur, Kominfo Minta Perpanjangan Waktu

“Berangkat dari permasalahan tersebut Program Startup Studio Indonesia hadir untuk memfasilitasi startup digital yang berada di titik awal untuk mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas dan juga akses terhadap venture capital lokal maupun global,” tandasnya.

Menurut Menteri Johnny, para pegiat startup digital yang tergabung akan dikumpulkan secara daring selama tiga bulan untuk memperoleh sesi bimbingan dan konsultasi langsung dari pakar industri digital. “Hal tersebut agar pegiat startup digital siap untuk mendapatkan pendanaan yang memadai,” ungkapnya. 

Startup Studio Indonesia merupakan program intensif bagi early-stage startup untuk mengakselerasi skala bisnis yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo. Inisiatif dari program ini sejalan dengan komitmen Presiden Joko Widodo dalam upaya memperbaiki ekosistem ekonomi digital, mempermudah sumber pendanaan, mentoring, kerja sama dengan lembaga investasi dunia, birokrasi dan regulasi yang kondusif. 

Saat ini terdapat sebanyak 20 finalis pun lolos pada batch pertama Startup Studio Indonesia yang digagas oleh Kementerian Kominfo.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...