Friday, May 7, 2021
Home Fintech LinkAja Akuisisi iGrow Rambah Bisnis Pembiayaan

LinkAja Akuisisi iGrow Rambah Bisnis Pembiayaan

Must Read

Siap-siap, Galaxy Z Flip3 Bakal Dijual Lebih Murah

Techbiz.id - Rumor mengenai penerus Galaxy Z Flip terus bergulir. Kali ini, giliran bocoran harga Galaxy Z Flip3 yang...

Samsung Galaxy Z Fold3 Muncul dengan Pengisian Cepat 25W

Techbiz.id - Samsung diketahui tengah mempersiapkan penerus Galaxy Z Fold2. Perangkat bernama Galaxy Z Fold3 itu kini telah lolos...

Harga Baru, Xiaomi Kembalikan Rp100 Miliar ke Mi Fans

Techbiz.id - Xiaomi mengembalikan hingga Rp100 miliar kepada Mi Fans untuk memastikan semua orang bisa mendapatkan akses kepada inovasi...

Indosat Tambah Kapasitas Jaringan 4G Berkualitas Video

Techbiz.id – Untuk mendukung upaya pemerintah mengendalikan penyebaran Covid-19. Indosat Ooredoo menambah kapasitas jaringan 4G berkualitas video miliknya untuk...

5 Alasan Memiliki Huawei FreeBuds 4i

Techbiz.id - HUAWEI FreeBuds 4i merupakan produk inovasi terbaru dari Huawei untuk pasar Indonesia yang dibanderol dengan harga Rp...

Techbiz.id – Setelah berhasil mendapatkan pendanaan series-B senilai lebih dari 100 juta USD, LinkAja kembali melakukan aksi korporasi di kuartal ke-2 2021 dengan melakukan akuisisi salah satu perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) lending yang telah terdaftar di OJK bernama PT iGrow Resources Indonesia (“iGrow”).

Langkah akuisisi iGrow ini bertujuan untuk memperluas lini bisnis LinkAja ke pembiayaan online, terutama untuk sektor produktif UMKM. Hal ini sejalan dengan tujuan LinkAja untuk mendorong inklusi keuangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui kemandirian ekonomi.

- Advertisement -

UMKM merupakan salah satu tulang punggung perputaran ekonomi Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (“BPS”), jumlah pelaku UMKM saat ini sudah mencapai 64 juta dengan pertumbuhan 2,02% setiap tahunnya.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh UMKM, seperti kurangnya informasi dan akses pembiayaan untuk pengembangan usaha.

Baca juga: LinkAja Perluas Ekosistem Toko Kelontong Nasional

Hal ini juga menjadi alasan pertumbuhan industri pembiayaan online di IndonesiaBerdasarkan data OJK per Desember 2020, total penyaluran pembiayaan online baru meningkat sebesar 26,5% dibandingkan tahun 2019.

Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja mengatakan perluasan lini usaha di bidang pembiayaan merupakan langkah nyata LinkAja dalam memberikan kemudahan akses keuangan dan ekonomi, terutama kepada masyarakat kelas menengah ke bawah serta UMKM.

LinkAja Akuisisi iGrow

“Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui kemandirian ekonomi. Selain itu, dukungan pemegang saham LinkAja juga merupakan salah satu modal utama LinkAja untuk dapat memberikan layanan pembiayaan yang aman, mudah, dan terpercaya,” ucapnya.

Lebih lanjut, didukung jaringan ekosistem LinkAja yang kuat di berbagai daerah di luar pulau Jawa serta kota tier 2 dan 3, LinkAja berharap dapat memberikan pemerataan akses pembiayaan terhadap pelaku UMKM yang selama ini masih terfokus di pulau Jawa dan kota tier 1″.

Lini usaha pembiayaan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak besar bagi ketahanan dan kemajuan bisnis UMKM terutama di tengah pandemi COVID-19. LinkAja yakin bahwa iGrow merupakan partner yang tepat karena memiliki visi dan misi serupa untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendukung segmen menengah ke bawah terutama kelompok produktif.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan LinkAja sebagai penyedia jasa uang elektronik nasional yang memiliki kesamaan tujuan dengan iGrow, yaitu untuk dapat memperkuat perekonomian Indonesia dengan mendukung pertumbuhan UMKM” jelas Jim Oklahoma, Direktur Pengembangan Bisnis PT iGrow Resource Indonesia (iGrow).

LinkAja menurut Jim merupakan perusahaan yang memiliki fundamental bisnis kuat dengan kolaborasi pemegang saham antara BUMN dan perusahaan teknologi besar.  Hal ini akan mempercepat visi dan misi iGrow untuk memberikan impact ke UMKM dan dapat menjadikan iGrow sebagai salah satu pemain utama di bidang pembiayaan sektor produktif.

Hingga saat ini, LinkAja telah memberikan kemudahan bagi lebih dari 68 juta pengguna terdaftar melalui ekosistem digital paling lengkap. Saat ini, LinkAja memiliki lebih dari satu juta merchant lokal, lebih dari 370 ribu merchant nasional, 230 moda transportasi, lebih dari 680 pasar tradisional, lebih dari 44 ribu mitra donasi digital, lebih dari enam ribu online marketplace.

LinkAja juga telah dapat digunakan untuk melakukan transfer ke semua rekening bank, melakukan pembayaran berbagai kebutuhan sehari hari seperti pulsa, listrik, dan tagihan lainnya, iuran BPJS, hingga pembelian berbagai layanan keuangan seperti produk reksadana dan asuransi mikro.

Selain itu, LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Apple Watch Bakal Bisa Deteksi Kadar Gula dan Alkohol dalam Darah

Techbiz.id - Apple terus meningkatkan fitur kesehatan di perangkat Apple Watch miliknya. Jam tangan pintar generasi berikutnya dikabarkan bakal...

Artikel Terkait