Jumat, April 26, 2024

HarmonyOS Huawei Siap Meluncur di Juni 2021

Techbiz.id – Huawei akhirnya siap menghadirkan HarmonyOS pada awal Juni mendatang. Melalui akun resmi Huawei di Weibo, perusahaan mengumumkan bahwa HarmonyOS akan diumumkan pada 2 Juni 2021.

Tidak diketahui apakah acara ini akan menjadi pemutaran perdana untuk pasar China atau justru debut global bagi OS tersebut. Namun, dalam rangka menyambut peluncuran, Huawei membuat video teaser khusus. Video berdurasi singkat ini menampilkan logo baru dari HarmonyOS.

Perusahaan tampak memperkenalkan HarmonyOS sebagai bagian dari Huawei, terlihat dengan memilih menampilkan “Huawei” sebelum menampilkan logo “HarmonyOS”. Dilansir dari GSM Arena, bersamaan dengan peluncuran sistem operasi perusahaan, Huawei juga bakal merilis sebuah perangkat baru.

Menurut rumor yang beredar, perangkat tersebut diperkirakan adalah Huawei MatePad2. Dengan demikian, Huawei Matepad2 akan menjadi salah satu dari 300 perangkat yang ditargetkan Huawei menggunakan HarmonyOS di akhir tahun ini.

Sayangnya, belum diketahui daftar perangkat yang akan menjalankan OS Huawei tersebut. Namun, rumor mengatakan sepertiga diantaranya merupakan perangkat baru yang akan memulai debut langsung dengan HarmonyOS. 

Perlu diketahui, menurut laporan dari Gizchina, HarmonyOS dapat digambarkan sebagai Android yang “didesain ulang”. Ini didasarkan pada Android Open Source Platform dan ini akan memungkinkan perangkat dengan firmware ini untuk menjalankan aplikasi Android dan layanan Google. Tes pertama menunjukkan bahwa perangkat lunak berfungsi dengan baik.

Baca juga: Putuskan Huawei, Leica Sambut Xiaomi?

Menurut Huawei, sistem operasinya serba guna dan ringan. HarmonyOS dikatakan tidak terlalu menuntut sumber daya perangkat serta menggunakan lebih sedikit RAM dan penyimpanan daripada EMUI berbasis Android 11. Sebagai hasilnya, pengguna harus mendapatkan perangkat pintar dengan kinerja yang layak dan konsumsi daya yang rendah.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...