Minggu, Oktober 17, 2021
Beranda News Kominfo: Data yang Bocor Diduga Identik dengan Data BPJS Kesehatan

Kominfo: Data yang Bocor Diduga Identik dengan Data BPJS Kesehatan

Must Read

Menjaga Pola Hidup Sehat dengan Fitbit Versa 2

Techbiz.id - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini menjadi salah satu alasan utama pentingnya menjaga pola hidup sehat....

Perlu Dicoba, Ini Aplikasi Penghasil Uang Populer di 2021

Techbiz.id - Aplikasi penghasil uang belakangan ini sedang banyak dicari pengguna di internet. Kegiatan ini dilakukan pengguna untuk mendapatkan...

Mudah, Begini Cara Pindahkan Chat WhatsApp ke Telegram

Techbiz.id - Kebijakan baru WhatsApp justru menyebabkan banyak pengguna yang mencari alternatif aplikasi sejenis, seperti Telegram. Namun, sebagian dari...

Update Harga Realme C3 Juli 2020, Jadi Mahal!

Techbiz.id - Kenaikan nilai tukar rupiah di tengah pandemi Covid-19, juga berdampak pada perubahan harga smartphone. Misalnya, pada Realme...

Telkomsel Sediakan Paket Darurat

Techbiz.id - Untuk menghadirkan produk dan layanan yang lebih terjangkau di tengah keterbatasan, Telkomsel menghadirkan Paket Darurat. Terdapat juga ragam...

Tampil Lebih Menarik, iPhone 13 Bakal Punya Warna Baru

Techbiz.id - Berbeda dari lini seri sebelumnya, iPhone 13 tampaknya akan memiliki varian warna baru. Jika iPhone 12 saat...

Techbiz.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Dedy Permadi Juru Bicara Kementerian Kominfo menyampaikan hasil investigasi terbaru terhadap dugaan kebocoran data penduduk diduga kuat identik dengan data BPJS Kesehatan.

Melalui keterangan resminya kepada Techbiz, Jumat (21/5), Dedy mengatakan sampel data pribadi yang beredar telah diinvestigasi sejak kemarin (20/5) dengan menemukan bahwa akun bernama Kotz menjual data pribadi di Raid Forums.

Dedy melanjutkan bahwa data sampel yang ditemukan tidak berjumlah 1 juta seperti klaim penjual, tetapi berjumlah 100.002 data. Kendati demikian, hasil penelusuran mengungkap data yang bocor punya indikasi kemiripan yang kuat terhadap data BPJS Kesehatan.

“Kominfo menemukan bahwa sampel data diduga kuat identik dengan data BPJS Kesehatan. Hal tersebut didasarkan pada data Noka (Nomor Kartu), Kode Kantor, Data Keluarga/Data Tanggungan, dan status Pembayaran yang identik dengan data BPJS Kesehatan.” tutur Dedy.

Dengan temuan itu, Kementerian Kominfo berupaya melakukan berbagai langkah antisipatif untuk mencegah penyebaran data lebih luas dengan mengajukan pemutusan akses terhadap tautan untuk mengunduh data pribadi tersebut.

Menurut Dedy, terdapat 3 tautan yang terindetifikasi yakni bayfiles.com, mega.nz, dan anonfiles.com. Sampai saat ini tautan di bayfiles.com dan mega.nz telah dilakukan takedown, sedangkan anonfiles.com masih terus diupayakan untuk pemutusan akses segera.

Kominfo Periksa Direksi BPJS Kesehatan

Kominfo juga mengaku telah melakukan pemanggilan terhadap Direksi BPJS Kesehatan sebagai pengelola data pribadi yang diduga bocor untuk proses investigasi secara lebih mendalam.

“Hari ini Kominfo akan memanggil direksi BPJS Kesehatan untuk menyampaikan penjelasan terkait dengan dugaan kebocoran data ini” ungkap Dedy.

Baca juga: Lebaran Tanpa Mudik, Trafik Data XL Axiata Naik 35%

Hal itu dilakukan sesuai dengan amanat PP 71 tahun 2019. Dalam hal ini, Dedy menyebut PP 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE) dan Peraturan Menkominfo No. 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.

“PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) yang sistem elektroniknya mengalami gangguan serius akibat kegagalan perlindungan data pribadi wajib untuk melaporkan dalam kesempatan pertama kepada Kementerian Kominfo dan pihak berwenang lain.” ujarnya.

“Selain itu, PSE juga wajib untuk menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada pemilik data pribadi, dalam hal diketahui bahwa terjadi kegagalan perlindungan data pribadi.” pungkas Dedy.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Super Lengkap! Ini Daftar Paket Internet Smartfren Oktober 2021

Techbiz.id - Kabar baik bagi kamu pelanggan Smartfren. Pasalnya, per Oktober 2021, Smartfren memberikan banyak penawaran paket internet menarik...