Senin, Januari 17, 2022
BerandaMarket UpdateAplikasi TikTok Raup Pendapatan Tertinggi di Q3 2021

Aplikasi TikTok Raup Pendapatan Tertinggi di Q3 2021

Must Read

Techbiz.id – Meski pandemi masih berlangsung, pembelanjaan dalam aplikasi mobile dilaporkan mengalami peningkatan dan TikTok menjadi aplikasi teratas dengan pendapatan tertinggi.

Menurut laporan Sensor Tower pada kuartal III (Q3) tahun 2021, pembelian dalam aplikasi, dan langganan di Google Play Store dan Apple App Store mencapai 33,6 miliar dollar AS.

Pendapatan aplikasi

Nilai tersebut meningkat sebesar 15,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, mencapai 29,2 miliar dollar AS. Namun, angka kenaikan ini masih menurun dibanding dengan pada kuartal yang sama tahun lalu sebanyak 32 persen.

Berdasarkan data, Apple store berhasil meraup pendapatan paling banyak, yakni mencapai 21,5 miliar dollar AS, naik sebanyak 13,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara, Google Play Store mengikuti dengan pendapatan senilai 12,1 miliar dollar AS atau naik 18,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan aplikasi

Adapun secara spesifik, TikTok menjadi aplikasi dengan pendapatan tertinggi secara global di kedua app store sepanjang kuartal ketiga tahun ini. Baru-baru ini, pemasangan aplikasi TikTok mencapai 3 miliar total pemasangan sehingga membuatnya menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang melakukannya.

Meski menjadi aplikasi teratas di Apple store, tetapi TikTok tidak memimpin sebagai aplikasi dengan pendapatan tertinggi di Google Play Store. Terdapat aplikasi Google One milik raksasa pencarian itu yang menempati posisi pertama berkat langganan untuk layanan penyimpanan cloud. Tetapi, secara keseluruhan, Google One berada di posisi keempat.

Kemudian, Piccoma naik ke posisi kedua pendapatan tertinggi dengan pertumbuhan 130 persen. Disusul oleh YouTube pada posisi ketiga dan Disney+ pada posisi kelima.

Baca juga: 11 Aplikasi yang Terintegrasi PeduliLindungi Pekan Depan

Pendapatan aplikasi

Sementara itu, gim seluler juga memanas dengan pendapatan mencapai 22,4 miliar dollar AS, naik 7,7 persen dibandingkan periode yang sama sebelumnya. Sebagian besar belanja dihabiskan di Google Play Store yang mencapai 13,1 miliar dollar AS dan iOS sebanyak 9,3 miliar dollar AS.

Seperti pada kuartal sebelumnya, gim seluler teratas adalah PUBG Mobile Tencent yang telah mengumpulkan pendapatan seumur hidup lebih dari 5 miliar dollar AS (termasuk Game for Peace, versi game Cina).

Lalu, game Tencent lainnya, Honor of Kings, berada di posisi kedua, diikuti oleh Genshin Impact. Genshin mungkin baru berusia 1 tahun, tetapi sudah memiliki pengeluaran konsumen senilai 2 miliar dollar AS. Sedangkan, Pokemon Go masih populer dan berada di urutan keempat, dan Roblox melengkapi posisi lima besar.

Terkait

Artikel Terkait

WhatsApp Bakal Gulirkan Fitur Reaksi Pesan, Ini Fungsinya

Techbiz.id - WhatsApp telah memperkenalkan berbagai fitur yang berguna dan banyak diminta seperti halnya fitur untuk menggunakan aplikasi perpesanan...