Sabtu, November 27, 2021
BerandaDevicesOPPO Reno6 Best Midrange Gaming Smartphone

OPPO Reno6 Best Midrange Gaming Smartphone

Must Read

Techbiz.id Segmentasi smartphone kelas menengah memang sangat menarik untuk dilirik. Selain menyuguhkan harga yang bersaing, fitur dan spesifikasinya juga cukup mumpuni untuk dimiliki, seperti halnya, OPPO Reno6.

Beberapa spesifikasi dan fitur yang ditawarkan Oppo Reno6 cukup menonjol di sejumlah aspek, khususnya untuk gaming. Sehingga, Redaksi Techbiz sepakat untuk menganugerahi smartphone gaming terbaik selama Q3 2021 kepada OPPO Reno6.

Oppo Reno6 Best Midrange Gaming Smartphone

Pemilihan ini tentunya didasari oleh performa yang handal dari OPPO Reno6 dalam urusan mobile gaming. Mulai dari urusan dapur pacu yang diperkuat oleh chipset khusus gaming, hingga diperkaya oleh fitur penunjang performa gaming.

Guna mengetahui lebih lanjut, berikut aspek yang mendorong OPPO Reno6 layak sebagai Best Smartphone Gaming:

Oppo Reno6 - Best Midrange Gaming Smartphone
Oppo Reno6 – Best Midrange Gaming Smartphone

Kombinasi dapur pacu dan fitur gaming

Dengan membawa jargon ‘Gaming for Everyone’, OPPO Reno6 mampu menyuguhkan performa gaming yang menjanjikan. Smartphone ini memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 720G sebagai otak utama untuk perfoma gamingnya. 

Dalam hal ini, OPPO bersama dengan Qualcomm telah berkolaborasi untuk mengembangkan kemampuan chipset tersebut agar lebih baik lagi dari sebelumnya. Sehingga sudah tidak diragukan lagi soal perfomanya.

Apalagi telah disokong oleh apek penting seperti Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Beberapa fitur gaming turut hadir dalam perangkat ini, meliputi Game Focus Mode, Bullet Screen Message, Quick Start-Up, dan HyperBoost 4.0, Quick Return Bubble hingga Adjustable Gaming Touch.

Fitur Hyper Boost misalnya, mampu meningkatkan sensitifitas sentuhan, mengurangi jeda, meningkatkan frame rate, dan meningkatkan scene loading time. Sehinga, game dapat berjalan secara lebih cepat dan lancar.

Kemudian ada Game Focus Mode yang akan membantu mengatur notifikasi aplikasi seperti WhatsApp dan lainnya agar tidak mengganggu aktivitas gaming pengguna.

Dengan kombinasi semua aspek gaming tadi, baik software maupun hardware, OPPO Reno6 sangat mampu menunjang aktivitas gaming, sekelas berat sekalipun.

Memori Luas

Selain soal prosesor, kapasitas memori juga menjadi aspek penting bagi sebuah smartphone gaming. Begitu juga bagi OPPO Reno6.

Smartphone ini mengemas RAM LPDDR4X seluas 8GB dengan memori berbasis UFS 2.1 sebesar 128GB. Perpaduan keduanya menjadikan OPPO Reno6 mampu menyimpan banyak aplikasi dan game sekaligus, sehingga kamu mampu memainkan game favorit tanpa khawatir soal penyimpanan.

Selain sudah cukup lega, OPPO menambahkan dukungan fitur Expansi RAM hingga 13GB. Berkat fitur ini, pengguna dapat mengubah sebagian dari ROM (penyimpanan internal) yang tersedia menjadi RAM virtual.

Terdapat tiga tingkat ukuran ekspansi yang dapat dipilih, meliputi tambahan 2GB/3GB/5GB. Sehingga, game kamu dapat berjalan dengan lancar meski membuka beberapa aplikasi lain secara bersamaan.

Tak sampai disitu, kapasitas memori internal juga bisa diperluas dengan tambahan slot Micro SD. Sangat cocok bagi gamer yang gemar menyimpan banyak file video game.

Kombinasi baterai dan fast charging

Tak lengkap rasanya jika smartphone gaming tidak unggul dalam aspek daya. OPPO Reno6 hadir dengan baterai besar berkapasitas 4300mAh.

Baterai tersebut juga dibekali dengan fitur 50W Flash Charge yang akan memangkas waktu saat mengisi daya. Dengan teknologi ini, baterai OPPO Reno6 mampu terisi dari 0% hingga 100% hanya dalam waktu 45 menit saja.

Selain cepat, pengisian cepat ini juga aman. OPPO menjaminnya karena memiliki lima lapis perlindungan pada adaptor, kabel, serat perangkatnya.  Bahkan secara khusus juga sudah mendapat sertifikasi dari TUV Rheinland.

Multi Cooling System

Panas menjadi salah satu masalah yang dialami pada smartphone gaming, tetapi tidak bagi OPPO Reno6. 

OPPO menambahkan dukungan sistem pendinginan canggih layaknya ponsel gaming premium bernama Multi-Cooling System. Sistem ini memiliki kemampuan pembuangan hawa panas 21,9% lebih baik dan efisien dibandingkan seri sebelumnya.

Multi Cooling System menggunakan tiga lapisan grafit yang diletakkan di atas mainboard dan komponen lainnya dari Reno6. Khusus bagian mainboard, dilapisi oleh sebuah gel konduktif, sementara untuk speaker, chip, dan prosesor, diberikan lapisan lembaran grafit setebal 0,01mm.

Sebuah lembaran baja juga diletakkan sebelum penutup casing bawah, serta sebuah foam yang ditambahkan pada papan pelindung baterai dengan tujuan membuang panas perangkat.

Sehingga, OPPO Reno6 mampu membuang suhu panas dengan efektif, perfoma gaming pun dapat dijalankan dengan maksimal.

Fitur Pendukung

OPPO Reno6 turut mengemas spesifikasi lain yang juga mendukung performa gaming. Dimulai dengan layarnya yang berjenis AMOLED seluas 6,43 inci dengan refresh rate 90Hz dan respon sentuhan 180Hz.

Sehingga, pengalaman gaming terasa lebih nyata, jernih dan tajam. Dengan hanya memiliki ketebalan 7,8mm dan berat sekitar 173g, OPPO Reno6 juga nyaman untuk bermain game.

Meski andal pada perfoma gaming, sektor kamera juga tak kalah unggul. Smartphone ini mengemas quad camera 64MP di bagian belakang. Sementara di bagian depan, bersemayam kamera selfie 44MP.

Baca juga: OPPO Reno6 Series Kolaborasi Dengan Bigetron Esports

Kesimpulan

Mengemas fitur dan spesifikasi yang handal untuk gaming, menjadikan OPPO Reno6 layak mendapatkan penghargaan sebagai Best Midrange Smartphone Gaming in Q3 2021.

OPPO Reno6 dibanderol seharga Rp5.199.000, Kalian yang tertarik memiliki smartphone gaming ini bisa mendapatkannya di OPPO Store, baik secara online maupun offline.

Terkait

Artikel Terkait

Samsung Galaxy A03 Resmi Meluncur, Bawa Kamera 48MP

Techbiz.id - Setelah memperkenalkan Galaxy A03 Core, Samsung kembali merilis smartphone baru- Samsung Galaxy A03. Penerus Galaxy A02 ini dibekali...