Jumat, April 26, 2024

Review OPPO Reno7 Z 5G: Stand Out di Kelasnya

Performa

Dibekali dengan prosesor terbaru, Qualcomm Snapdragon 695 5G, performa Reno7 Z 5G menjadikannya unggul di kelasnya. Prosesor dengan 6nm telah dibekali sejumlah peningkatan dari generasi sebelumnya, yakni Snapdragon 690.

Performa maksimal Reno7 Z 5G dapat terasa ketika ponsel menjalankan game kelas berat sekalipun atau ketika digunakan untuk menyunting video berkualitas tinggi. Dengan membawa peningkatan kinerja CPU 15% dan GPU 30%, skor AnTuTu yang kami dapatkan dari Reno7 Z 5G seperti berikut ini:

Tidak hanya itu, dipadukan dengan membawa dukungan konektivitas 5G yang dapat berjalan pada band N1, N3, dan N40, OPPO Reno7 Z 5G dapat langsung terhubung dengan jaringan 5G yang tersedia di Indonesia. Sebagai contoh misalnya kami kali ini menggunakan jaringan 5G dari operator Telkomsel.

Alhasil, Reno7 Z 5G menawarkan kemampuan super cepat, baik untuk mengunduh maupun mengunggah, bahkan ketika bermain game sekalipun, membuat kami terkesan untuk ponsel di kelasnya.

Hal itu tak terlepas dari adanya dukungan fitur untuk mengoptimalkan saat bermain game, seperti AI system booster, Quick Startup, hingga Self-developed game focus mode.

Performa Reno7 Z 5G juga terasa maksimal lantaran sudah dilengkapi RAM 8GB yang masih bisa diperluas berkat RAM Expansion hingga 5GB. Dengan demikian, ponsel Reno7 Z 5G mampu memiliki total RAM hingga seluas 13 GB.

Kami juga dapat menyimpan berbagai jenis aplikasi ataupun file berupa foto, video serta audio berkat penyimpanan internal seluas 128GB. Kapasitas ini masih bisa ditingkatkan lagi hingga 1TB dengan menggunakan Micro SD.

Kamera

Membawa jargon ‘Portrait Expert’, Reno7 Z 5G dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera bokeh 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Di bagian depan terdapat kamera selfie 16 MP.

Konfigurasi kamera ini sudah dilengkapi dengan algoritma kecerdasan buatan (AI) guna memaksimalkan foto atau video menjadi lebih berkualitas, terutama pada fitur potrait. Satu hal yang menarik perhatian kami adalah fitur Bokeh Flare yang terdapat pada kamera depan dan belakang OPPO Reno7 Z 5G.

Fitur ini mampu menghasilkan efek bokeh berupa lingkaran-lingkaran cahaya yang ada pada latar belakang objek, tetapi tetap menjaga detil objek tersebut.

Alhasil, Reno7 Z 5G memberikan fotografi portrait terbaik dengan pengoptimalan tingkat blur yang maksimal. Bahkan hasilnya bisa disejajarkan dengan kamera profesional, hanya saja Reno7 Z 5G berada dalam genggaman.

Di sisi lain, pengoptimalan gambar juga dilakukan dengan adanya fitur beautification yang membantu memperindah wajah secara alami, tanpa berlebihan. OPPO Reno7 Z 5G juga memiliki fitur lainnya, seperti mode malam untuk memotret dengan kondisi cahaya yang minim, mode makro yang membantu memotret objek dari dekat, Slow-Mo video, hingga Dual-View video. Berikut hasil jepretan kami menggunakan kamera Reno7 Z 5G:

Dual Orbit Light

Tidak hanya membawa desain kamera yang unik, rupanya OPPO juga menyematkan fitur tersembunyi pada sekeliling lensanya, yakni Dual Orbit Light. Sesuai dengan namanya, fitur ini merupakan ‘lampu’ yang dapat menyala ketika dalam kondisi tertentu.

Dual Orbit Light Reno7 Z 5G
Dual Orbit Light Reno7 Z 5G

Seperti halnya menerima notifikasi, panggilan masuk, menjalankan game atau saat mengisi daya. Fitur yang terkesan sederhana ini nyatanya sangat membantu kami dalam mengetahui adanya notifikasi yang masuk tanpa harus melihat layar.

Di sisi lain, Dual Orbit Light juga sekaligus memastikan pengisian daya dapat berjalan, berkat lampunya yang menyala. Fitur ini menampilkan cahaya kebiruan dengan beberapa tingkat warna, seperti biru sian, biru muda ataupun biru elektrik. Sehingga, makin menambah tampilannya yang menawan. Dual Orbit Light sendiri merupakan salah satu fitur eksklusif Reno7 Z 5G yang tidak hadir di jajaran Reno7 lainnya.

Fitur pendukung

OPPO Reno7 Z 5G dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung, seperti NFC yang memudahkan transaksi secara digital. Dengan fitur NFC, kami juga bisa mengisi ulang e-money ataupun hanya sekedar untuk mengecek saldo.

Reno7 Z 5G itu sendiri sudah menjalankan sistem antarmuka ColorOS 12 berbasis Android 11 yang menawarkan tampilan lebih fresh kepada pengguna, serta beragam fitur menarik di antaranya PC Connect dan Omoji khas OPPO.

Kesimpulan

Itulah tadi ulasan kami mengenai review OPPO Reno7 Z 5G. Dengan seluruh keunggulan yang ditawarkan mulai dari desain yang klasik, performa yang maksimal, kamera yang setara kamera profesional serta keberadaan dual Orbit Light, menjadikan OPPO Reno7 Z 5G ‘stand out’ di kelasnya.

Apalagi dengan harganya yang senilai Rp 5.999 juta, pengguna sudah bisa mendapatkan seluruh keunggulan tersebut dalam genggaman.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...