Jumat, September 30, 2022

4 Aplikasi Pantau Jalur Mudik 2022, Pas Buat Hindari Macet!

Techbiz.id – Perjalanan mudik pada tahun 2022 diprediksi meningkat setelah tahun sebelumnya terhambat karena Pandemi Covid-19. Untuk itu, kehadiran aplikasi pantau jalur mudik sangat penting, terutama untuk melihat update jalur mana yang macet di tahun 2022 ini.

Aplikasi ini akan melaporkan secara real-time aktivitas lalu lintas, mulai dari rute jalan yang lancar bebas hambatan, kondisi cuaca, kondisi lalu lintas terkini maupun lokasi pemberhentian terdekat (rest area) untuk rehat sejenak.

Guna mengetahui lebih lanjut, mari kita simak ulasan 4 aplikasi pantau jalur mudik 2022 yang bisa hindari macet berikut ini:

Aplikasi Pantau Jalur Mudik 2022

Aplikasi Mudik 2022
  1. Google Maps

Aplikasi navigasi ini mungkin sudah tidak asing lagi. Selain bisa digunakan sehari-hari, Google Maps juga cocok menjadi pendamping mudik kamu.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang lengkap, mulai dari direktori jalan, navigasi perjalanan,hingga kondisi lalu lintas jalan.

Google Maps akan menampilkan indikator warna yang menunjukkan kondisi kepadatan lalu lintas jalan, yakni ada warna hijau, kuning, dan merah.

Warna hijau menandakan kondisi lalu lintas yang lancar tanpa ada hambatan kemacetan. Sementara, warna kuning menunjukkan adanya kepadatan pada jalur tersebut dan Merah menandai arus kemacetan yang cukup parah.

Dengan mengacu pada tanda tersebut, kamu bisa menghindari lalu lintas yang macet saat mudik nanti. Jadi siapkan aplikasi Google Maps dari sekarang ya!

  1. Waze

Sama seperti Google Maps, Waze juga sudah cukup familiar untuk digunakan sebagai peta navigasi.

Peta waze juga menampilkan tiga warna yang menandakan kondisi lalu lintas jalan. Warna merah berarti sedang terjadi kemacetan. Lalu warna kuning menandai kondisi sedang ramai lancar.

Dan warna abu-abu yang berarti kondisi lalu lintas berjalan lancar. Menariknya, pengguna Waze juga bisa ikut berkontribusi dalam memberikan informasi di perjalanan.

Sehingga informasi itu akan membantu pengguna lain memantau kondisi lalu lintas secara real-time, terutama dalam menghindari macet atau adanya kecelakaan tertentu.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Temani Mudik, Dijamin Anti Bosan!

  1. NTMC Mudik

Sesuai dengan namanya, aplikasi NTMC Mudik bisa kamu gunakan untuk pantau kondisi lalu lintas saat mudik.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Korlantas Mabes Polri ini berguna untuk memfasilitasi para pemudik, terutama dalam memantau informasi seperti rute jalan, peta mudik, informasi publik, Jasa Marga, hingga Jasa Raharja.

Fitur informasi publik tersebut berisi nomor telepon jalan tol, pelabuhan, bandara, polisi, jalur rawan macet, dan kecelakaan serta longsor hingga rumah makan.

  1. BPTJ Info Tol

BPTJ Info Tol juga bisa menjadi salah satu aplikasi alternatif untuk pantau lalu lintas mudik. Aplikasi dari Badan Pengatur Jalan Tol milik Kementerian PUPR ini memudahkan kamu dalam mencari informasi-informasi seputar jalan tol melalui smartphone saja.

Bahkan BPJT Info Tol juga menyediakan fitur cek tarif tol untuk mengetahui estimasi total biaya yang harus dikeluarkan antar-ruas tol semua golongan kendaraan dengan fitur navigasi serta lokasi gerbang tol.

Tersedia juga informasi rest area terdekat hingga informasi peta jalan tol. BPJT Info Tol juga memiliki fitur live update yang akan memberikan informasi mengenai kondisi jalan tol terkini.

Jadi, kamu bisa memantau keadaan jalan tol melalui CCTV di dalam BPTJ Info Tol.

Itulah tadi informasi mengenai daftar aplikasi untuk pantau jalur mudik 2022, pastikan kamu mengunduhnya sebelum melakukan perjalanan mudik tahun ini ya, agar terhindar dari macet. Semoga berhasil!

Terkait

Artikel Terkait

88 Persen Karyawan di Indonesia Siap Rapat di Metaverse

Techbiz.id - Para profesional bisnis berdasarkan penelitian global terbaru yang dilakukan oleh Ciena, menyatakan siap untuk berkolaborasi di dunia...