Jumat, September 30, 2022

5 Aplikasi untuk Bayar dan Hitung Zakat secara Online 2022

Techbiz.id – Jelang hari Raya Idul Fitri di tahun 2022, bayar dan hitung besaran zakat dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui aplikasi. Cara seperti ini bahkan sangat memungkinkan untuk dilakukan di mana pun.

Misalnya, bagi kamu yang tengah dalam perjalanan mudik, tetapi belum sempat bayar zakat fitrah. Maka tak perlu khawatir, hanya mengunduh aplikasi bayar dan hitung zakat dalam ponsel kamu, lalu kewajiban zakat tetap dapat terpenuhi.

Lalu apa saja aplikasi untuk bayar dan hitung zakat fitrah 2022? Mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Aplikasi Bayar dan Hitung Zakat 2022

  1. KitaBisa

KitaBisa merupakan platform untuk melakukan penggalangan dana secara online. Namun faktanya, KitaBisa tidak hanya untuk berdonasi tetapi juga menyediakan fitur untuk menghitung dan bayar Zakat.

Kamu cukup mengakes aplikasi KitaBisa lalu pilih fitur zakat dan pilih fitur ‘Hitung zakatmu sekarang’. Setelah itu, cukup memasukkan jumlah pendapatan kamu di kolom yang tersedia.

Nantinya akan terhitung secara otomatis berapa besaran biaya zakat yang harus di bayarkan.

Baca juga: 4 Aplikasi Pantau Jalur Mudik 2022, Pas Buat Hindari Macet!

  1. Tokopedia

Selain sebagai marketplace, Tokopedia juga memiliki layanan Zakat, meliputi zakat fitrah dan zakat maal. Platform e-commerce ini bekerja sama dengan BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan NU Care-Lazisnu untuk menyalurkan zakat fitrah.

Sementara untuk zakat maal, akan disalurkan melalui Dompet Dhuafa, BAZNAS, Rumah Yatim, Rumah Zakat, Lembaga Amil Zakat Al-Azhar, NU Care-Lazisnu, Lazismu dan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI).

Terdapat juga kalkulator yang berfungsi untuk menghitung besaran zakat. Fitur ini akan membantu pengguna yang belum mengetahui berapa besaran zakat yang perlu dibayarkan.

  1. Gojek

Gojek juga menyediakan fitur pembayaran zakat melalui fitur khusus bernama GoGive. aplikasi ride hailing ini menggandeng berbagai mitra, diantaranya Rumah Yatim, Rumah Zakat serta Dompet Dhuafa.

Satu hal yang tak kalah penting adalah adanya kalkulator Zakat. Dengan ini, kamu bisa menghitung berapa besaran zakat yang harus dibayar dengan mudahnya.

Jadi tidak adalagi alasan untuk tidak membayar zakat. Apalagi pembayaran bisa dilakukan dengan GoPay.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Temani Mudik, Dijamin Anti Bosan!

  1. Bukalapak

Seperti Tokopedia, Bukalapak juga memiliki fitur untuk menghitung dan membayarkan zakat. Aplikasi e-commerce ini bekerjasama dengan Baznas, Lazisnu Nahdlatul Ulama (NU), Lazismu Muhammadiyah, hingga PZU Persatuan Islam (Persis) untuk menyalurkan zakat.

Tersedia juga kalkulator zakat untuk membantu menghitung zakat yang harus dibayarkan dengan praktis tanpa perlu repot.

  1. LinkAja

LinkAja memiliki program Berbagi yang salah satunya berisi program Zakat dan Sedekah.

Khusus untuk pembayaran Zakat, LinkAja berkolaborasi dengan berbagai badan amil zakat, meliputi Baznas, Rumah Zakat serta Dompet Dhuafa.

Caranya cukup mudah, hanya perlu memilih lembaga yang akan menyalurkan zakat melalui fitur LinkAja Berbagi. Kemudian, masukan nominal zakat yang akan dibayarkan, lalu selesaikan transaksi dengan LinkAja.

Dengan aplikasi hitung dan bayar zakat tersebut, kamu dapat dengan mudah menunaikan kewajiban zakat di tahun 2022 ini. Jadi sudahkah kamu membayar zakat?

Terkait

Artikel Terkait

88 Persen Karyawan di Indonesia Siap Rapat di Metaverse

Techbiz.id - Para profesional bisnis berdasarkan penelitian global terbaru yang dilakukan oleh Ciena, menyatakan siap untuk berkolaborasi di dunia...