Sabtu, Oktober 1, 2022

Bedanya ColorOS 12 versi Android 11 dan 12 di Reno7 Series, Mana yang Terbaik?

Techbiz.id – OPPO Reno7 Series hadir dengan sistem antarmuka terbaru milik OPPO, yakni ColorOS 12. Menariknya, hanya Reno7 4G yang berbasis Android 12.

Sementara, Reno7 5G Series masih menjalankan sistem operasi (OS) yang lebih lawas, yakni Android 11. Dengan ini, tentunya ada sejumlah fitur berbeda di antara ColorOS 12 versi Android 11 dan Android 12.

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak ulasan lengkapnya seperti berikut ini:

Perbedaan ColorOS 12 versi Android 11 dan Android 12

Salah satu perbedaan yang utama adalah fitur-fitur yang hanya ‘terdapat’ pada sistem operasi Android 12. Sebagai informasi, Android 12 ini memiliki sejumlah fitur baru, dibandingkan dengan Android 11.

Salah satunya adalah fitur bernama dasbor privasi. Fitur bawaan dari Google ini mampu memantau izin aplikasi yang telah terinstall di dalam smartphone. Misalnya, memantau penggunaan lokasi, microfon, aktivitas fisik, kalender, dan masih banyak lagi.

ColorOS 12 Reno7

Dengan kata lain, dasbor privasi bekerja dengan cara merangkum aplikasi yang memiliki permintaan izin untuk mengakses fitur-fitur tersebut.

Selain dasbor privasi, ada juga beberapa fitur bawaan Android 12 yang terdapat di ColorOS 12 versi android 11, yakni mencakup ikon indikator privasi, lokasi yang tidak presisi, dan tema dari walpaper.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Tampilan OPPO Reno7 4G di Indonesia

Adapun ikon indikator privasi sendiri berfungsi untuk memunculkan ikon tertentu saat aplikasi tersebut mengakses kamera dan lokasi smartphone.

Lalu, lokasi tidak presisi memungkinkan untuk mengubah lokasi perangkat yang diakses aplikasi, agar tidak memberikan titik yang presisi demi menjaga privasi pengguna.

Sedangkan, fitur tema dari wallpaper memungkinkan pengguna dapat memilih tema untuk menu, sesuai dengan warna dari wallpaper yang sedang digunakan agar senada.

Kendati demikian, meski versi OS-nya berbeda, tampilan antarmuka OPPO Reno7 Series di Indonesia ini sama-sama mengusung ColorOS 12.

Baca juga: Review OPPO Reno7 Z 5G: Stand Out di Kelasnya

Perlu diketahui, ColorOS 12 sendiri memiliki sejumlah fitur yang bisa memberikan kenyamanan dan pengalaman yang lancar ketika menggunakan ponsel dalam berbagai kegiatan, terlepas dari versi OS Android-nya sendiri.

Dengan demikian, ColorOS 12 versi Android 11 dan Android 12 dapat menawarkan pengalaman yang sama baiknya kepada pengguna.

Terkait

Artikel Terkait

Titipku Lapak Optimalisasi Manajemen Pedagang Pasar

Techbiz.id - Untuk mempermudah proses digitalisasi pasar, Titipku menghadirkan aplikasi Titipku Lapak. Titipku Lapak adalah aplikasi untuk para pedagang...