Kamis, Desember 8, 2022

Review Prolink Smart Plug dan Smart Bulb: Cara Mudah Bikin Rumah Pintar

Techbiz.id – Review perangkat AIOT kali ini redaksi Techbiz Indonesia mengulas Prolink Smart Plug dan Smart Bulb.

Membuat rumah menjadi pintar dengan automasi canggih kini makin mudah dengan banyak beredarnya produk smarthome seperti yang dikeluarkan Prolink.

Diantara produk smarthome yang dirilis Prolink, kali ini redaksi akan mengulas mengenai Smart Plug atau yang biasa kita sebut sehari-hari sebagai steker listrik dan juga Smart Bulb (bohlam).

Kedua produk dari Prolink tersebut makin memudahkan kita untuk menciptakan sebuah ekosistem rumah pintar.

Review Prolink Smart Plug dan Smart Bulb

Review Prolink Smart Plug (DS-3202M)

Rplink Smart Plug

Untuk membantu menciptakan rumah pintar dengan automasi, Prolink menghadirkan juga steker listrik pintarnya (Smart Plug) yang dibanderol cukup terjangkau sekitar Rp200 ribuan saja.

Steker listrik pintar ini bisa dihubungkan ke semua perangkat elektronik yang ada di rumah. Kalian bisa dengan mudah mengatur penggunaan perangkat elektronik dengan steker ini seperti mengatur kapan waktu menyala atau mati.

Untuk penggunaannya kalian harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi mEzee di Google Play. Pengaturannya pun tidak sulit, kalian hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan saat menjalankan aplikasi.

Tentunya kalian memerlukan koneksi wifi untuk menghubungkan smartphone dengan smart plug dari Prolink tersebut.

Dengan aplikasi mEzee ini, smartphone kalian bisa berfungsi layaknya sebuah remote control. Kalian bisa memutuskan aliran listrik ataupun menyalakannya hanya dari genggaman ponsel kapan saja.

Review Prolink Smart Plug dan Smart Bulb

Aplikasi mEzee ini juga bisa diintegrasikan dengan Google Home, sehingga kalian bisa menggunakan kontrol suara untuk mengoperasikannya melalui Google Assistant.

Yang menarik, aplikasi ini menyajikan statistik penggunaan listrik perangkat yang dihubungkan ke Smart Plug tersebut. Dengan demikian kalian bisa mengatur penggunaan energi di rumah sehingga bisa lebih hemat.

Review Smart Bulb (DS-3601)

Review Prolink Smart Bulb (DS-3601)

Bohlam pintar besutan Prolink ini memiliki daya 12watt dengan tingkat kecerahan 1050 lumen. Prolink memasarkan bohlam LED ini dengan nomor seri DS-3601 yang memiliki hingga 16 juta warna.

Smart Bulb ini bisa digunakan ataupun kompatibel dengan soket (fitting) yang beredar di pasaran karena soket yang dibawa yaitu type E27. Bisa digunakan untuk ruangan, kamar, atau lampu belajar.

Berdasarkan pengujian saya, dengan daya yang bisa terbilang irit hanya 9watt bohlam ini sudah cukup untuk menerangi ruangan kamar berukuran 2×3 m. Karena sudah mengusung teknologi wireless, Smart Bulb DS-3601 dapat dioperasikan melalui smartphone.

Untuk mengoneksikan bohlam ini terbilang cukup mudah. Pertama pengguna hanya tinggal mengunduh aplikasi mEzee yang tersedia di Playstore atau App Store. Kemudian lakukan registrasi akun dan mulai menyambungkan perangkat smartphone ke bohlam LED tersebut.

Setelah terkoneksi, pengguna juga bisa mengatur Google Assistant, Amazon Alexa, dan Siri sebagai perintah suara. Ini sangat mempermudah untuk mengoperasikan bohlam hanya dengan suara.

Pada bagian aplikasi mEzee saya bisa mengatur berbagai warna lampu yang diinginkan. Selain itu juga terdapat berbagai Scene yang dapat digunakan seperti Colorful, Dazzling, Blue Sky, dan lain-lain.

Smart Bulb DS-3601 juga dapat mengikuti irama musik atau game yang sedang dimainkan.

Secara keseluruhan bohlam pintar yang dibanderol Rp190.000 ini sudah cukup untuk memberikan nuansa smart home pada kamar saya.

Pengoperasiannya pun cukup mudah seperti menyalakan/mematikan lewat suara, mengatur intensitas cahaya, merubah warna atau scene dan lain-lain.

Simak artikel menarik lainnya:

Terkait

Artikel Terkait

Saham GoTo Anjlok Terus, Telkom Tidak Fokus Capital Gain

Techbiz.id - Menanggapi terus menurinnya harga saham GoTo, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah ikut menanggapi mengenai nasib investasi Telkomsel...