Jumat, Januari 21, 2022
BerandaReview Gadget TerbaruReview Prolink Smart Bulb dan Smart IR Controller: Rumah Jadi Pintar

Review Prolink Smart Bulb dan Smart IR Controller: Rumah Jadi Pintar

Must Read

Techbiz.id – Tren produk AIoT sedang banyak diminati oleh pengguna karena dapat memudahkan segala aktivias sehari-hari. Prolink salah satu vendor yang menyediakan perangkat jaringan saat ini ikut terjun ke dalam pasar AIoT.

Sebagai penyedia perangkat jaringan terkemuka, Prolink mencoba untuk menghadirkan solusi AIoT dengan produk terbaru. Smart Bulb dan Smart IR Controller. Kira-kira bagaimana pengalaman penggunaan kedua perangkat tersebut? Simak selengkapnya.

Dimulai dari bohlam LED dengan nomor seri DS-3601 yang memiliki hingga 16 juta warna. Bohlam pintar besutan Prolink ini memiliki daya 9watt dengan tingkat kecerahan 900 lumen.

Soket yang dibawa yaitu E27. Dimana E27 ini kompatibel dengan berbagai soket yang beredar di pasaran. Bisa digunakan untuk ruangan, kamar, atau lampu belajar.

Berdasarkan pengujian saya, dengan daya yang bisa terbilang irit hanya 9watt bohlam ini sudah cukup untuk menerangi ruangan kamar berukuran 2×3 m. Karena sudah mengusung teknologi wireless, Smart Bulb DS-3601 dapat dioperasikan melalui smartphone.

Untuk mengoneksikan bohlam ini terbilang cukup mudah. Pertama pengguna hanya tinggal mengunduh aplikasi mEzee yang tersedia di Playstore atau App Store. Kemudian lakukan registrasi akun dan mulai menyambungkan perangkat smartphone ke bohlam LED tersebut.

Setelah terkoneksi, pengguna juga bisa mengatur Google Assistant, Amazon Alexa, dan Siri sebagai perintah suara. Ini sangat mempermudah untuk mengoperasikan bohlam hanya dengan suara.

mEzee smart bulb prolink.

Pada bagian aplikasi mEzee saya bisa mengatur berbagai warna lampu yang diinginkan. Selain itu juga terdapat berbagai Scene yang dapat digunakan seperti Colorful, Dazzling, Blue Sky, dan lain-lain.

Smart Bulb DS-3601 juga dapat mengikuti irama musik atau game yang sedang dimainkan.

Secara keseluruhan bohlam pintar yang dibanderol Rp190.000 ini sudah cukup untuk memberikan nuansa smart home pada kamar saya.

Pengoperasiannya pun cukup mudah seperti menyalakan/mematikan lewat suara, mengatur intensitas cahaya, merubah warna atau scene dan lain-lain.

Review Prolink Smart IR Controller DS-3301

Hadirnya Smart IR Controller memudahkan pengguna untuk melakukan otomatisasi perangkat elektronik di rumah seperti AC, TV, purifier, kipas angin, lampu, water heater, dan lain-lain. Prolink dalam hal ini juga sudah menyiapkan perangkat AIoT yaitu Smart IR Controller DS-3301.

Smart IR Controller DS-3301 memiliki desain yang cukup mungil. Berbentuk bundar dengan diameter 64,7mm. Ketebalannya 20mm serta bobot yang ringan hanya 68g. Dengan desain tersebut Smart IR Controller DS-3301 sangat cocok ditempel diberbagai sudut ruangan.

Perangkat ini menggunakan inframerah sebagai sarana komunikasinya. Maka dari itu pastikan Smart IR Controller DS-3301 berada dalam jangkauan kurang lebih 10m dari perangkat yang ingin dikoneksikan.

Untuk dapat mengoperasikan perangkat ini, pengguna harus menggunakan aplikasi mEzee.

Dalam melakukan pairing pengguna hanya tinggal menekan tombol kecil yang ada di belakang perangkat. Tekan dan tahan selama 10 detik kemudian sambungkan ke smartphone melalui aplikasi mEzee.

instalasi Prolink Smart IR Controller

Pada pengujian ini, saya coba untuk mengoneksikan AC merk Daikin dengan Smart IR Controller DS-3301. Pertama buka aplikasi mEzee kemudian pilih “Add”.

Setelah itu pilih perangkat apa yang ingin pengguna sambungkan. Kemudian cari nama produknya melalui kolom pencarian. Ikuti langkah demi langkah pada aplikasi untuk mulai melakukan pairing.

Dalam aplikasi mEzee pengguna hanya bisa mengatur beberapa perintah dasar saja. Perintah-perintah dasar tersebut seperti mematikan, menghidupkan, mengatur suhu, mode, dan speed. Belum ada fitur lanjutan seperti menyalakan fungsi ION atau fitur lainnya.

instalasi perangkat AIoT Smart IR Controller Prolink AC Daikin.

Smart IR Controller DS-3301 dibanderol Rp210.000 yang menurut saya cukup terjangkau untuk membuat rumah pengguna menjadi ‘pintar’.

Artikel menarik tentang AIoT:

Terkait

Artikel Terkait

Infinix Inbook X2, Pertama dengan Pencahayaan Ganda

Techbiz.id - Infinix kembali merilis perangkat laptop dengan menghadirkan INBOOK X2 yang mengusung fitur inovatif seperti ultralight metal bodi,...