Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaNewsMariSilicon X: Jawaban OPPO Dalam Menghadirkan Teknologi Fotografi yang Ditingkatkan

MariSilicon X: Jawaban OPPO Dalam Menghadirkan Teknologi Fotografi yang Ditingkatkan

Must Read

Techbiz.id – OPPO sebagai perusahaan teknologi asal Tiongkok baru-baru ini memperkenalkan chip MariSilicon X. Chip tersebut digadang-gadang memberikan kemampuan fotografi potret yang lebih baik lagi.

Chip besutan OPPO ini menjadi hal yang bisa menangani komentar pengguna atas perbedaan hasil pemrosesan gambar pada suatu SoC.

“MariSilicon X merupakan jawaban OPPO atas persepsi perbedaan hasil dan kualitas antara perangkat OPPO ketika menggunakan NPU yang berbeda-beda dari produsen chipset. Proses menghasilkan sebuah gambar dari perangkat smartphone acap kali menimbulkan permasalahan konsumsi daya,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Dalam sela-sela acara Reno Portrait Workshop yang digelar di Jakarta, (26/07), Aryo menerangkan bahwa NPU Marisilicon X dibuat untuk berfokus pada optimalisasi manajemen daya dan beban kerja komputasi AI.

“Tidak hanya itu, NPU ini hadir untuk memberikan kemampuan pencitraan smartphone baik untuk foto maupun video.” tambah Aryo.

Teknologi yang tersemat pada Marisilicon X

Pada dasarnya, NPU merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari Central Processing Unit (CPU) dan Graphic Processing Unit (GPU). Kedua perangkat keras tersebut menjadi satu kesatuan yang biasa dikenal dengan SoC (System on Chip).

Perbedaan dari NPU bawaan chipset dengan MariSilicon X salah satunya adalah dukungan sistem Extra DDR Bandwith Dedicated. Memori tersebut memiliki kecepatan transmisi data hingga 8,5GB/s yang dibuat ekslusif hanya untuk MariSilicon X.

Seperti diketahui, dalam sebuah SoC memiliki NPU yang membawa sistem memori shared DDR Bandwith. Sistem shared yang dimiliki NPU bawaan bekerja lebih lambat dalam pemrosesan gambar dan boros daya.

MariSilicon X juga dapat menghadirkan kualitas foto terbaik pada smartphone dengan dukungan Ultra High Dynamic Range dengan rasio kontras 1.000.000 : 1 atau 4 kali dynamic range yang dihasilkan oleh perangkat OPPO Find X3 Pro.

Tidak perlu khawatir melakukan foto potret di depan sumber cahaya yang sangat kuat, dynamic range tinggi akan tetap memberikan struktur wajah yang sangat jelas dengan warna alami pada kondisi ini.

Hasil foto menggunakan chip Marisilicon X

Apalagi diperkuat dengan peningkatan mode RGBW yang menghadirkan tekstur 1,7 kali lebih jelas dan kecepatan pemrosesan file mentah 2 kali lebih cepat.

Dengan algoritma RAW terbaru, chipset MariSilicon X dapat melakukan pengurangan noise melalui kecerdasan buatan pada masing-masing saluran warna R/G/B secara paralel untuk menghasilkan foto potret malam yang sangat jernih.

Spesifikasi chip MariSilicon X

FabricationTSMC 6 nm
AI Performance18 TOPS (Trilion Operation Per Second)
Bandwith Memori8,5 GB/s (Exclusive)
Ultra High Dinamic Range Ratio1.000.000 : 1
SensorRGBW Pro Mode
Video Support4K Ultra HDR Video & 4K Ultra Night
Image Signaling Processor20bit 120dB Ultra HDR

Reno8 akan hadir dengan Marisilicon X

oppo reno8 pro indonesia

Saat ini chip MariSilicon X baru tersedia untuk perangkat seri OPPO Find X. Kabar baiknya, OPPO Indonesia sudah memastikan bahwa OPPO Reno8 juga ditenagai oleh chipset tersebut dan akan segera diboyong ke Tanah Air.

Perangkat ini menawarkan kemampuan fotografi potret yang menakjubkan. Berbekal chip Marisilicon X, OPPO Reno8 mampu menghasilkan foto dan video yang jernih dalam kondisi minim cahaya.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Sambut Kemerdekaan, IM3 Tawarkan Kuota 100GB

Techbiz.id - Menyambut hari kemerdekaan Indonesia, IM3 kembali menghadirkan kampanye terbarunya, Menjadi Indonesia dengan menawarkan paket Freedom Internet kuota...