Kamis, Desember 8, 2022

Review OPPO Find X5 Pro 5G: Andalkan Kekuatan Merek

Techbiz.id – OPPO melengkapi seri Find X5 dengan menghadirkan seri Fnd X5 Pro 5G yang mengandalkan kekuatan kerjasama dengan Hasselblad, merek terkenal di dunia fotografi.

Selain menawarkan kemampuan fotografi, sesuai namanya, smartphne ini juga menawarkan peningkatan pada teknologi jaringan dengan menghadirkan kemampuan jaringan 5G.

Lalu seperti apa hasil review yang dilakukan redaksi Techbiz Indonesia terhadap smartphone OPPO Find X5 Pro 5G ini? Berikut ulasannya:

Review OPPO Find X5 Pro 5G

Desain & Layar

Review OPPO Find X5 Pro 5G

Salah satu daya tarik OPPO Find X5 Pro 5G ini menurut saya juga terletak dari desainnya yang cukup mewah. OPPO membuat desain perangkatnya ini tanpa patahan di setiap sudut yang ada.

Lengkungan body pada smartphone ini membuat OPPO Find X5 Pro 5G enak digenggam oleh tangan.

Body belakangnya terbuat dari bahan keramik yang membuatnya terlihat kokoh dengan build quality yang baik. Penggunaan bahan keramik ini membuatnya berbeda dari seri sebelumnya yang menggunakan lapisan kaca.

Karena terbuat dari bahan keramik, body smartphone ini menurut saya terasa cukup licin, terutama saat dikantogi pada posisi duduk. Smartphone sering menyembul keluar saking licinnya. Untuk mengatasinya OPPO menyediakan softcase yang terbuat dari silicon.

Untuk penempatan tombol fungsionalnya, tombol power berada di sisi kanan ponsel yang diberi aksen garis berwarna hijau. Sementara itu tombol volume-nya ditempatkan di sisi sebelahnya. Bagian bawah ponsel terdapat port USB-C yang diapit oleh slot dual SIM dan speaker.

Untuk menyuguhkan pengalaman visual terbaik, Find X5 Pro memiliki layar AMOLED berukuran 6,7 inci Quad HD Plus (3.216 × 1.440 piksel) dan kerapatan piksel 525 ppi.

Layar ponsel flagship ini turut didukung refresh rate hingga 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, tingkat kecerahan hingga 1.300 nits, serta proteksi Corning Gorilla Glass Victus.

Performa

Salah satu unggulan OPPO Find X5 Series 5G adalah performa dengan disematkannya prosesor multicore Snapdragon 8 Gen 1 generasi terbaru yang mampu memproses game dan aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Berdasarkan AnTuTu Benchmark Score, Prosesor Snapdragon 8 Gen 1 mendapatkan skor 791205. Prosesor ini mengungguli Snapdragon 888 yang merupakan prosesor ang digunakan pada generasi sebelumnya yaitu, OPPO Find X3 Pro 5G.

Dikembangkan dengan 4nm manufacturing process, OPPO Find X5 Pro 5G iini memiliki GPU Qualcomm yang dirilis tahun 2022 yang mampu meningkatkan performa perangkat hingga 30% dan efisiensi daya hingga 25% dibandingkan dengan perangkat generasi sebelumnya, serta kemampuan AI yang lebih mutakhir.

Peningkatan performa hingga 30% membuat OPPO Find X5 Pro 5G mampu membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu tanpa lagging.

Prosesor ini dipadukan dengan RAM 12GB dan memori internal 256GB. Oppo tidak menyediakan slot microSD untuk perangkat ini.

Untuk meningkatkan performa perangkatnya, OPPO memberikan fitur RAM Expansion hingga 7GB, jadi total RAM yang bisa digunakan bisa mencapai 19GB.

Saat digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile HP ini bisa dimainkan tanpa lag yang berarti. OPPO Find X5 Pro bisa memainkan PUBG Mobile dengan kualitas grafis Ultra HD dan frame rate Ultra.

Baca juga:

Untuk mendukung performa perangkatnya, OPPO Find X5 Pro 5G ini disertai dengan dukungan baterai sebesar 5.000mAh.

Dari sisi ketahanan baterai, smartphone OPPO Find X5 Series 5G memiliki teknologi Flash Charging untuk pengisian daya yang lebih cepat serta sistem multi-tier cooling untuk memastikan performa yang lebih cepat dan pelepasan panas yang lebih efisien.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan Smart Battery Health Algorithm untuk mempertahankan arus pengisian baterai maksimum yang membuat masa pakai baterai lebih tahan lama dengan durasi pengisian yang lebih cepat.

Review Kemampuan Fotografi OPPO Find X5 Pro 5G

Review Kemampuan Fotografi OPPO Find X5 Pro 5G

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aspek kamera menjadi nilai jual utama bagi Find X5 Pro dengan menggandeng Hasselblad.

Ponsel flagship ini dilengkapi tiga kamera dengan komposisi kamera utama (wide) 50 MP (f/1.7), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2) yang menggunakan sensor Sony IMX766. Terdapat juga kamera telephoto 13 MP (f/2.4) dengan digital zoom 2x dan hybrid zoom 5x.

Kontribusi Hasselblad dalam kolaborasi ini hanya berupa fitur tambahan seperti filter foto, mode X-Pan, dan Natural Color Calibration yang bisa diakses di mode Pro.

Oppo menambahkan dukungan fitur Hasselblad Natural Color Calibration yang memiliki sensor warna 13 channel baru untuk menghasilkan hasil foto dengan warna yang lebih natural.

Adapun keunggulan Find X5 Pro 5G lainnya adalah Neural Processing Unit (NPU) khusus, MariSilicon X, yang mampu mengatasi berbagai keterbatasan saat merekam video pada malam hari.

Dengan teknologi MariSilicon X ini, pengguna untuk pertama kalinya dapat merekam video 4K dengan kualitas terbaik dengan smartphone Android untuk hasil rekaman yang bersih tanpa efek grain dengan kualitas gambar yang sama seperti mengambil foto tidak bergerak. Sementara di bagian depan, tersemat kamera selfie 32 MP.

Untuk pengalaman penggunaan, sensor milik Sony dan Marisilicon X sepertinya memegang peranan penting karena mampu menghasilkan gambar yang detail dengan pewarnaan yang cukup natural.

Dengan mengaktifkan fitur AI, pengambilan gambar pada kondisi minim cahaya dapat dilakukan dengan baik walaupun tanpa mengaktifkan mode malam.

Kita langsung saja melihat foto-foto hasil dari kamera OPPO Find X5 Pro 5G:

Kesimpulan penggunaan

Sebagai smartphone flagship, OPPO Find X5 Pro 5G punya semua kriteria yang dibutuhkan, seperti desain yang menarik, performa terbaik di kelasnya serta kemampuan fotografi yang bisa diandalkan. Hanya saja saya tidak melihat kontribusi berarti dari Hasselblad diperangkat ini.

Terkait

Artikel Terkait

Saham GoTo Anjlok Terus, Telkom Tidak Fokus Capital Gain

Techbiz.id - Menanggapi terus menurinnya harga saham GoTo, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah ikut menanggapi mengenai nasib investasi Telkomsel...