Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaDevicesPerjalanan Kamera OPPO Reno Series Dari Waktu ke Waktu Hingga Lahirnya Chipset...

Perjalanan Kamera OPPO Reno Series Dari Waktu ke Waktu Hingga Lahirnya Chipset MariSilicon X

Must Read

Techbiz.id – Kehadiran perangkat OPPO Reno Series dari waktu ke waktu membawa OPPO menjadi brand smartphone yang menjanjikan hasil kamera berkualitas.

Tidak hanya mengandalkan sensor, perusahaan yang didominasi warna hijau ini diketahui juga berinvestasi pada pengembangan teknologi pencitraan kamera.

Segala bentuk pengembangan dan investasi tersebut melahirkan sebuah chipset pemrosesan gambar (NPU) yang diberi nama MariSilicon X.

Namun jauh sebelum MariSilicon X hadir, OPPO sendiri sudah membawa berbagai perangkat, khususnya Reno Series, yang mengandalkan kamera sebagai senjata jualnya.

Perjalanan kamera pada seri OPPO Reno terbagi menjadi dua era, yaitu Main Camera dan Portrait Camera. Selama 3 tahun kebelakang, OPPO Reno sudah hadir di Indonesia sebanyak tujuh seri.

Dimulai dari OPPO Reno 10x Zoom yang diresmikan pada pertengahan tahun 2019. Selang empat bulan, OPPO kembali menghadirkan Reno2 yang menyasar pengguna hobi foto dan bikin video.

Lalu bagaimana perjalanan OPPO Reno Series sehingga membawa OPPO sebagai brand yang kental dengan hasil jepretan kamera terbaik? Simak ulasannya.

OPPO Reno Series dari Waktu ke Waktu

OPPO Reno 10X Zoom

Seri perdana OPPO Reno 10x Zoom resmi debut di Indonesia pada Juni 2019 dengan layar OLED 6,6 inci Full HD+. Membawa chipset gahar pada masanya, Snapdragon 855, menjadikan OPPO Reno 10X Zoom cukup menarik perhatian pengguna.

Key feature:

  • 10X Hybird Zoom
  • Ultra Night Mode
  • LDAF

Perangkat ini hadir dengan tiga kamera dengan kombinasi 48MP utama, 13MP telephoto, dan 8MP ultra-wide. Sensor yang digunakan untuk kamera utama adalah Sony IMX586 serta dukungan AI yang mampu menhasilkan foto ciamik.

Sesuai dengan namanya, OPPO Reno 10x Zoom dapat diandalkan untuk foto jarak jauh berkat 5x Optical Zoom dan Hybrid Zoom. Sementara terdapat fitur Ultra Night Mode 2.0 yang mampu memberikan hasil jepretan malam yang jernih.

OPPO Reno2

Hadir pada akhir kuartal 2019, OPPO Reno2 menyapa konsumen di Indonesia dengan beberapa fitur fotografi yang ditingkatkan. Khususnya pada perekaman video yang stabil.

Key feature:

  • Ultra Steady Video
  • Video Bokeh
  • Audio Zoom & Audio Focus

Berbekal layar Full HD+ dengan Dynamic AMOLED, OPPO Reno2 memberikan keleluasaan penggunanya untuk menikmati konten hiburan tanpa batas. Segala bentuk pemrosesan, Reno2 diotaki prosesor octa-core Snapdragon 730G.

Hasil yang stabil dan gambar yang jernih merupakan kunci utama menghasilkan video sinematik. Ini berkat hadirnya Ultra Steady Video dan kamera utama 48MP.

OPPO juga menghadirkan fitur Audio Zoom dan Audio Focus yang dapat menunjang hasil akhir perekaman video agar semakin maksimal.

OPPO Reno3

Melanjutkan seri sebelumnya OPPO terus berinovasi dalam hal fotografi. Maret 2020 Indonesia kedatangan perangkat Reno3 yang membawa kamera fitur 108MP Ultra Clear Image.

Dilengkapi quad-camera dengan konfigurasi 48MP utama, 8MP ultra-wide, 13MP telephoto, dan 2MP monochrome. OPPO Reno3 mampu menghasilkan kualitas gambar setara dengan kamera resolusi 108MP.

Key feature:

  • Ultra Clear 108MP Image
  • 44MP Ultra Night Selfie
  • Ultra Dark Mode

Serba Ultra itulah Reno3. Diperangkat ini OPPO ingin menghadirkan sebuah perangkat yang mampu menangkap foto selfie jernih meski dalam kondisi minim cahaya.

Spesifikasi lainnya adalah layar 6.4 inci AMOLED, RAM 8GB ROM 128GB, sidik jari dalam layar, dan 20W SuperVOOC.

Era Main Camera telah berakhir pada varian OPPO Reno3. Di seri selanjutnya, pabrikan asal Tiongkok ini memiliki fokus untuk menghadirkan perangkat dengan fitur kamera portrait.

Halaman selanjutnya: Portrait era dimulai …

Terkait

Artikel Terkait

Ini yang Membuat Hasil Foto Malam Tanpa Noise di OPPO Reno8 Pro 5G

Techbiz.id - OPPO Indonesia baru saja memerkan hasil foto perangkat OPPO Reno8 Pro 5G pada sela-sela acara OPPO Reno...