Kamis, Februari 9, 2023

Mau Upgrade HP? Ketahui Perbedaan OPPO Reno7 5G dan Reno8 5G

Techbiz.id – Maret 2022 lalu OPPO Indonesia menghadirkan smartphone seri Reno7. Lima bulan berselang OPPO pun menghadirkan perangkat Reno8 series ke pasar tanah air.

OPPO Reno8 series ini membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan dengan seri pendahulunya dengan harga yang tidak terpaut jauh.

Di artikel kali ini redaksi Techbiz Indonesia akan menyajikan beberapa perbedaan yang perlu diketahui dari OPPO Reno8 5G dan Reno7 5G.

Perbedaan OPPO Reno7 5G dan Reno8 5G

Perbedaan Desain OPPO Reno7 5G dan Reno8 5G

Kita mulai dari sisi desain perangkat. Kedua perangkat OPPO ini memiliki perbedaan desain yang cukup signifikan. Secara tampilan, OPPO Reno8 G mengusung desain Streamlined Unibody Design yang ramping dengan ketebalan hanya 7,67 mm. Sedangkan OPPO Reno7 5G sedikit lebih tebal dengan ketebalan perangkat 7,8 mm

Yang paling tampak terlihat perbedaan dua perangkat ini adalah modul kameranya dimana OPPO Reno8 5G mengintegrasikan modul kamera dan penutup belakang, sehingga tampil lebih halus. Desain ini dibuat untuk mencegah debu menumpuk di sekitar area kamera dan mencegah potensi masuk ke dalam kamera.

Untuk pilihan warna, Reno8 5G hadir dalam dua varian warna yakniShimmer Gold dan Shimmer Black. Sedangkan OPPO Reno7 5G tersedia dalam warna Startrail Blue dan Starry Black.

Baca juga:

Kemampuan Kamera

Dari sisi besaran piksel yang dibawa, OPPO Reno8 5G menawarkan lensa dengan resolusi 50 MP, sedangkan Reno7 5G mempunyai resolusi 64 MP. Namun demikian OPPO Reno8 5G membawa peningkatan kemampuan fotografi serta videografi dibandingkan Reno7 5G.

Peningkatan kemampuan tersebut berkat sensor flagship Sony IMX766 dan ukuran sensor yang lebih besar di Reno8 5G.

Kemampuan kamera utama Reno8 5G dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti Ultra Night Video dan Ultra HDR Video, yang secara otomatis akan mendeteksi cahaya sekitar ketika mengambil gambar di malam hari atau di lingkungan rendah cahaya.

Peningkatan pada AI juga memberikan upgrade kualitas gambar, ekspresi warna, mempertajam garis wajah, serta mencegah kehilangan detail pada subjek foto dalam siluet karena cahaya latar yang kuat. Ada pula Night Portrait, fitur potret malam hari dengan algoritme Turbo RAW yang mengurangi noise pada 3 lapisan warna R/G/B secara paralel dalam format RAW.

Pengisian Daya

Perbedaan signifikan juga terdapat pada kemampuan pengisian dayanya. Kedua perangkat memang mengusung daya baterai yang sama besar yakni 4.500mAh, namun OPPO Reno8 5G hadir dengan fitur 80W SuperVOOC.

Pengisian daya pada OPPO Reno8 5G diklaim OPPO mampu mengisi daya baterai dari kondisi 0% ke 50% cuma 11 menit dan dari kondisi 0% ke 100% mampu berjalan 28 menit.

Sedangkan pada perangkat OPPO Reno7 5G pengisian dayanya dibekali dengan 65W SuperVOOC yang dapat mengisi daya baterai dari 0% ke 100% hanya 31 menit saja.

Performa Perangkat

Untuk urusan performanya, kedua perangkat menggunakan prosesor yang berbeda dimana OPPO Reno8 5G dilengkapi dengan chipset MediaTek Dimensity 1300 5G. Sedangkan Reno7 5G dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 900 5G.

Dengan chipset yang diusungnya Reno8 5G pastinya dapat memberikan pengalaman yang lebih baik. Apalagi OPPO menggunakan liquid cooling system dengan Super-Conductive Vapor Chamber (VC) yang ditingkatkan. OPPO mengklaim, kinerjanya bakal lebih stabil.

Terkait

Artikel Terkait

DMS+ jadi Aplikasi Hiburan Horor dan Misteri Pertama di Indonesia

Techbiz.id -  Diary Misteri Sara (DMS) hadir dalam bentuk aplikasi bernama DMS+ yang memberikan pengalaman baru bagi penggemarnya yang...