Kamis, Februari 9, 2023

Kelas Pintar Beri Solusi Siswa Masuk PTN

Techbiz.id – Untuk mendampingi sswa dalam belajar agar lolos seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Kelas Pintar meluncurkan solusi yang dikemas dalam produk bernama PTN dan didesain khusus untuk siswa yang akan memasuki jenjang perguruan tinggi.

PTN merupakan produk Kelas Pintar berupa pendampingan belajar untuk lolos seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang didesain selaras dengan ketentuan Seleksi Nasional dari Pemerintah dan Ujian Mandiri dari Perguruan Tinggi Negeri pilihan. Melalui PTN, Kelas Pintar menghadirkan 5 fitur utama yang meliputi Tes Minat dan Kepribadian, Live Class, Bank Soal, Try Out, dan Laporan Pembelajaran.

“PTN merupakan satu-satunya solusi yang secara komprehensif memberikan pendampingan kepada siswa mulai dari mengenali minat, menentukan jurusan dan perguruan tinggi yang dituju, serta mendampingi siswa dalam keseluruhan proses untuk lolos ke perguruan tinggi negeri,” jelas Fernando Uffie, Founder dan CEO Kelas Pintar.

Sebagai informasi, hasil penelitian Indonesian Career Center Network pada 2017 menyatakan bahwa 87 persen responden mahasiswa mengaku tidak memilih jurusan kuliah sesuai minat. Sementara pada awal November 2021 silam, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim juga menyebutkan bahwa maksimal hanya 20 persen lulusan perguruan tinggi yang bekerja sesuai dengan program studinya.

Untuk itu, PTN hadir dengan fitur-fitur yang tidak hanya menjadi pendamping belajar siswa agar lolos seleksi masuk PTN tapi juga untuk membantu mereka menentukan titik awal (minat), hingga jurusan yang sesuai dengan bidang profesi yang dicita-citakan.

PTN Kelas Pintar
Fernando Uffie, Founder dan CEO Kelas Pintar.

“Melalui tes minat dan kepribadian, kami membantu siswa untuk menemukan minat mereka untuk selanjutnya menentukan jurusan, universitas, dan profesi sebagai goals-nya. Setelah itu, dalam proses mencapai goals tersebut, kami memberikan pendampingan dalam bentuk Live Class, Bank Soal, dan Try Out. Dan semua prosesnya terukur dalam laporan pembelajaran,” terang Uffie.

Melalui serangkaian proses tersebut, Kelas Pintar berharap tidak hanya mampu mengantarkan siswa masuk perguruan tinggi negeri, tapi juga bisa meminimalisir kendala “salah jurusan” dan lebih jauh lagi agar mereka kelak bisa melakoni bidang profesi yang sesuai dengan program studinya.

Berikut adalah 5 fitur utama yang ada di PTN dari Kelas Pintar.

Tes Minat dan Kepribadian

Siswa dapat mengikuti tes dengan serangkaian pertanyaan untuk menggambarkan karakter pribadi siswa dihubungkan dengan rekomendasi Perguruan Tinggi Negeri dan jurusan yang sesuai.

Laporan yang dihasilkan dalam Tes Minat dan Kepribadian meliputi Karakter kepribadian dilengkapi dengan contoh orang sukses dengan karakter kepribadian yang sama. Lalu Profesi sesuai kepribadian disertai rekomendasi profesi yang menjanjikan di masa depan.

Setelah itu ada Rekomendasi jurusan sesuai profesi. Menariknya, PTN dari Kelas Pintar juga akan mengeluarkan Rekomendasi Perguruan Tinggi Negeri sesuai jurusan yang ada Perguruan Tinggi Negeri Terbaik, Perguruan Tinggi Negeri terbanyak peminatnya dan Perguruan Tinggi Negeri terdekat dengan domisili siswa.

Walau demikian, siswa juga tetap bisa memilih jurusan dan Perguruan Tinggi Negeri sesuai pilihan pribadi apabila jurusan yang direkomendasikan dari hasil Tes Minat dan Kepribadian tidak sesuai keinginan. Hasil ini tidak hanya dapat diakses oleh siswa tetapi juga dapat diakses oleh orang tua.

Live Class

Fitur ini merupakan pendampingan belajar secara daring dan interaktif bersama Guru Ahli Kelas Pintar seputar materi seleksi nasional dan ujian mandiri Perguruan Tinggi Negeri.

Mata pelajaran yang diajarkan dalam sesi Live Class berupa mata pelajaran terkait Tes Potensi Skolasitk (TPS), Tes Potensi Akademik (TPA) SAINTEK dan Tes Potensi Akademik (TPA) SOSHUM.

Jumlah sesi Live Class adalah 14 sesi per minggu. Jika siswa ingin mengulang kembali atau tidak hadir dalam sesi Live Class, tersedia juga rekaman sesi Live Class.

Bank Soal

PTN dari Kelas Pintar ini juga memiliki fitur Bank Soal yang merupakan kumpulan latihan-latihan soal untuk mempertajam pemahaman siswa terhadap materi seleksi nasional dan ujian mandiri Perguruan Tinggi Negeri.

Latihan-latihan soal yang ada dalam Bank Soal meliputi Tes Potensi Skolastik yang terdiri dari Literasi Bahasa Indonesia; Literasi Bahasa Inggris; Penalaran Umum; Penalaran Matematika; Pengetahuan Kuantitatif; Pemahaman Bacaan & Menulis (PBM) dan Pengetahuan & Pemahaman Umum (PBU).

Lalu Tes Potensi Akademik SAINTEK yang terdiri dari Matematika SAINTEK; Fisika; Kimia dan Biologi. Kemudian, Tes Potensi Akademik SOSHUM yang terdiri dari Sejarah; Ekonomi; Sosiologi dan Geografi.

Try Out

Untuk mengetahui pencapaian siswa, dalam PTN dari Kelas Pintar ini juga ada Try Out. Uji coba seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan materi soal disesuaikan dengan ketentuan dalam seleksi nasional dan ujian mandiri.

Metode penilaian Try Out menggunakan metode Item Response Theory (IRT) dimana penilaian didasarkan pada tingkat kesulitan masing-masing butir soal yang ditentukan dari rasio akurasi jawaban setiap peserta. Metode IRT merupakan metode penilaian yang digunakan dalam seleksi nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Siswa dapat memilih jenis Try Out nya. Dengan pilihan, TPS, TPS + TPA SAINTEK, TPS + TPA SOSHUM dan TPS + TPA SAINTEK + TPA SOSHUM.

Laporan Pembelajaran

Selama pendampingan ini, siswa maupun orang tua dapat melihat progress hasil pembelajaran dalam fitur Laporan Pembelajaran. Dilengkapi dengan informasi peluang masuk Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan hasil Tes Minat dan Kepribadian serta pilihan pribadi.

Dalam laporan tersebut akan memuat informasi mengenai kehadiran dalam sesi Live Class per mata pelajaran, Rata-rata nilai per mata pelajaran dalam latihan soal yang sudah dikerjakan dan Try Out yang diikuti lengkap dengan nilai dari masing-masing Try Out. Dan yang tak kalah pentingnya adalah informasi peluang masuk PTN sesuai Tes Minat dan Kepribadian serta pilihan pribadi.

Sebagai informasi, PTN dari kelas Pintar ini hadir dalam dua pilihan paket yaitu:
Paket PTN yang dapat diperoleh melalui website dengan harga: Rp. 2.000.000 dan PTN Plus seharga Rp.3.000.000.

Khusus periode Januari 2023, Kelas Pintar memberikan diskon spesial sebesar 50% untuk para siswa yang ingin berlangganan Paket PTN ataupun PTN Plus. Potongan harga tersebut bisa didapat dengan cara mencantumkan kode kupon LEBIHYAKINPTN pada saat melakukan proses pembayaran melalui website kelaspintar.id.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

DMS+ jadi Aplikasi Hiburan Horor dan Misteri Pertama di Indonesia

Techbiz.id -  Diary Misteri Sara (DMS) hadir dalam bentuk aplikasi bernama DMS+ yang memberikan pengalaman baru bagi penggemarnya yang...