Kamis, April 18, 2024

Bigetron Era Juarai Turnamen Mobile Legends Women’s Invitational 2023

Techbiz.id – Bigetron Era keluar sebagai pemenang turnamen Mobile Legends Women’s Invitational (MWI) 2023 setelah mengalahkan tim GPX Basreng yang juga asal Indonesia.

MWI 2023 merupakan bentuk kolaborasi antara KINCIR selaku penyedia beragam konten seputar game, esports, dan film bersama MOONTON Games selaku pengembang dan publisher game Mobile Legends.

Melalui tema #HERetoProve, turnamen ini membawa pesan yang mencerminkan tekad setiap tim untuk mendobrak batasan gender dalam esports dan menunjukkan bakat mereka di tingkat regional. Turnamen MWI ini menjadi puncak dari kerja keras dan upaya para atlet selama setahun terakhir untuk menginspirasi generasi baru gamer perempuan.

Pertandingan grand final telah mengantarkan 2 tim, yaitu Bigetron Era dan GPX Basreng yang telah mengalahkan tim dari Filipina yaitu Risk Velkhana dan Smart Omega Empress dalam pertandingan yang sengit. Namun pada akhirnya, Bigetron Era berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan GPX Basreng dalam pertandingan yang ditayangkan secara hybrid, di Summarecon Mall Bekasi.

Sebelumnya, pada babak penyisihan grup dan playoffs telah berlangsung secara online pada 6 hingga 8 Februari 2023 lalu. Pada babak penyisihan terdapat 10 tim esports perempuan dari 7 negara yaitu: Smart Omega Empress, RISK VELKHANA, Grayback, Team HAQ, ZEG IRIS, Burmese Ghouls, Impunity Starlet, MDH, Bigetron Era, dan GPX Basreng yang memperebutkan total hadiah sebesar USD 30.000.

Rangga Danu Prasetyo sebagai Ketua Penyelenggara MWI 2023 menyampaikan bahwa, pencapaian MWI 2023 sangat membanggakan dan menambah kepercayaan diri Indonesia di industri esports tanah air.

Setelah berhasil mengumpulkan 10 tim dari 7 negara yang berbeda di kawasan Asia Tenggara untuk bertanding dalam turnamen, turnamen ini juga ditayangkan dalam lima Bahasa dan disiarkan di berbagai sosial media maupun platform streaming lainnya untuk mengedepankan nilai inklusivitas.

“Kami juga sangat mengapresiasi kehadiran empat tim lainnya atas kesediaannya bertanding secara langsung di Summarecon Mall Bekasi, termasuk Risk Velkhana dan Smart Omega Empress yang berasal dari Filipina,” ujar Rangga.

Sementara itu Ray Ng selaku Head of Esports Ecosystem, MOONTON Games mengatakan, MOONTON Games akan terus berkomitmen untuk membangun sebuah ekosistem yang aman dan nyaman untuk para pemain perempuan untuk bisa bertanding dan berkompetisi secara profesional.

Apresiasi atas berlangsungnya MWI 2023 juga datang dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). Liliana Sugiarto, Bendahara Umum PB ESI mengatakan bahwa, PB ESI sebagai induk organisasi cabang olahraga esports di Indonesia memiliki visi besar, antara lain adalah menjadikan Indonesia sebagai kekuatan utama esports di Asia dan bahkan dunia, serta menjadikan Indonesia sebagai sentra atau hub esports dunia.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...