Sabtu, April 20, 2024

Harga YFI Kalahkan Bitcoin, Tembus Ratusan Juta Rupiah

Techbiz.id – Harga aset kripto yEarn Finance (YFI) melambung tinggi mengalahkan cryptocurrency terpopuler bitcoin.

Harga YFI melambung 330% menjadi Rp210 juta, dalam hitungan hari mengalahkan bitcoin yang sudah mencapai Rp180 jutaan per 1 bitcoin

Di market Indodax, platform bitcoin dan crypto exchange terbesar di Indonesia, YFI awalnya dijual Rp51 jutaan pada minggu 6 Agustus 2020, atau hari pertama dia melantai di bursa Indodax. Pada Jumat 21 Agustus 2020 pagi, YFI berada pada level Rp210 juta. 

Baca juga: Harga Bitcoin Melambung Tinggi Capai Rp162 Juta

CEO Indodax, Oscar Darmawan menjelaskan, YFI mencatatkan relly secara terus menerus selama beberapa hari semenjak dia pertama kali listing di Indodax.

YFI menambah daftar cryptocurrency yang mencatatkan performa yang fantastis dalam beberapa hari. Sebelumnya, ada banyak cryptocurrency yang mencatatkan kenaikan yang hampir sama dalam periode yang singkat.

“Aset kripto YFI mencatatkan kinerja yang fantastis. Bahkan, karena kenaikan yang fantastis itu membuat YFI lebih mahal dari bitcoin,” kata Oscar Darmawan. 

Oscar Darmawan mengungkapkan, kenaikan harga YFI dikarenakan sistem DeFi yang saat ini sedang ramai digunakan. YFI merupakan salah satu cryptocurrency yang bisa masuk di sistem DeFi. 

Menurut perhitungan terakhir pada 17 Agustus 2020, nilai total yang tersimpan di seluruh ekosistem DeFi melampaui USD6,4 miliar. Perluasan keseluruhan pasar DeFi telah menyebabkan nilai total yang tersimpan di YFI mencapai USD600 juta. 

“DeFi mendorong permintaan YFI hingga akhirnya meningkatkan harga YFI secara drastis dalam hitungan beberapa hari saja,” kata Oscar Darmawan. 

DeFi atau decentralized finance merupakan sistem moneter yang terbuka atau open finance yang dibangun di atas teknologi blockchain.

Sistem ini memiliki sifat desentralisasi atau tidak terpusat. DeFi sedang digandrungi karena orang-orang meyakini bahwa DeFi merupakan bentuk sistem moneter masa depan. 

Salah satu yang bisa dilakukan dengan sistem DeFi adalah peminjaman atau pendanaan dengan menjadikan cryptocurrency sebagai jaminan atau agunan.

Ini tentunya banyak dimanfaatkan oleh crypto holder seperti penambang crypto dan pegiat kripto lainnya. Bahkan, juga banyak dimanfaatkan oleh investor dan industri keuangan. 

“Ini membuat permintaan aset kripto terus stabil karena orang-orang tidak menjual aset kriptonya. DeFi mencegah pengurangan permintaan terhadap cryptocurrency. Sehingga, permintaannya terjaga dan membuat harga tetap melanjutkan kenaikan,” kata Oscar Darmawan. 

DeFi menciptakan ekosistem baru di dunia blockchain dan cryptocurrency dan membuatnya semakin populer. DeFi membuktikan meingkatkan harga cryptocurrency secara fantastis. Tidak hanya YFI, bitcoin dan ethereum juga meningkat dan mencatatkan rekor tertinggi semenjak tahun 2018. 

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...