Senin, Juli 15, 2024

Jangan Tertipu dengan Spesifikasi! Ini Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli HP

Techbiz.id – Apa yang harus diperhatikan sebelum membeli HP? Mungkin pertanyaan itu sedang terlintas dipikiran Anda ketika ingin membeli HP baru.

Seperti yang kita ketahui, saat ini fungsi smartphone bukan lagi hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga bisa digunakan untuk bermain game, bekerja, browsing, dan lain-lain.

Oleh karena itu, memilih perangkat yang tepat sangat penting guna memastikan semua hal diatas kita dapatkan demi kenyamanan untuk melakukan aktivitas digital harian.

Berikut ini redaksi Techbiz Indonesia rincikan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli HP.

Apa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli HP?

Budget

transaksi non tunai

Pertama dan yang paling utama, tentukan seberapa besar budget yang ingin Anda keluarkan. Ini penting karena ada banyak pilihan HP dari rentang harga 1 juta – 20 juta.

Pastikan pilihan harga tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Jangan sampai tergiur dengan fitur yang tidak terlalu dibutuhkan namun memiliki banderol harga yang tinggi.

Kami sudah merangkum rekomendasi HP terbaru yang bisa membantu Anda dalam memilih perangkat yang tepat berdasarkan merk dan harga.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Memilih hp baru

Pasar smartphone di Indonesia dihuni oleh banyak brand. Seluruh brand memiliki tipe yang mengincar berbagai segmentasi kelas mulai dari low, mid, hingga high.

Ada beberapa calon konsumen yang kerap bingung ketika ingin membeli HP baru. Wajar saja, karena hampir seluruh brand menawarkan spesifikasi dan fitur unggulan dengan harga yang kompetitif.

Sebelum membeli, tentukan kebutuhan utama ketika ingin meminang HP incaran. Beberapa faktor utama yang harus diperhatikan ialah; jenis chipset, ukuran RAM, baterai, desain, ukuran layar, dan fitur unggulan.

Fitur dan Spesifikasi

Smartphone Qualcomm for Snapdragon Insiders

Tak dapat dipungkiri, saat ini hampir seluruh smartphone yang beredar menawarkan berbagai fitur serta spesifikasi unggul.

Spesifikasi yang ditawarkan pun cukup beragam, seperti halnya chipset. Chipset sendiri acap kali menjadi acuan utama saat hendak membeli smartphone baru. Pasalnya, semakin bagus chipset, maka semakin baik pula performa perangkat.

Namun semakin bagus chipet yang dibawa, tentu harga yang ditawarkan pun juga tinggi. Bagi Anda yang mencari HP harga 1 jutaan, pastikan sudah memiliki chipset octa-core minimal 12nm yang dipadu dengan RAM 2-3GB dengan fitur ekspansi RAM.

Selain chipset, ukuran baterai, luas layar, dan fitur kamera juga patut diperhatikan. Pastikan bahwa semua aspek tersebut sudah mampu menunjang aktivitas harian pengguna dengan maksimal.

Lihat Hasil Review

Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli HP baru adalah melihat suatu ulasan produk. Ini dapat membantu Anda untuk mengenal lebih dalam lagi sebagus mana perangkat yang ingin dibeli.

Di bagan komentar situs e-commerce, biasanya ada pembeli yang sudah lebih dulu mencicipi perangkatnya. Perhatikan apa saja poin yang dibicarakan.

Juga pastikan bahwa ulasan tersebut berasal dari ahli atau situs terpercaya.

Techbiz Indonesia sendiri memiliki rubrik review gadget terbaru yang selalu kami update. Rubrik tersebut berisi berbagai ulasan gadget yang dapat membantu Anda untuk memilih perangkat yang tepat.

Selain itu, Anda juga dapat menelusuri hasil ulasan video di YouTube mau pun TikTok untuk melihat secara visual perangkat idaman.

Layanan Purna Jual

Layanan purna jual merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh vendor ke konsumen sebagai nilai tambahan yang meliputi beberapa aspek.

Aspek-aspek tersebut antara lain; garansi, layanan perbaikan, dan dukungan teknis lainnya. Dengan adanya layanan purna jual, konsumen jadi lebih terlindungi dan tentunya merasakan rasa nyaman serta meningkatkan loyalitas kepada brand tersebut.

Layanan purna jual suatu brand berbeda-beda. Ini merupakan salah satu poin penting bagi Anda untuk memutuskan brand mana yang layak untuk dipinang.

Pastikan brand tersebut memberikan layanan purna jual yang bagus agar dapat melindungi Anda dari kerugian.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone. Semoga dapat membantu Anda dalam memilih perangkat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...