Jumat, April 26, 2024

Tips Memilih Tablet yang Cocok untuk Kebutuhan Kerja dan Hiburan

Techbiz.id – Tips memilih tablet yang cocok untuk temani hiburan pengguna maupun menunjang pekerjaan bisa dilihat dari berbagai sisi. Mulai dari spesifikasi, fitur, hingga harga yang ditawarkan.

Saat ini, berbagai perusahaan gadget berlomba-lomba untuk membuat produk tablet sendiri. Variasi harga yang ditawarkan cukup kompetitif mulai dari Rp2 jutaan hingga 4 jutaan.

Untuk bisa menopang pekerjaan, tablet seharusnya membawa spesifikasi yang unggul. Sementara untuk mendukung hiburan, aspek fitur yang kaya dan dukungan layar tinggi bisa menjadi pilihan calon konsumen.

Pada artikel ini Techbiz Indonesia akan membagikan tips memilih tablet yang tepat untuk produktivitas dan hiburan.

Tips Memilih Tablet untuk Produktivitas dan Hiburan

Ditenagai Chipset Andal

Chipset sendiri seolah menjadi tolak ukur dalam menentukan pilihan ketika akan memboyong tablet incaran. Wajar saja, Chipset bisa dibilang sebagai otak dari sebuah perangkat pintar. Jadi asumsinya, otak yang bekerja cepat tentu berpengaruh besar pada kinerja perangkat tersebut.

Semakin bagus chipset yang dibawa maka akan semakin kencang pula performa sebuah perangkat. Tablet untuk menunjang pekerjaan harus memiliki dukungan chipset unggul agar tidak lag saat digunakan.

Terlebih, apabila pengguna suka bermain game untuk mengisi waktu luang, chipset yang mumpuni dapat memaksimalkan permainan.

Dukungan Memori Luas dan Fitur Ekspansi

Tablet dengan memori RAM dan ROM yang besar membuat perangkat tidak lelet dan dapat menyimpan lebih banyak file. Biasanya, pengguna tablet sering menjalankan satu tugas dalam waktu bersamaan (multitasking), kebutuhan RAM yang cukup dapat membantu perangkat agar berjalan tetap mulus tanpa hambatan.

Ditambah, besaran file seperti dokumen, foto, video, aplikasi, dan game tentunya membutuhkan ruang yang cukup luas. Memori internal yang memadai juga patut untuk dipertimbangkan ketika memilih tablet.

Selain itu, tablet saat ini juga sudah harus memiliki fitur RAM Expansion. Sebagai informasi, RAM Expansion merupakan fitur yang dapat menambah RAM perangkat agar lebih luas lagi. Ini menggunakan sisa ruang memori internal yang kemudian akan dijadikan RAM virtual.

Layar 2K dengan Perlindungan Mata

Hampir semua tablet memang memiliki ukuran lebih dari 10 inci. Tapi jangan hanya dilihat dari ukuran, namun perlu dipertimbangkan berapa resolusi yang dibawa perangkat tersebut.

Layar 2K tentunya bakal membawa pengalaman menonton atau bermain game menjadi lebih maksimal lagi. Pasalnya, semakin tinggi resolusi layar, maka gambar yang dikeluarkan juga akan lebih jernih. Apalagi pengguna yang suka menghabiskan waktu untuk menonton film kesukaan.

Selain itu, perlu diperhatikan juga apakah perangkat tersebut sudah membawa sertifikat Widefine L1. Tanpa sertifikat itu, setinggi apapun resolusi layar, pengalaman menonton dengan aplikasi nonton film tidak akan HD alias masih SD.

Terlepas dari resolusi tinggi, sudah selayaknya perangkat saat ini membawa perlindungan mata. Tak dapat dipungkiri, hampir semua orang menghabiskan waktunya dengan gadget. Ini dapat mempengaruhi kesehatan mata. Maka dari itu, tablet seharusnya sudah membawa fitur kesehatan untuk mengurangi iritasi pada mata ketika dipakai dalam waktu yang lama.

Dukungan Audio Mumpuni

Tablet yang menjadi teman hiburan sehari-hari harus membawa fitur audio berkualitas tinggi. Salah satunya adalah dukungan Dolby Atmos dan quad-spekers.

Dolby Atmos sudah terkenal dengan kualitas keluaran suaranya yang bagus. Fitur tersebut bakal meningkatkan keluaran audio sesuai dengan pilihan pengguna. Ada banyak preset mulai dari game, musik, hingga nonton film.

Disamping itu, quad-spekers juga sudah harus tersedia. Ini bakal meningkatkan pengalaman mendengarkan musik atau menonton film lebih maksimal lagi. Karena suara yang dikeluarkan akan seperti ada disekitar kita berkat hadirnya empat speaker.

Nah, itulah beberapa tips yang harus pengguna perhatikan ketika ingin membeli tablet idaman. Salah satu tablet yang menurut kami cocok adalah OPPO Pad Air.

oppo pad air, tips memilih tablet

Perangkat tablet terbaru dari OPPO ini sudah membawa chipset unggul yaitu Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6nm. Chipset tersebut membawa delapan-inti core berforma tinggi dan hemat daya.

Selain prosesor terbaik, OPPO Pad Air memiliki RAM 4GB yang ditandem dengan memori internal seluas 64GB. RAM berjenis LPDDR4X tersebut memungkinkan OPPO Pad Air lebih mulus lagi ketika diajak multitasking. Pengguna juga bisa memperluas RAM untuk mendongkrak performa dengan fitur RAM Expansion hingga 3GB.

OPPO Pad Air juga bisa menjadi pilihan terbaik sebagai tablet untuk menemani aktivitas hiburan. Ini karena OPPO Pad Air membawa layar seluas 10.3 inci dengan resolusi 2K.

Disertifikasi oleh Tüv Rheinland⁹, kenyamanan mata diutamakan dengan mengurangi emisi cahaya biru untuk melindungi mata selama aktivitas menonton yang lama.

Terakhir, OPPO Pad Air dibekali empat speaker dengan dukungan Dolby Atmos. Pengguna bakal lebih dimanjakan lagi oleh kualitas suara yang dihasilkan perangkat ini.

Bagi pengguna yang ingin memesan OPPO Pad Air, dapat mengunjungi website resmi OPPO Indonesia untuk melakukan pre-order.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...