Minggu, Desember 10, 2023

Rahasia Foto Profesional dengan Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Techbiz.id – Samsung Galaxy A54 5G merupakan salah satu produk terbaru yang dihadirkan Samsung di Indonesia. Perangkat tersebut membawa spesifikasi kamera yang menurut kami cukup mumpuni untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Pasalnya, Galaxy A54 5G membawa sensor kamera yang sudah dilengkapi Optical Image Stabilization dengan angle 56 persen lebih lebar. Hal tersebut memungkinkan perangkat dapat merekam foto yang jernih dan lebih stabil lagi. Untuk selengkapnya, pengguna bisa membaca review Samsung Galaxy A54 5G yang telah kami buat.

Spesifikasi Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Spesifikasi Kamera Samsung Galaxy A54 5GDetil
Kamera Belakang50 MP (wide), f/1.8, 1/1.31″, 1.2µm, PDAF
12 MP (ultrawide), f/2.2, 123˚, 1.12µm
5 MP (macro), f/2.4
Kamera Depan32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
Fitur Kamera BelakangLED flash, panorama, HDR, OIS, Digital Zoom 10x
Fitur Kamera DepanHDR
Video4K@30fps, 1080p@30/60fps, 720p@480fps

Mode Kamera

tips fotografi samsung galaxy a54 5G

Kamera pada Samsung A54 5G memiliki beberapa mode yang dapat membantu pengguna untuk mengambil foto dengan hasil terbaik. Beberapa mode kamera yang tersedia adalah:

  • Mode Pro: mode ini memungkinkan pengguna mengatur setelan kamera secara manual seperti ISO, kecepatan rana, dan fokus.
  • Mode Malam: mode ini biasanya digunakan ketika mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya/malam hari.
  • Mode Super Slow-mo: mode ini memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan kecepatan 240 fps.
  • Mode Portrait: mode yang digunakan untuk mengambil foto bokeh.

Rahasia Foto Profesional Menggunakan Samsung Galaxy A54 5G

Setelah puas membahas spesifikasi serta mode yang tersedia pada kamera Samsung Galaxy A54 5G, berikut adalah tips untuk memaksimalkan hasil jepretan kamera smartphone:

Pastikan Kamera dalam Kondisi Optimal

Sebelum mulai, pastikan kamera Samsung Galaxy A54 5G dalam kondisi optimal. Bersihkan lensa kamera dari debu atau kotoran yang mungkin menempel. Pastikan juga baterai smartphone dalam keadaan penuh atau minimal cukup untuk merekam video.

Selain itu, pastikan pula kapasitas penyimpanan memori smartphone mencukupi untuk merekam video. Hal ini agar tidak terjadi error atau video yang terpotong-potong saat merekam.

Maksimalkan dengan Mode Pro

Setiap smartphone memiliki Mode Pro yang dapat meningkatkan hasil jepretan sesuai yang pengguna inginkan. Dalam mode tersebut, ada beberapa konfigurasi yang dapat diatur manual seperti pengaturan ISO, kecepatan rana, dan fokus. Mode ini biasanya digunakan para photographer profesional untuk mengambil objek yang bergerak cepat atau latar belakang yang blur.

Namun, mode pro memerlukan pemahaman yang mendalam tentang teknik fotografi dasar seperti pengaturan ISO, kecepatan rana, sehingga pengguna harus mempelajarinya terlebih dahulu.

Misalnya, pada perangkat Galaxy A54 5G sudah dibekali fitur Pro yang dapat diakses melalui menu More lalu pilih Pro atau Pro Video. Di sini, pengguna ingin mengatur asupan cahaya agar hasil fotonya maksimal.

Atur shutter speed sesuai dengan kebutuhan. Sebagai informasi, semakin lambat shutter speed, maka semakin banyak cahaya yang diterima oleh lensa, begitupun sebaliknya. Setelah itu, pengguna juga bisa mengatur bukaan atau aperture.

Galaxy A54 5G memiliki sensor utama 50MP dengan bukaan/aperture yang besar, F1.8. Ini memungkinkan kamera dapat menangkap lebih banyak cahaya. Selanjutnya, atur ISO (Minimal 400) demi meningkatkan sensitivitas lensa terhadap cahaya.

Gunakan Fitur Malam

Jika pengguna belum bisa menggunakan Mode Pro, jangan khawatir! Samsung Galaxy A54 5G memiliki fitur Night Mode yang memungkinkan hasil jepretan malam menjadi lebih terang.

Fitur tersebut menggunakan teknologi multi-frame processing yang mana bakal mengombinasikan 30 gambar ke dalam satu foto. Sensor kamera pada perangkat ini bakal menangkap cahaya lebih banyak lagi agar hasil foto tampak lebih terang dan detail.

Lalu, apa yang harus pengguna lakukan? Pengguna tak perlu melakukan pengaturan tambahan karena Galaxy A54 5G sudah menanamkannya secara langsung. Yaps, fitur Auto Night mampu mengenali besaran pencahayaan di sekitar objek, lalu kamera akan secara otomatis beralih pada night mode.

Manfaatkan fitur Ultra Wide

Samsung Galaxy A54 5G sudah dibekali kamera ultra wide dengan resolusi 12 megapiksel. Sensor tersebut memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan bidang pandang yang lebih lebar daripada sensor biasa.

Pengguna bisa memanfaatkan sensor ini untuk foto landscape, arsitektur, atau objek pemandangan. Selain itu, sensor ultra wide juga bisa digunakan untuk foto keluarga/foto bersama.

Gunakan Fitur Potret untuk Hasil Foto Bokeh

Galaxy A54 5G memiliki fitur potret yang mampu menghasilkan foto bokeh layaknya kamera profesional. Pengguna tidak perlu mengatur apapun karena fitur ini bekerja secara otomatis.

Pengguna juga dapat mengatur level blur yang dingiinkan sebelum atau setelah mengambil foto. Dengan kemampuan sensornya, Galaxy A54 5G mampu menghasilkan foto dengan latar belakang yang blur dan objek yang tajam.

Edit Hasil Foto untuk Hasil Lebih Awesome

Mengolah hasil jepretan dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi edit foto. Namun, pengguna tak pelru repot untuk menginstal aplikasi atau membuka laptop.

Pada Samsung Galaxy A54 5G, tersemat fitur AI Image Enhancer yang dapat memaksimalkan hasil foto. Fitur-fitur tersebut antara lain;

  • Photo Remaster, fitur ini dapat mengurangi blur dan noise dan meningkatkan resolusi foto sehingga terlihat lebih tajam dan hidup. Untuk menggunakannya, pengguna dapat mengakses Galeri kemudian pilih foto yang akan diedit dan tap titik tiga di pojok kanan bawah. Pilih Remaster picture dan klik simpan.
  • Object Eraser, sesuai namanya, fitur ini mampu menghilangkan bayangan dan pantulan yang tak diinginkan dari foto mu.

Baca Juga:

FAQs

  1. Apakah kamera Samsung Galaxy A54 5G dapat merekam video kualitas 4K?

    Ya, kamera Samsung Galaxy A54 5G dapat merekam video kualitas 4K 30fps

  2. Berapa jumlah kamera Samsung Galaxy A54 5G?

    Jumlah kamera Samsung Galaxy A54 5G adalah 3 dengan masing-masing resolusi 50MP Utama, 12MP Ultra wide, dan 5MP makro. Sementara kamera selfie-nya 32MP.

  3. Apakah kamera Samsung Galaxy A54 5G memiliki fitur OIS (Optical Image Stabilization)?

    Ya, kamera Samsung Galaxy A54 5G sudah tersemat fitur OIS.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...