Kamis, Juli 18, 2024

Review Samsung Galaxy A54 5G: Perpaduan Desain dan Performa yang Maksimal

Techbiz.id – Samsung Galaxy A54 5G resmi diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Maret 2023. Perangkat ini hadir dalam dua konfigurasi penyimpanan internal yang membawa berbagai peningkatan, terutama pada sisi desain dan kamera. Berikut adalah review Samsung Galaxy A54 5G.

Jika dibandingkan dengan Galaxy A53 yang rilis tahun lalu, perangkat ini cenderung memiliki peningkatan signifikan diberbagai sisi. Menariknya, harga yang ditawarkan malah jauh lebih murah Rp100 ribuan untuk varian tertinggi.

Review Samsung Galaxy A54 5G

Tim Redaksi Techbiz Indonesia berkesempatan untuk mencicipi Galaxy A54 5G ini kurang lebihselama dua minggu. Dari hasil review Samsung Galaxy A54 5G, kami cukup yakin bahwa perangkat ini benar-benar memberikan value yang tinggi bagi penggunanya.

Apa yang baru di Galaxy A54 5G?

  • Chipset bertenaga Exynos 1380
  • IP67 tahan air (30 menit 1 meter) dan debu
  • Tampilan desain lebih segar dengan paduan layar Super AMOLED 120Hz
  • Tiga kamera belakang dengan sensor utama 50MP Sony IMX766
  • Memiliki slot MicroSD hingga 1TB
  • Baterai 5000mAh dengan pengisian daya 25W
  • RAM Plus hingga 8GB

Desain

Samsung Galaxy A54 5G membawa desain premium yang mirip seperti varian Galaxy S 23 Series. Yaps, perangkat ini dirancang dengan panel flat depan-belakang yang diapit frame metal. Bagian belakangnya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 yang menjadikannya tahan gores serta penyebaran suhu yang rata.

Kameranya juga sudah tidak lagi diberikan bingkai khusus sebagaimana sebelumnya, sehingga bagian punggung ini terlihat lebih estetik lagi.

Kesan ergonomis sepertinya tidak melekat pada Galaxy A54 5G. Ini karena perangkat memiliki bobot 200 gram dan kebetalan 8.2mm. Namun, kami masih merasa nyaman dalam menggenggamnya, terlebih feel grip yang pas ketika bermain game.

Beralih pada bagian kanan, terdapat tombol power serta volume, sedangkan pada sisi atas tersemat slot hybrid SIM sekaligus MicroSD dan microphone. Sementara bagian bawahnya terdapat juga microphone, speaker, dan USB-C. Sayangnya, port jack 3,5mm absen pada perangkat ini.

Namun kami cukup sedikit terganggu karena tampilan bezelnya yang masih terlihat tebal, terlebih pada bagian “dagunya”.

Di Indonesia sendiri, Samsung telah menyediakan pilihan warna yang dapat dipilih antara lain; Blueberry, Lime, Black, and White.

Layar Super AMOLED

Perangkat ini membawa bentang layar 6,4 inci FHD+ dengan panel Super AMOLED. Berkat spesifikasi layar tersebut, segala jenis konten multimedia menjadi tampak jelas dan detail yang tinggi.

Dukungan refresh rate adaptif 60-120Hz pun membuat Galaxy A54 5G semakin mulus dan meningkatkan pengalaman scroll mau pun bermain game terasa responsif.

layar samsung galaxy a54 5g

Pengguna juga tidak perlu khawatir ketika memandang layar perangkat pada siang hari. Ini karena dukungan kecerahan hingga 1000nits sehingga tetap terlihat jelas meski dibawah paparan sinar terik matahari. Selain itu, layar ini juga secara otomatis akan menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai kondisi dengan ruangan.

Fitur lain yang ada pada layar Super Amoled Samsung Galaxy A54 5G ialah Always on Display dan sensor sidik jari yang ditanam di dalam layar.

Menurut pengujian yang telah kami lakukan, Samsung Galaxy A54 5G mampu menyuguhkan kualitas gambar yang kontras sehingga meningkatkan pengalaman menikmati konten multimedia.

Kamera

Kami cukup terkesan dengan hasil foto yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy A54 5G. Terutama foto malamnya yang dapat diandalkan meski dalam kondisi minim cahaya.

Menurut lembar spesifikasi,smartphone membawa triple-camera yang masing-masing memiliki sensor utama 50MP Sony IMX766, lensa ultra lebar 8MP, dan kamera makro 5MP. Bagian depannya tersemat kamera selfie beresolusi 32MP.

Secara keseluruhan, hasil foto yang dihasilkan sangat detail karena mengandalkan kerapatan sensor utama 50MP-nya. Berikut adalah hasil foto Samsung Galaxy A54 5G.

Berdasarkan hasil foto diatas, perangkat masih mampu menghasilkan kualitas foto yang baik meski dalam keadaan yang minim cahaya. Namun untuk kualitas gambar lensa wide, masih terlihat gelap disekeliling objek.

Hasil selfie Galaxy A54 5G menurut kami sudah cukup baik. Terutama mode portrait-nya yang mampu mengeliminasi background dengan baik dan memberikan detail yang pas untuk objeknya. Jika ingin melakukan group selfie, pengguna bisa mengalihkan ke mode lensa wide.

Kemudian untuk mode poto normal pada kondisi siang hari, kami merasa detail yang diberikan juga sangat baik. Namun untuk saturasinya masih terasa sangat tinggi.

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Galaxy A54 5G memberikan hasil foto malam yang sangat baik. Namun jika diperbesar masih kelihatan detail yang hilang meski tidak banyak. Ini merupakan peningkatan yang signifikan dibanding pendahulunya.

Tak hanya foto, perekaman video perangkat ini juga sudah mendukung resolusi 1080p 60 fps dan 4K 30 fps. Fitur slow motion juga telah tersedia dengan resolusi 720p 240 fps dan 960 fps.

Pengguna juga tidak perlu khawatir meski merekam adegan aksi. Ini karena Samsung Galaxy A54 5G telah dibekali Optical Image Stabilzation yang mampu meredam getaran.

Performa

Samsung Galaxy A54 5G hadir dengan chipset Exynos 1380 yang diklaim Samsung memiliki kecepatan CPU 30% lebih cepat dibanding pendahulunya. Sementara itu, varian yang kami review membawa RAM 8GB dengan penyimpanan internal 256GB.

Pengguna tentunya juga bisa memaksimalkan performa perangkat ini dengan fitur RAM Plus yang dapat diperluas hingga 8GB. Seperti diketahui, RAM Plus merupakan salah satu fitur yang memungkinkan penggunaan sisa memori internal yang dikonversi menjadi RAM virtual.

Bagian sistem operasinya membawa Android 13 dengan balutan ONE UI 5.1. Secara tampilan, UI ini sangat intuitif dan terasa lebih segar. Disamping itu, kami juga tidak merasakan lag ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan (multitasking).

Bagi pengguna yang suka bermain game, kami rasa Galaxy A54 5G sudah cukup mumpuni untuk diajak ngepush rank. Pasalnya, menurut pengujuan AnTuTu Bencmark, perangkat ini mampu mendapatkan skor sebesar 530 ribuan.

Tak hanya itu, kami juga sudah melakukan pengujian untuk memainkan game Mobile Legends. Settingan grafik mau pun refresh rate sudah mendukung Tinggi. Pengujian tersebut menghabiskan sekitar 10% baterai dalam 2 pertandingan, di mana masing-masing pertandingan mamakan waktu kurang lebih 15 menit.

Untuk layarnya tidak ditemukan sama sekali ghost touch, dan perangkat ini juga tidak mengeluarkan hawa panas yang berlebih.

Fitur Premium

Demi memanjakan dan melindungi penggunanya, Samsung telah menyematkan berbagai fitur premium seperti rating IP67 dan kualitas suara powerful berkat Dolby Atmos.

Rating anti air dan debu tersebut membuat penggunanya tidak perlu khawatir ketika tiba-tiba turun hujan atau pun perangkat terkena cipratan air. Pasalnya, Galaxy A54 5G mampu bertahan di air selama 30 menit dengan kedalaman 1 meter.

Sementara bagi pengguna yang suka menikmati musik dan nonton film, terdapat speaker stereo yang telah dikustomisasi dengan Dolby Atmos. Suara yang dikeluarkan cukup ngebass dan masih nyaman didengar meski dengan volume tinggi.

Kesimpulan review Samsung Galaxy A54 5G

review samsung galaxy a54 5g

Samsung rupanya cukup serius menggarap ponsel kelas menengah dengan kehadiran Galaxy A54 5G. Dari sisi desain, perangkat ini pun turut membawa kesan kelas Galaxy S series yang premium.

Baca Juga:

Sementara, senjata jual terbaiknya ada pada sektor kameranya. Resolusi tinggi 50MP rupanya bukan hanya sekedar gimmick belaka, melainkan benar-benar bisa menghasilkan gambar sesuai yang kita ingingkan.

Harga Samsung Galaxy A54 5G 8/128GB dibanderol Rp5,9 jutaan, sementara varian tertinggi 8/256GB dilego Rp6,3 jutaan.

OVERVIEW

Desain
Kamera
Performa
Baterai
Durabilitas

KESIMPULAN

Samsung Galaxy A54 5G benar-benar memberikan kesan premium. Dari sisi desain yang awesome dan perfoma yang mumpuni, membuat penggunanya diberikan kemudahan dan keamanan berkat rating IP67.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...
Samsung Galaxy A54 5G benar-benar memberikan kesan premium. Dari sisi desain yang awesome dan perfoma yang mumpuni, membuat penggunanya diberikan kemudahan dan keamanan berkat rating IP67.Review Samsung Galaxy A54 5G: Perpaduan Desain dan Performa yang Maksimal