Sabtu, April 20, 2024

3 Tips Tingkatkan Produktivitas dengan S Pen di Galaxy S23 Ultra

Techbiz.id – Untuk menyasar konsumen kelas atas yang memiliki mobilitas tinggi, Samsung menawarkan Galaxy S23 Series 5G. Salah satu model dari seri smartphone tersebut yang turut dipasarkan di Indonesia adalah Samsung Galaxy S23 Ultra 5G. 

Bisa dikatakan bahwa Galaxy S23 Ultra 5G adalah smartphone canggih yang mampu mendukung produktivitas penggunanya. Ini juga yang menjadi alasan banyak konsumen kelas atas di Indonesia yang tertarik untuk memiliki Galaxy S23 Ultra 5G.

Dengan smartphone canggih seperti Galaxy S23 Ultr 5Ga, pengguna dengan beragam aktivitas yang dimilikinya bisa mengerjakan banyak hal. Semua itu bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman, mulai dari mengolah dokumen, menikmati hiburan hingga bermain game.

Pada akhirnya, Galaxy S23 Ultra 5G bisa menjadi perangkat yang kerap bisa diandalkan untuk membantu penggunanya lebih produktif setiap hari. Apalagi, sebagai seri tertinggi dari Galaxy S23 Series 5G, smartphone ini juga menawarkan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Beragam fitur yang ada pada Galaxy S23 Ultra 5G juga dirancang khusus untuk pengguna dengan mobilitas tinggi. Contohnya seperti S Pen yang kemampuannya telah ditingkatkan. Selain itu integrasi dengan Google untuk mempermudah pekerjaan.

Tak ketinggalan adalah jaminan keamanan data menggunakan Samsung Knox. Semua fitur yang dihadirkan juga tak lepas dari peranan chipset dengan kemampuan tinggi, yakni Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang diramu oleh Samsung bersama Qualcomm.

Nah! Buat kamu yang penasaran seberapa canggih S Pen di Galaxy S23 Ultra 5G, berikut tiga “hacks” untuk buat keseharian kamu agar produktivitas semakin meningkat tanpa hambatan:

Gunakan S Pen untuk Bikin Pekerjaan Lebih Mudah

Sekadar untuk diingat kembali bahwa S Pen pertama kali disematkan oleh Samsung pada Galaxy Note Series. S Pen sendiri memang diciptakan untuk mendorong kinerja penggunanya. Dan kini, Samsung juga membekali Galaxy S23 5G dengan S Pen.

Dengan S Pen, pengguna Galaxy S23 Ultra 5G bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Agar produktivitas maksimal dengan S Pen, kamu bisa menerapkan sejumlah tips, seperti misalnya mencatat segala sesuatu on the go langsung di halaman depan tanpa harus membuka aplikasi.

Untuk melakukan hal seperti itu, caranya cukup mudah. Keluarkan S Pen dari tempat penyimpanannya, maka secara otomatis kamu bisa langsung mencatat segala kebutuhan yang diinginkan pada layar Galaxy S23 Ultra 5G.

Tak hanya itu, dengan S Pen, kamu juga bisa mengubah tulisan tangan menjadi teks digital dengan mudah. Tentu saja, fitur ini akan sangat berguna untuk membantu kamu dalam mengedit, menyimpan, dan membagikan catatan dengan mudah. 

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Smart Select untuk menyalin teks dari gambar atau dokumen hasil scan ke dalam bentuk tulisan. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengetik ulang informasi yang penting dan bisa menghemat waktu.

Jika kamu sering meeting dengan banyak orang dan pengguna Galaxy S23 Ultra 5G, kamu juga tak perlu khawatir. Manfaatkan fitur Text Capture. Dengan fitur ini kamu bisa menjadwalkan meeting dengan lebih mudah.

Cukup dengan menangkap teks yang menunjukkan tanggal meeting tertentu dari WhatsApp, e-mail, atau website, maka secara otomatis akan tercatat di kalender. Menariknya lagi, kamu pun juga bisa coret-coret langsung di kalender menggunakan S Pen. 

Beberapa kemampuan S Pen lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mendorong produktivitas kerja, di antaranya kemampuan untuk untuk membuat tanda tangan digital. Ya! Berkat S Pen kamu bisa membuat tanda tangan digital yang presisi seperti di atas kertas.

Dengan S Pen, juga memungkinkan kamu untuk menerjemahkan kata per kata dengan mudah. S Pen yang ada pada Galaxy S23 Ultra 5G juga bisa kamu gunakan sebagai remote untuk tombol shutter. Dengan begitu, kamu bisa mengambil foto tanpa harus menyentuh layar.

Integrasi antara Samsung dan Google juga ditunjukkan melalui penggunaan S Pen. Sekarang S Pen bisa dipakai untuk melakukan quick search di aplikasi tertentu milik Google, di antaranya adalah Chrome dan YouTube. 

Melalui fitur yang diberi nama S Pen to Text itu, kamu bisa melakukan pencarian dengan lebih cepat di kolom pencarian Chrome dan YouTube dengan tulisan tangan tanpa harus repot-repot lagi mengetik secara digital.

Baterai 5000 mAh dengan Fast Charging 45W, Bisa Produktif Seharian Penuh

Seperti yang telah disebutkan bahwa Samsung menyematkan chipset Snapdragon 8 Gen for Galaxy ke dalam Galaxy S23 Ultra 5G. Tak hanya menawarkan kinerja yang lebih kencang, chipset ini juga menawarkan konsumsi daya yang lebih baik.

Samsung sendiri meramu Galaxy S23 Ultra 5G dengan pasokan baterai 5000 mAh. Meski sektor catu daya tak mendapat upgrade signifikan, tapi daya tahan baterai yang dimiliki smartphone ini meningkat cukup besar dibandingkan pendahulunya, Galaxy S22 Ultra 5G.

Tak hanya itu, kecepatan pengisian daya Galaxy S23 Ultra juga meningkat pesat meski di atas kertas hanya membawa fitur fast charging 45W, yang sama dengan Galaxy S22 Ultra 5G. Dalam pengujian, Galaxy S23 Ultra 5G hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi baterai 68%.

Nah! Ketika smartphone canggih ini dipakai untuk aktivitas browsing terus menerus, daya tahan baterainya bisa mencapai hampir 19 jam. Hasil tersebut mengungguli Galaxy S22 Ultra 5G yang hanya mampu bertahan sekitar 13 jam 17 menit. 

Bagaimana jika kamu menggunakan Galaxy S23 Ultra 5G untuk memutar video streaming? Tak perlu khawatir! Jika smartphone tersebut dipakai untuk memutar video streaming secara non-stop, bisa bertahan hingga hampir 9 jam.

Jika melihat kemampuan daya tahan baterai yang dimiliki Galaxy S23 Ultra 5G, artinya smartphone ini memang cocok untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Dengan begitu, kamu tak perlu repot-repot untuk mencari colokan listrik saat bekerja di luar kantor.

Produktivitas Semakin Meningkat Berkat Galaxy Ecosystem

Kehadiran S Pen pada Galaxy S23 Ultra 5G membuat smartphone ini begitu menarik. Apalagi Samsung juga membekali smartphone tersebut dengan baterai “jumbo” ditambah peningkatan pengisian daya cepat 45W. Dijamin, penggunanya semakin lebih produktif.

Rupanya tak hanya berhenti sampai di situ. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini juga meramu Galaxy S23 Ultra 5G dengan dukungan Galaxy Ecosystem. Ini semakin membantu penggunanya bisa bekerja dengan mudah dan nyaman.

Galaxy S23 Ultra 5G sendiri datang dengan sistem operasi Android 13 yang dilapisi antarmuka One UI 5.1. Dengan adanya One UI 5.1, konektivitas antar perangkat Samsung menjadi lebih seamless berkat pembaruan di sejumlah fitur, salah satunya ekspansi Multi Control.

Ya! Berkat Multi Control yang kemampuannya kini lebih diperluas, memungkinkan pengguna Galaxy Book untuk tidak hanya berbagi mouse, keyboard dan trackpad dengan tablet Galaxy, tetapi juga dengan smartphone Galaxy, salah satunya adalah Galaxy S23 Ultra 5G.

Dengan begitu, kamu dapat melakukan copy dan paste teks, serta drag dan drop gambar dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Itu semua bisa dilakukan seolah-olah kamu sedang bekerja dalam satu perangkat.

Ada pula fitur Link to Windows, yang memungkinkan kamu untuk melanjutkan penjelajahan dari Samsung Internet di Galaxy S23 Ultra 5G ke perangkat Galaxy Book. Kenyamanan Galaxy Ecosystem ini juga bisa dirasakan saat Galaxy S23 Ultra terkoneksi dengan TWS atau Smartwatch buatan Samsung.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...