Kamis, Juli 18, 2024

Samsung, Infinix dan realme Kuasai Pasar Smartphone Entry-Level, Xiaomi Terhempas

Techbiz.id – Berdasarkan laporan counterpoint di kuartal 1 2023, Samsung dan Infinix memberikan berkontribusi yang besar terhadap pertumbuhan smartphone entry-level di Indonesia. Ini tentu sangat mengejutkan sekaligus menjadi momentum penting bagi kedua brand tersebut di pasar Indonesia.

Diketahui, Infinix memang salah satu brand yang fokus menghadirkan perangkat flagship harga kaki lima di Indonesia. Sedangkan Samsung yang turun gunung memperkuat lini produk terjangkau terbukti sukses. Keduanya jadi jawara menurut laporan counterpoint di kuartal 1 2023.

Lebih lanjut, menurut data firma riset tersebut, Samsung memperkuat jejaknya di segmen ini dan tumbuh 18,7% YoY di Q1 2023, sebagian besar didukung oleh seri Galaxy A04.

Kemudian Infinix mengalami pertumbuhan yang mengesankan sebesar 44,6% YoY. Daya tarik utama Infinix ialah tawaran RAM/penyimpanan perangkat yang lebih besar daripada pesaingnya, itu tercermin pada produk seri Infinix Hot 12, Hot 20, dan Note 12.

Model entry-level baru dengan varian 4-6GB/128GB juga diperkenalkan oleh Samsung, realme, Redmi, dan TECNO pada kuartal ini, dengan lebih banyak pengiriman yang terlihat pada bulan Maret.

Sementara realme juga tidak kalah menarik. Menurut data counterpoint, realme mengalami peningkatan, dari 11.2% di kuartal I 2022, menjadi 11.5% di awal tahun ini. Kontribusi realme berangkat dari perangkat entry-level yang mendukung fitur NFC, seperti realme C55 yang penting untuk transaksi keuangan, selain untuk membaca kode QR.

Sedangkan kontribusi xiaomi terpantau menurun pada kuartal I 2023, -20.2% dari 14.4% pada kuartal I 2022, menjadi 12.5% di tahun ini. Padahal Xiaomi juga meluncurkan smartphone entry-level di Indonesia, sebut saja Redmi 12C dan Redmi Note 12.

Sedangkan Vivo paling anjlok, kontribusinya di kuartal I 2023 hanya 17.4% menurun jauh dari tahun lalu yang sebesar 21.2%.

Di segmen kelas atas dan premium, Apple memimpin dengan pertumbuhan 17,7% dari tahun ke tahun di kuartal I 2023, diikuti oleh OPPO, Samsung, dan Asus.

Nantikan informasi menarik lainnya seputar gadget, hanya di Techbiz.id

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...