Jumat, Oktober 7, 2022

Review Samsung Galaxy A53 5G: Ponsel Menengah yang Naik Kelas

Techbiz.id – Samsung termasuk vendor smartphone yang aktif meramaikan pasar Indonesia, salah satunya dengan menghadirkan ponsel kelas menengah Samsung Galaxy A53 5G.

Suksesor Galaxy A52 ini tiba dengan menawarkan beberapa peningkatan fitur dan spesifikasi unggul. Beruntungnya, Redaksi Techbiz berkesempatan secara langsung untuk mencoba Samsung Galaxy A53 5G yang saya tuliskan dalam review berikut ini:

Review Samsung Galaxy A53 5G

Desain

Review Samsung A53 5G

Secara desain, Samsung Galaxy A53 5G kali ini hampir serupa seperti pendahulunya, baik pada desainnya maupun ukuran bodinya. Varian warna yang saya pegang kali ini bernama Awesome Peach yang menampilkan kesan sangat feminim pada bodinya.

Kesan smartphone kelas atas juga terasa berkat adanya warna gold pada sekeliling bodi perangkat. Ketika digenggam, Galaxy A53 5G cukup nyaman, meski dengan satu tangan sekalipun.

Satu hal yang menarik bagi saya adalah bodi perangkatnya yang bertekstur mate, sehingga tidak meninggalkan jejak sidik jari, sekaligus tetap menjaga tampilan dari Galaxy A53 5G itu sendiri.

Masih soal desain, sisi kanan perangkat mengemas tombol daya bersama dengan tombol pengatur volume. Bergeser sedikit ke bagian bawah, terdapat lubang speaker, port USB Type-C, dan SIM card slot tanpa adanya lubang audio Jack 3,5mm.

Sehingga, absennya lubang audio Jack 3,5mm ini secara tidak langsung ‘memaksa’ pengguna Galaxy A53 5G untuk memakai earphone wireless atau earbuds.

Tidak ketinggalan, Samsung juga masih mempertahankan sertifikasi IP68 yang tahan terhadap air hingga kedalaman 30 meter.

Dan benar saja, ketika saya mencoba untuk membuktikan fitur ini dengan mencelupkan Galaxy A53 5G selama beberapa saat ke dalam air, perangkat masih bisa berfungsi dengan baik.

Layar

Review Samsung Galaxy A53 5G

Samsung Galaxy A53 5G hadir dengan layar seluas 6,5 inci berjenis Super AMOLED dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layar ini pun masih sama seperti pendahulunya.

Hanya saja di Galaxy A53 5G kali ini sudah menawarkan refresh rate hingga 120Hz, sehingga ketika digunakan untuk scrolling di  sosial media dan internet tampilan tetap halus.

Saat bermain game pun, layar Samsung Galaxy A53 5G juga mampu menampilkan grafis yang mulus tanpa patah-patah. Lalu soal ketahanan, layarnya ini sudah dilengkapi proteksi Gorilla Glass 5 yang tahan terhadap goresan.

Terakhir, hadir pula fitur fingerprint di layar yang sangat responsif, memudahkan akses untuk membuka kunci layar.

Baca juga: Samsung Smart Monitor M8 Sudah Bisa Dipesan

Kamera

Review Samsung Galaxy A53 5G

Bukan Samsung jika tidak menawarkan keunggulan dari aspek kamera. Samsung Galaxy A53 5G mengemas empat kamera dengan komposisi kamera utama 64MP dilengkapi OIS, kamera Ultra-wide 12MP, kamera Makro 5MP dan kamera Depth 5MP.

Dengan keempat kamera itu, Samsung mengklaim telah menggunakan sensor baru pada Galaxy A53 5G. Alhasil, saya cukup terkesan dengan hasil kamera yang didapat.

Saturasi warna yang dihasilkan Galaxy A53 pada kamera belakangnya cukup baik, terutama dalam kondisi siang hari. Di sisi lain, kamera Ultrawide juga tak kalah menarik, mampu menghasilkan sudut pandang yang luas, layaknya smartphone flagship masa kini.

Di bagian depan, Samsung menyematkan kamera swafoto 32MP. Lalu khusus perekaman video, baik kamera depan dan belakang Galaxy A53 5G dijanjikan bisa merekam hingga resolusi 4K 30fps.

Terdapat pula fitur stabilisasi OIS (Optical Image Stabiliser) yang sangat berguna saat merekam video dalam keadaan bergerak, sehingga hasilnya tetap stabil. Berikut hasil foto yang saya dapatkan dari kamera Samsung Galaxy A53 5G:

Performa

Review Samsung A53 5G

Galaxy A53 5G ditenagai oleh chip Exynos 1280 milik Samsung yang sudah mendukung konektivitas 5G. Rupanya, chip ini juga terbilang memuaskan.

Gim populer sekelas Free Fire, Mobile Legends, hingga AOV dapat berjalan dengan lancar tanpa ada ‘lag’. Hal ini tentunya juga tak terlepas dari keberadaan RAM besar 8 GB.

Selain itu, perangkat ini tersedia dalam dua pilihan memori, yakni 128 GB dan 256 GB. Pengguna juga masih bisa memperluas kapasitas memori dengan slot Micro SD hingga sebesar 1 TB.

Baca juga: Daftar HP Terbaru Samsung Galaxy A Series 2022, Banyak Pilihan RAM Besar

Baterai

Samsung Galaxy A53 5G tiba dengan baterai berkapasitas 5000mAh. Kapasitas baterai ini memang terbilang besar, tetapi rasanya untuk ponsel 5G seperti Galaxy A53 5G masih terbilang standar.

Meski begitu, selama penggunaan Galaxy A53 5G tetap mampu memberikan daya tahan yang lama, hingga seharian dengan penggunaan yang cukup intens.

Satu hal yang sangat saya sayangkan adalah absesnnya adapter charger dari box penjualan Galaxy A53 5G. Sehingga bagi konsumen yang pertama kali memiliki smartphone android, harus membelinya secara terpisah.

Padahal Samsung Galaxy A53 5G sudah mendukung fitur pengisian daya cepat hingga 25W.

Kesimpulan

Dengan semua review Samsung Galaxy A53 5G yang sudah dilakukan, maka bisa dibilang sebagai ponsel menengah yang naik kelas. Selain soal desain yang elegan, Galaxy A53 5G juga tahan terhadap air,  kamera berkualitas, baterai tahan lama hingga prosesor 5G menjadi beberapa keunggulan yang ditawarkan.

Di Indonesia, Samsung Galaxy A53 5G dijual dengan harga Rp5.999 juta (8/128 GB) dan Rp6.499 juta (8/256 GB).

Terkait

Artikel Terkait

BAKTI Targetkan Bangun 7.000 BTS 4G Hingga 2024

Techbiz.id - Meskipun memiliki tantangan yang cukup berat, hingga tahun 2024 mendatang Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) Kominfo optimis...