Jumat, Januari 21, 2022
BerandaAppsNonton Netflix Gak Bisa HD? Ternyata Android Kamu Hanya Punya Sertifikat Ini

Nonton Netflix Gak Bisa HD? Ternyata Android Kamu Hanya Punya Sertifikat Ini

Teknologi Widevine DRM dibagi menjadi tiga macam, salah satunya Widevine L3. Sertifikat tersebut yang membuat perangkat Android tidak mendukung resolusi HD.

Must Read

Techbiz.id – Netflix merupakan aplikasi streaming film terbaik yang bermarkas di Scotts Valley, California. Layanan streaming film yang berdiri sejak 1997 ini memiliki 209 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia, menurut data kuartal 2 2021.

Layanan streaming Netflix bisa diakses melalui berbagai perangkat terutama smartphone Android.

Nah, ada beberapa pengguna Android yang mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa menikmati resolusi HD pada smartphone-nya. Padahal sudah berlangganan paket Netflix Premium.

Ini karena Android tersebut hanya dibekali sertifikat Widevine L3. Meski sudah memiliki resolusi layar Full HD+, Android dengan Widevine L3 tetap tidak mendukung resolusi HD dibeberapa aplikasi streaming film.

Lalu, apa itu teknologi Widevine?

Mengenal Jenis Sertifikat Widevine

Widevine DRM (Digital Right Management) bertujuan untuk melisensikan, mendistribusikan, dan melindungi pemutaran konten secara aman di perangkat konsumen mana pun.

Teknologi ini memungkinkan pemilik konten melindungi konten mereka dari metode pembajakan. Penyedia media digital seperti Netflix, HBO, Disney, PrimeVideo dan lain-lain sudah mengintegrasikan teknologi ini pada platform mereka.

Pada dasarnya jenis sertifikat Widevine dibagi menjadi tiga bagian diantaranya;

  • L3: Terendah, hanya dapat memutar konten video SD 480p
  • L2: Mendukung resolusi hingga HD 720p
  • L1: Level tertinggi yang bisa memutar video hingga resolusi 4K.

Saat ini hampir seluruh smartphone yang rilis di Indonesia sudah mendukung sertifikat Widevine L1 dengan resolusi FHD+. Ya benar sekali, smartphone tersebut mendukung resolusi tertinggi Netflix mau pun aplikasi streaming film lainnya.

Lalu bagi yang penasaran bagaimana cara cek sertifikat Widevine di Android?

Cara Cek Sertifikat Widevine L1, L2, L3 di Semua Android

Untuk melakukan pengecekan sertifikat Widevine pada Android sangat mudah. Pengguna hanya tinggal mengunduh aplikasi “DRM Info” di Google Playstore.

Setelah itu jalankan aplikasi tersebut dan lihat pada bagian “Securiy Level”. Disana akan tersedia informasi mengenai sertifikat Widevine yang digunakan ponsel.

Terkait

Artikel Terkait

Infinix Inbook X2, Pertama dengan Pencahayaan Ganda

Techbiz.id - Infinix kembali merilis perangkat laptop dengan menghadirkan INBOOK X2 yang mengusung fitur inovatif seperti ultralight metal bodi,...