Sabtu, April 13, 2024

Keamanan Data Jadi Fokus utama Aplikasi Pintu

Techbiz.id – Platform PINTU yang bergerak di industri crypto menaruh fokus terhadap keamanan data mengingat seluruh aktivitas platformnya berhubungan dengan data. Dari mulai transaksi jual beli, sampai melakukan analisis pasar, semuanya menggunakan data.

“Kami adalah data-driven company, karena data memiliki manfaat yang sangat luas menyangkut ke semua divisi dari mulai marketing, product, strategy, finance, hingga bicara soal keamanan,” ungkap Natasha Ashley Wijaya sebagai Lead Data Analyst PINTU.

Dalam komitmen untuk melindungi data pengguna, PINTU disampaikan Natasha memiliki Cybersecurity team yang berdedikasi tinggi dan bertindak sangat cepat. Salah satu upaya untuk mencegah kebocoran data adalah dengan menerapkan sistem keamanan bertingkat mencakup autentikasi multi-faktor (MFA) termasuk di dalamnya One Time Password (OTP), autentikasi biometrik, dan opsi authenticator. Selain itu PINTU memiliki ISO/IEC 27001:2013 & ISO/IEC 27017: 2015 terkait keamanan siber yang telah memiliki lisensi dari Bappebti,” ujar Natasha.

Natasha menambahkan, patform PINTU juga menggunakan enkripsi yang kuat dan menerapkan kebijakan akses yang khusus untuk melakukan transfer dan menyimpan data dalam sistem kami guna mencegah adanya kebocoran informasi. Selain itu, timnya juga melakukan tinjauan keamanan secara reguler untuk memastikan bahwa sistem selalu diperbarui dan terlindungi dari ancaman apapun.

“Kami bekerja maksimal untuk menjaga privasi dan keamanan data user. Meski dunia crypto masih terbilang baru, namun dari segi data point collected growth-nya tumbuh sangat pesat yang dihasilkan dari transaksi jutaan user,” imbuhnya.

Berdasarkan riset yang dilakukan TripleA, perusahaan blockchain yang berbasis di Singapura, diperkirakan jumlah pengguna crypto di seluruh dunia pada tahun 2023 dapat mencapai lebih dari 420 juta pengguna dengan benua Asia sebagai negara dengan kepemilikan crypto terbanyak karena mendapatkan keuntungan dari jumlah populasi yang sangat besar.

Tidak heran kalau pertumbuhan crypto meningkat pesat di Indonesia, karena memiliki keuntungan dari jumlah populasinya yang sangat besar. Semakin banyak orang yang beraktivitas secara digital seperti berinvestasi pada crypto, data point-nya juga semakin besar dan keunggulan ini harus bisa dimaksimalkan penggunaannya untuk membantu memajukan negara lebih pesat lagi.

Meskipun Indonesia punya keuntungan dari jumlah populasi, dari sisi tech adoption masih dalam tahap developing namun masyarakat Indonesia sangat cepat beradaptasi, seperti halnya penggunaan machine learning dan artificial intelligence (AI) yang sedang populer belakangan ini salah satunya ChatGPT,” ungkap Natasha.

Dilansir dari Reuters, ChatGPT chatbot yang populer dari OpenAI diestimasikan telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif dan website ChatGPT telah diakses lebih dari 1,8 miliar visitors per bulan di tahun 2023.

AI technology seperti ChatGPT itu basis nomor satunya adalah data. Meningkatnya penggunaan AI tentu semakin bagus namun saat ini masih dalam fase development. Tapi pasti ke depan akan ada banyak perkembangan agar datanya tidak bias, tentunya data yang ter-collect di niche market bisa sangat membantu.

Memang masih ada kekurangan seperti tidak memakai real-time data, dan mungkin dapat ditingkatkan hasilnya di masa depan sehingga dapat memberikan rekomendasi yang lebih relevan,” ujar Natasha.

Natasha menambahkan, PINTU selalu adaptif dengan perkembangan teknologi karena kami menilai penggunaan AI memberikan manfaat salah satunya mendorong produktivitas. Tim data science PINTU menggunakan machine learning untuk analisis produk, memantau adanya user yang abuser dan lain sebagainya.

“Teknologi AI dapat sangat membantu kinerja tim data dan juga lainnya, seperti memberikan rekomendasi yang strategis dan juga automasi hal repetitif. Tapi perlu dicatat bahwa penggunaan AI masih harus ada intervensi manusia, namun memang bisa bantu untuk boost productivity sehingga bisa fokus ke hal yang lebih impactful,” pungkasnya.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...