Sabtu, April 20, 2024

Gojek Sediakan Layanan Video on Demand

TechBiz.ID – Gojek meluncurkan GoPlay, platform video-on-demand. Berbeda dengan platform lainnya, GoPlay memberikan akses lebih luas untuk konten unik dan berkualitas, yang sejalan dengan misi mengoptimalkan industri film di Indonesia. Kehadiran GoPlay memberikan kemudahan bagi para pecinta film dan serial menikmati beragam konten di manapun, kapan pun.

Tidak hanya memberikan angin sejuk bagi para pecinta film dan serial, GoPlay menjadi wadah bagi sineas nasional untuk memperkenalkan karya ke pasar yang lebih luas. GoPlay menyajikan konten yang diproduksi sendiri, yaitu GoPlay Originals, maupun konten eksklusif menarik lainnya. Pengguna juga dapat mengunduh konten dan menikmatinya secara offline dengan kualitas high definition,menggunakan perangkat mobile. Peluncuran layanan GoPlay dalam ekosistem Gojek ini menyusul peluncuran secara beta kepada sejumlah pengguna Gojek bulan Juli lalu.

Para pengguna Gojek maupun pecinta film dan serial di seluruh Indonesia dapat mengunduh aplikasi GoPlay dan menikmati beragam konten berkualitas termasuk produksi GoPlay Originals dan konten eksklusif. Di tahap peluncuran ini, pengguna memperoleh kemudahan mengakses GoPlay dengan dua cara:

–          Pertama, dengan biaya Rp89.000 dapat mengakses konten GoPlay selama sebulan penuh.

–          Kedua, dengan biaya Rp99.000 dapat menikmati GoPlay sekaligus ongkir GoFood gratis senilai Rp600.000 (60 voucher) selama satu bulan.

Kevin Aluwi, Co-Founder Gojek dalam sambutannya menyatakan, “GoPlay merupakan inovasi terbaru Gojek, melengkapi ekosistem yang telah sukses berevolusi dari layanan ride hailing menjadi platform teknologi terdepan di Asia Tenggara. Sebagai perusahaan anak bangsa, kami selalu mencari cara untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat, sekaligus memberikan dampak sosial untuk kemajuan tanah air. Di sisi industri kreatif terutama industri konten dan film, kami melihat masih terdapat tantangan dalam menyediakan akses kepada penonton. Namun di sisi lain, penetrasi internet dan smartphone yang cukup tinggi memberikan peluang bagi para sineas nasional agar karya mereka dapat dinikmati masyarakat banyak.”

Ia menambahkan, “Kehadiran GoPlay dapat menjembatani para sineas berbakat dengan jutaan pengguna smartphone di Indonesia yang selalu mencari konten berkualitas. Gojek yang sudah didownload lebih dari ratusan juta kali di Indonesia, telah memiliki pengguna setia yang dapat langsung dijangkau para sineas,” kata Kevin. Dia juga berharap GoPlay dapat menciptakan dampak sosial ekonomi yang positif bagi kemajuan ekosistem industri kreatif di Indonesia.

CEO GoPlay, Edy Sulistyo menyampaikan kehadiran GoPlay dapat mengobati kerinduan masyarakat Indonesia terhadap konten lokal yang berkualitas. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap konten lokal dapat dilihat dari pertumbuhan penonton film Indonesia selama tiga tahun terakhir, yang meningkat dari 36 juta di tahun 2016 menjadi 46 juta di tahun 2018. Namun, dalam hal rasio penonton film Indonesia terhadap film asing di layar lebar, masih menjadi PR bersama. Di sisi lain, akses penonton terhadap hiburan berkualitas masih terbatas. Layar bioskop juga tidak sebanding dengan  jumlah populasi. Sehingga, sineas anak bangsa belum bisa menampilkan karyanya dengan optimal.

“Dengan GoPlay, kami berharap dapat menjawab kerinduan tersebut. Para pecinta film dan serial bisa menemukan berbagai konten mulai dari drama romantis, kisah hidup sehari hari, thriller, hingga serial komedi dari komika berbakat tanah air,” ungkapnya.

Peluncuran aplikasi GoPlay di Kantor Gojek disaksikan segenap ekosistem industri film tanah air. Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf menyampaikan, “Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, perfilman Indonesia menunjukkan perkembangan positif, dengan pesatnya pertumbuhan konten-konten lokal, baik secara kualitas maupun komersial. Hal ini juga diimbangi dengan peningkatan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap konten lokal dan antusiasme menonton film dan serial nasional. Namun akses masyarakat untuk konten-konten tersebut masih sangat terbatas. Kehadiran GoPlay sebagai bagian dari ekosistem Gojek sangat kami apresiasi karena memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mengakses konten-konten lokal yang dapat dinikmati dari Sabang hingga Merauke, cukup melalui perangkat mobile.”

GoPlay menawarkan konten lokal berkualitas yang seru dan memikat para pecinta film dan serial di Indonesia melalui konten GoPlay Originals dan konten eksklusif lainnya. Buah kerja sama dengan berbagai rumah produksi tanah air, konten GoPlay Originals meliputi Filosofi Kopi The Series, drama persahabatan yang juga mempopulerkan kekayaaan kopi tanah air, variety show Kata Bocah The Showyang dibintangi Nirina Zubir dan Boy William; dan serial stand-up Haha Club yang menampilkan komedian berbakat tanah air Ge Pamungkas, Mo Sidik, dan Arie Kriting.

Tidak hanya itu, GoPlay Originals juga menampilkan mahakarya sineas Indonesia yang telah mendapat sambutan baik pecinta film Indonesia, antara lain Aruna dan Lidahnya,drama komedi romantis berbalut wisata kuliner, Kulari ke Pantai, drama keluarga dengan latar belakang petualangan melintasi pulau Jawa; Buffalo Boys, film fiksi sejarah Indonesia; serta 27 Steps of May, film yang mengangkat isu perempuan.

Di sela-sela peluncuran ini, GoPlay mengumumkan rencana produksi tiga serial terbaru dalam waktu dekat. Ketiga serial tersebut adalah Saiyo Sakato dengan Salman Aristo dan Gina S. Noer sebagai showrunnersTunnel garapan Shanty Harmayn dan Tanya Yuson, serta adaptasi Gossip Girl besutan sutradara Nia Dinata. Seluruh konten hasil kreasi GoPlay Originals akan tersedia secara eksklusif di GoPlay.

“Melalui ekosistem yang terintegrasi dengan seluruh layanan Gojek, GoPlay akan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna untuk menikmati konten berkualitas melalui berbagai penawaran bundling menarik. Seluruh pengguna Gojek dapat mengakses konten berkualitas, dimana pun dan kapan pun, dan juga mendapatkan nilai tambah dari layanan favorit Gojek mereka selama ini.” tutup Edy.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...