Selasa, November 29, 2022

Qiscus Digandeng Bukalapak Kembangkan Fitur Chat

TechBiz.ID– Qiscus, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi Real-Time Communication (RTC) dipercaya oleh Bukalapak, untuk bekerja sama mengembangkan fitur chat yang mengedepankan aspek skalabilitas dan reliabilitas.

Dalam hal ini, kerja sama dilakukan melalui sinergi tim engineering guna menghadirkan fitur chat yang aman dan nyaman kepada jutaan pengguna Bukalapak.

Dalam beberapa tahun terakhir, implementasi chat sebagai fitur di dalam sebuah aplikasi merupakan hal yang strategis. Sebuah riset dari Forrester Consulting menyebutkan bahwa fitur chat yang ada dalam sebuah aplikasi dapat meningkatkan Return on Investment (ROI) sebesar 305%. Hal ini dikarenakan keberadaan fitur chat dapat membantu bisnis mengefektifkan servis yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan engagement antara perusahaan dengan konsumen.

Ibrahim Arief, VP Engineering Bukalapak, mengatakan pihaknya juga meyakini keberadaan chat sebagai fitur yang cukup vital bagi kelancaran transaksi bisnis. “Chat digunakan sebagai medium komunikasi yang efektif bagi rekanan dan pelanggan untuk saling memahami kebutuhan masing – masing. Adanya komunikasi yang efektif akan menghadirkan solusi dan program yang inovatif. Kendati demikian, dengan tingginya pertumbuhan bisnis di Bukalapak, adanya fitur chat di dalam aplikasi ini memerlukan usaha yang tidak sedikit, khususnya dalam hal teknis seperti pengembangan fitur lanjutan ataupun optimasi penggunaan server yang berpengaruh pada biaya operasional.

Ia menambahkan dengan menggandeng rekanan yang ahli di bidang chat, menurutnya, kini Bukalapak dapat mengefektifkan kinerja tim teknis, sehingga pihaknya dapat lebih fokus pada optimasi di bisnis utama Bukalapak.

“Sebagai hasil kerja sama tim engineering kami dan Qiscus, kami bisa mengefektifkan penggunaan server sebesar 4x lipat, penggunaan bandwidth sebesar 20x lipat, dan menekan biaya yang kami keluarkan,” ungkapnya.

Delta Purna Widyangga, CEO sekaligus Co-Founder dari Qiscus, menuturkan, dipilihnya Qiscus sebagai rekanan dalam kerja sama ini dikarenakan pengalaman Qiscus sebagai perusahaan yang ahli di bidang pengembangan teknologi chat. Selain itu, adanya kesamaan visi dan misi untuk menjadi perusahaan lokal yang menyajikan teknologi berkelas dunia untuk kesejahteraan konsumen juga menjadi perekat yang menarik.

Di sisi lain, Delta mengungkapkan, kerja sama ini merupakan hal yang cukup menantang bagi Qiscus. Meskipun mendaulatkan diri sebagai pionir pengembang teknologi chat di Indonesia, menangani klien sebesar Bukalapak tetap memiliki tantangannya tersendiri.

Salah satunya adalah bagaimana kita dapat mengaplikasikan best practice teknologi untuk dapat mengoptimalkan inhouse system chat Bukalapak agar tetap beroperasi sebagaimana mestinya walaupun sedang dilakukan pembaharuan sistem.

Hal ini penting mengingat saat ini Bukalapak telah digunakan oleh puluhan juta pengguna di Indonesia yang membutuhkan layanan yg selalu optimal.

“ Proses optimasi sistem chat Bukalapak ini sangat besar dan cukup kompleks, karena meliputi perubahan arsitektur dari fitur chat di aplikasi itu sendiri. Namun, di saat yang sama, kami dituntut untuk tidak boleh mengganggu performa aplikasi,” ujar Delta menerangkan.

Dengan perubahan yang mendasar dari segi arsitektur, Delta berharap performa chat di aplikasi Bukalapak dapat terus mampu menangani traffic dari pelanggan yang terus membesar di dalam bisnis Bukalapak. Hal tersebut juga selaras dengan komitmen Bukalapak yang ingin terus menghadirkan teknologi yang inovatif untuk menunjang perkembangan bisnis maupun kepuasan pengguna.

Terkait

Artikel Terkait

DANA Implementasikan QRIS TTS

Techbiz.id - Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) telah meresmikan QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai...