Jumat, Oktober 7, 2022

Gunakan 5G New Radio, Qualcomm dan ZTE Sukses Lakukan Panggilan Suara

Techbiz.id – Menggunakan teknologi 5G New Radio (VoNR 5G), Qualcomm Technologies dan ZTE Corporation berhasil melakukan panggilan suara.

Panggilan tersebut dilakukan sesuai dengan standar 3GPP Release 15 melalui spektrum 2,5 GHz (n41) dengan menggunakan base station 5G NR milik ZTE dan perangkat tes berupa ponsel pintar 5G yang didukung oleh Qualcomm Snapdragon 5G Modem-RF System.

Panggilan VoNR 5G merupakan capaian terbaru dari berbagai keberhasilan kolaborasi yang telah dicapai oleh Qualcomm Technologies dan ZTE untuk mendukung evolusi 5G.

Sebelumnya, kedua perusahaan telah menghasilkan sistem Interoperability Data Testing (IoDT) 5G NR end-to-end pada November 2017 dan menyelesaikan demonstrasi langsung jaringan layanan yang berbasis sistem komersial terpadu sub-6GHz pada Februari 2019 di Cina.

“Pencapaian dengan ZTE membantu kami dalam merealisasikan tujuan kami untuk membuka kemampuan 5G dalam mendorong kapabilitas konektivitas di seluruh dunia,” kata Durga Malladi, Senior Vice President and General Manager, 4G/5G, Qualcomm Technologies, Inc.

Sementara itu General Manager of RAN products ZTE, Bai Yanmin menyampaikan, Panggilan 5G VoNR yang sukses ini menjadi langkah penting menuju pengalaman penggunaan panggilan suara 5G komersial, dan juga akan mendukung konstruksi 5G SA untuk mendukung lebih banyak penyedia layanan, pengguna dan konsumen perusahaan.

“Sebagai mitra jangka panjang ZTE, Qualcomm Technologies bekerja sama dengan kami untuk mempromosikan verifikasi teknis dan komersialisasi dalam proses pengembangan 5G,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

BAKTI Targetkan Bangun 7.000 BTS 4G Hingga 2024

Techbiz.id - Meskipun memiliki tantangan yang cukup berat, hingga tahun 2024 mendatang Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) Kominfo optimis...