Kamis, Februari 22, 2024

Performa Snapdragon 7+ Gen 2 Meningkat 50%

Techbiz.id – Qualcomm baru saja meluncurkan chipset baru untuk smartphone dan tablet kelas menengah atas, yaitu Snapdragon 7+ Gen 2. Chipset Qualcomm ini merupakan penerus dari Snapdragon 7+ Gen 1. Dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 7+ Gen 2 telah mengalami peningkatan kinerja dan efisiensi daya yang signifikan.

Dikutip GSMArena, inti CPU nya memiliki kecepatan hingga 2,91GHz dan keseluruhan paket CPU 1+3+4. Dengan begitu, chipset ini dapat memberikan peningkatan performa lebih dari 50% dibandingkan dengan SD7 Gen 1.

Sementara GPU Adreno yang belum diumumkan namanya ini menawarkan peningkatan performa 2 kali lipat. Efisiensi dayanya juga meningkat sekitar 13% pada berbagai skenario.

Fitur lain dari platform ini adalah Auto Variable Rate Shading, yang merender latar depan gaming pada resolusi tinggi dan meninggalkan latar belakang pada resolusi rendah untuk menghemat daya baterai ponsel. Menariknya, hadir pula Volumetric Rendering pada chipset ini, yang pertama kali diperkenalkan pada platform Snapdragon 8 Gen 1.

Fitur ISP juga ditingkatkan menjadi Triple ISP 18-bit untuk fotografi dalam kondisi cahaya rendah dengan menumpuk 30 gambar menjadi satu. Ini juga didukung sensor 200MP juga didukung, serta HDR video capture dengan tiga exposure dari dua kamera secara simultan.

Dalam hal kecerdasan buatan (AI), Qualcomm AI Engine menawarkan performa yang meningkat 2 kali lipat dan hemat daya baterai hingga 40% per watt. Untuk konektivitas, chipset ini menggunakan Snapdragon X62 5G Modem-RF System dengan kecepatan download hingga 4,4 Gbps.

Nantinya, ponsel yang menggunakan seri 7 dapat menggunakan fitur Dual-Sim Dual Active (DSDA) 4G/5G. Sayangnya, Qualcomm tidak menyebutkan spesifikasi detail CPU dan GPU. Namun perangkat yang menggunakan Snapdragon 7+ Gen 2 akan segera hadir pada bulan ini.

Hingga saat ini, baru Xiaomi dan realme yang telah mengonfirmasi bahwa smartphone rilisan kedua perusahaan teknologi tersebut merupakan ponsel pertama yang menggunakan SoC Snapdragon 7+ Gen 2. Smartphone yang akan menggunakan SD 7+ Gen 2 adalah Redmi Note 12 Turbo dan realme GT Neo5 SE.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...