Minggu, Juni 26, 2022
BerandaDevicesSnapdragon 8+ Gen 1 Dirilis, Chip Kelas Atas Baru milik Qualcomm

Snapdragon 8+ Gen 1 Dirilis, Chip Kelas Atas Baru milik Qualcomm

Must Read

Techbiz.id – Qualcomm resmi meluncurkan chip Snapdragon 8+ Gen 1 baru. Berbeda dari Snapdragon 8 Gen 1, varian Plus ini menawarkan sejumlah peningkatan performa.

Salah satu peningkatan terbesarnya adalah soal efisiensi energi. Jika sebelumnya Snapdragon 8 Gen 1 adalah prosesor yang cepat, tetapi panas dan penggunaan dayanya jauh dari optimal.

Namun, chip Snapdragon 8+ Gen 1 hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. Performa chip varian plus ini 10 persen lebih tinggi, sedangkan efisiensi daya mendapat peningkatan signifikan sekitar 30 persen.

Memiliki konfigurasi dan arsitektur inti sama, namun, inti ARM Cortex-X2 puncak sekarang dapat mencapai 3,2 GHz. Ini menyamai kecepatan tertinggi Snapdragon 870 mulai tahun 2021.

Di sisi lain, Core 3 x ARM Cortex-A710 mendapatkan peningkatan hingga 2,75 GHz, sedangkan Cortex-A510 ditingkatkan menjadi 2,0 GHz. Sebagai perbandingan, Snapdragon 8 Gen 1 memiliki kecepatan clock 3.0 GHz, 2.5 GHz, dan 1.8 GHz.

Selain itu, efisiensi daya keseluruhan pada chip ini telah meningkat sebesar 15 persen.

Menurut perusahaan, ponsel yang menggunakan chipset yang sama dapat melakukan streaming video selama 1 jam 30 menit lebih lama daripada yang menggunakan chip lama.

Dalam hal penggunaan ringan, perbedaannya meningkat hingga hampir 6 jam lamanya.

Terlepas dari kecepatan, efisiensi, dan pabrikan yang berbeda, kemampuan chip yang tersisa adalah sama. Snapdragon 8+ Gen 1 mendukung hingga 16 GB RAM LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.1.

Driver tampilan dapat menangani QHD+ hingga 144 Hz atau 4K pada 60 Hz, lengkap dengan rendering 10-bit, dan dukungan HDR 10+. Konektivitasnya berasal dari model Snapdragon X65 dengan kecepatan puncak teoritis 10 Gbps.

Chip ini juga mendukung Wi-Fi 6/6E hingga 3,6 GHz. Ada juga dukungan konektivitas Bluetooth 5.3 dengan dukungan aptX lossless dan audio Bluetooth LE.

Menurut Qualcomm, smartphone Snapdragon 8+ Gen 1 akan tiba mulai Q3 tahun 2022, tepatnya Juli dan September. Tidak seperti generasi sebelumnya, Snapdragon 8+ Gen 1 dikabarkan bakal muncul di lebih banyak smartphone.

Baca juga: Selain 5G, Qualcomm Siap Hadirkan Snapdragon 8 Gen 1 varian 4G

Ada banyak perusahaan yang mempersiapkan pesaing baru. Melansir dari Gizmochina, brand-brand tersebut adalah ASUS, Black Shark, Honor, iQOO, Lenovo, dan Nubia.

Selain itu, ada pula Motorola, OnePlus, dan Xiaomi dengan flagships “Ultra” mereka. Bahkan Vivo, ZTE, dan OSOM sedang mempersiapkan smartphone dengan chip baru tersebut.

Terkait

Artikel Terkait

Tombol Caption Twitter Kini Hadir di Android dan iOS

Techbiz.id - Twitter telah mengumumkan bahwa tombol 'Closed Caption' (CC) untuk menampilkan teks dalam video kini tersedia untuk semua...