Monday, March 8, 2021
Home News Singapura Rilis Aplikasi Pelacak Suspek Covid-19

Singapura Rilis Aplikasi Pelacak Suspek Covid-19

Must Read

Terungkap, Ini Spesifikasi Realme 8

Techbiz.id - Kehadiran Realme 8 Series tampak semakin jelas setelah perusahaan menggoda sedikit spesifikasinya melalui ajang inovasi kamera yang...

Naik Andong di Yogyakarta Bayar Pakai DANA

Techbiz.id - Melalui program QRIS Gumaton yang diprakarsai oleh Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), DANA menyediakan pembayaran digital...

Hampir Sama, Ini Perbedaan Realme Narzo 30A dan Narzo 20

Techbiz.id - Realme baru saja menghadirkan anggota baru dari Narzo. Dibandrol dengan harga sejutaan, Realme Narzo 30A hampir serupa...

Canggih, Realme Pamerkan Kamera 108MP Pertamanya!

Techbiz.id - Realme baru saja menggelar acara Camera Innovation Event tahun ini yang disiarkan secara langsung, Selasa (2/3). Melalui...

6 Perbedaan Redmi 9T dan Realme Narzo 30A

Techbiz.id - Belakangan ini, sejumlah vendor smartphone menghadirkan perangkat ramah kantong, seperti Realme dan Xiaomi. Keduanya masing-masing merilis Redmi...

Techbiz.id – Aplikasi pendeteksi suspek Covid-19, yakni TraceTogether baru saja dirilis pemerintah Singapura

Aplikasi besutan Badan Teknologi Pemerintah (GovTech) Singapura dan Kementerian Kesehatan ini mampu melacak siapa saja orang yang berhubungan dengan pasien yang positif terinfeksi corona.

- Advertisement -

Adapun TraceTogether bekerja dengan cara bertukar sinyal Bluetooth dengan telepon yang berpartisipasi dalam jarak enam setengah kaki satu sama lain.

Nantinya, setiap pertemuan akan disimpan secara lokal oleh setiap telepon yang memiliki aplikasi terpasang, dikutip dari Reuters (22/3). Ketika seseorang dipastikan memiliki virus corona, kementerian kesehatan akan meminta agar informasi dari teleponnya dikirimkan kepada mereka tanpa terkecuali.

Pasalnya, pernyataan resmi mengungkapkan bahwa pemerintah Singapura tak akan memiliki akses ke informasi ini sampai dikirim kepada mereka.

Hal ini lantaran data yang disimpan di ponsel individu akan dienkripsi dan aplikasi tidak akan dapat mengakses data lokasi pengguna.

Janil Puthucheary, seorang menteri senior negara bagian, mengatakan, “Rekayasa telah menjaga privasi pengguna dari satu sama lain,”

Meski begitu, otoritas Singapura tak memaksa warganya untuk memakai aplikasi tersebut, melainkan hanya sekedar menghimbau. Kini,TraceTogether tersedia di App Store dan Google Play Store.

Aplikasi ini diharapkan mampu menekan penyebaran covid-19. Tak heran, karena sampai kemarin, Singapura memiliki 385 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi dengan nol kematian.

Dengan aplikasi ini, pemerintah dapat melacak orang yang berhubungan dengan orang yang terinfeksi dan menggunakan info ini untuk menghentikan penyebaran penyakit.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Janjikan Snapdragon 888, Xiaomi Isyaratkan Peluncuran Mi 11 Ultra di Indonesia?

Techbiz.id - Xiaomi akhirnya menggoda kehadiran perangkat baru di Indonesia. Hal ini diketahui melalui unggahan perusahaan di akun sosial...

Artikel Terkait