Jumat, April 26, 2024

Gojek Tawarkan 8 Paket PHK ke Karyawan

Techbiz.id – Gojek secara resmi mengumumkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 430 karyawannya (9 persen dari total karyawan).

Karyawan yang mendapat PHK tersebut sebagian besar berasal dari divisi yang terkait dengan GoLife dan GoFood Festival.

PHK ini disampaikan Gojek dalam keterangan resminya sebagai bagian dari evaluasi terhadap struktur perusahaan secara keseluruhan.

“Ini merupakan satu-satunya keputusan pengurangan karyawan yang Gojek lakukan di tengah situasi COVID-19,” sebut Gojek dalam keterangan resminya.

Dalam melakukan proses pemutusan hubungan ini Gojek menawarkan beberapa paket dukungan kepada karyawan yang terdampak.

Kami ingin memberikan dukungan semaksimal mungkin, dan menetapkan paket berikut,” sebut Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo dalam emailnya kepada karyawan Gojek.

Paket yang ditawarkan oleh Gojek tersebut adalah:

1. Pesangon

Keberlangsungan finansial menjadi perhatian terbesar saat ini. Karyawan yang terdampak akan menerima pesangon (kami menetapkan minimum gaji 4 pekan) ditambah tambahan 4 pekan gaji untuk setiap tahun lamanya bekerja.

2. Pembayaran gaji selama periode pemberitahuan

Perusahaantidak mewajibkan karyawan yang terdampak untuk bekerja saat sudah memasuki periode pemberitahuan, supaya karyawan dapat fokus memikirkan mengenai rencana mereka di masa mendatang. Namun, kami tetap akan membayar gaji mereka secara penuh.

3. Equity arrangement

Masa tunggu (annual cliff) bagi karyawan yang memiliki hak kepemilikan saham akan dihapus, sehingga karyawan yang meninggalkan Gojek dapat memiliki saham di perusahaan yang telah mereka bangun.

4. Pembayaran cuti tahunan dan hak lainnya

Gojek akan membayarkan cuti tahunan yang tidak digunakan, selain juga hak-hak lainnya termasuk cuti melahirkan.

5. Perpanjangan asuransi kesehatan

Di tengah krisis kesehatan global ini, Gojek ingin memastikan bahwa kebutuhan terkait kesehatan karyawan yang terdampak tetap dapat terpenuhi dengan memperpanjang skema asuransi kesehatan bagi karyawan yang terdampak dan juga bagi keluarga mereka, hingga 31 Desember 2020.

6. Perlengkapan

Karyawan dapat tetap memiliki laptop mereka untuk membantu mencari peluang lain.

7. Perpanjangan program bantuan karyawan:

Perusahaan memperpanjang masa dukungan, mencakup program layanan kesehatan mental, finansial, dan konsultasi lainnya selama tiga bulan ke depan.

8. Program outplacement

Gojek memberikan program outplacement yang akan membantu setiap orang untuk mencari pekerjaan.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...