Sabtu, April 27, 2024

5 Kebiasaan Baru Belanja Online di Era New Normal

Techbiz.id – Belanja online dinilai lebih aman, karena sifatnya yang contactless. Terutama, di tengah penyebaran Covid-19 seperti saat ini. Tak heran jika adanya sejumlah tren belanja online yang muncul dalam platform e-commerce, Lazada.

Berdasarkan tren pembelian konsumen di Lazada selama masa ‘self-quarantine’, Lazada merangkum 5 kebiasaan baru yang akan menjadi tren di era new normal.

Belanja Online

Berkebun

Di awal masa PSBB, salah satu yang menjadi kendala adalah akses bagi bahan makanan segar. Jadi banyak yang mulai menyiasati dengan membuat kebun lahan terbatas sendiri (urban farming) di rumah dan akhirnya menjadi salah satu hobi yang paling diminati oleh masyarakat.

Tanaman bumbu, sayur mayur dan buah merupakan sebagian tanaman yang banyak dicari untuk pemenuhan kebutuhan pangan sekaligus menghias rumah.

Mendekorasi rumah

Selain berkebun, Anda juga bisa mempercantik rumah dengan mendekorasi ulang atau menata ulang furnitur atau bahkan mengecat ulang dinding dengan warna-warna baru.

Menurut data dari Lazada, kategori ‘Outdoor & Garden’ meningkat sebesar 38%. Dalam masa new normal, sebagian mungkin akan tetap berada di rumah.

Memasak

Salah satu perubahan perilaku yang terjadi adalah bagaimana masyarakat mulai kembali ke masakan rumah. Segala tips, trik, resep memasak sudah siap sedia melalui akses di smartphone.

Ini dapat dilihat dari adanya peningkatan di beberapa kategori seperti ‘Large Appliances’ meningkat 22%, ‘Small Appliances’ meningkat 46%, dan ‘Kitchen and Dining’ meningkat 28%.

Baca juga: Chilibeli Buka Toko Resmi di Lazada

Olahraga di Rumah

Banyak konsumen yang mulai membuat gym pribadi di rumah agar tetap dapat berolahraga dengan maksimal. Peralatan olahraga seperti barbel, resistance bands, yoga mat adalah beberapa peralatan populer dan banyak dicar

Gaming

Absennya kegiatan nge-mall dan hangout di coffee shop membuat banyak konsumen beralih ke gaming sebagai entertainment utama dalam menghalau kebosanan. Lazada optimis, pembelian voucher, gaming gear dan apparel terus mengalami peningkatan di era new normal.

Selain 5 hobi ini, Lazada juga melihat peningkatan penjualan barang-barang elektronik untuk mendukung kegiatan konsumen seperti meeting online, virtual schooling dan video conference yang dapat dilakukan di rumah.

Kebutuhan barang-barang elektronik tidak hanya untuk aktivitas penunjang bekerja dan belajar. Banyak pula yang mulai belajar memanfaatkan teknologi dan barang-barang elektronik selama PSBB dan kebiasaan yang sudah terbangun selama masa-masa ini memiliki potensi untuk terus dikembangkan di masa depan. Misalnya memasak yang membutuhkan mixer dan oven; ataupun kulkas untuk menyimpan produk-produk olahan.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...