Selasa, Juli 16, 2024

Nokia Percepat Adopsi Open RAN untuk Gelaran 5G

Techbiz.id – Nokia terus meningkatkan adopsi Open RAN (O-RAN) pada portfolio AirScale-nya untuk memperkuat supply chain telekomunikasi sambil memastikan terus memastikan kualitas dan keamanan jaringan kelas dunia

Kemampuan O-RAN baru ini akan dibangun diatas software AirScale Nokia yang telah ada, menyediakan performansi yang sama-sama berkualitas tinggi, fungsionalitas yang bisa dikembangkan dan standar keamanan yang kokoh dari produk radio Nokia saat ini.

Rangkaian awal fungsi ORAN akan tersedia tahun ini, sementara rangkaian lengkap O-RAN-defined interface diharapkan akan tersedia pada 2021.

Dipercepatnya investasi Nokia terhadap O-RAN dinilai akan lebih meningkatkan kepercayaan cloud service provider (CSP), regulator dan pembuat keputusan politik, untuk mengamankan supply chain telekomunikasi mereka tanpa perlu memikirkan persaingan dan/atau keamanan infrastruktur 5G yang dimiliki.

Baca juga: Nokia Tingkatkan Kapasitas Jaringan 4G Tri Indonesia

Nokia telah membuat investasi signifikan dalam adopsi Open RAN dengan memimpin penggelaran awal RAN Intelligent Controller
(RIC) dan fronthaul terbuka.

Nokia juga baru saja mengumumkan portfolio AirScale Cloud RAN generasi selanjutnya. Dikarenakan solusi Nokia menggunakan bagian software yang sama pada RAN, Cloud RAN dan O-RAN, pelanggan Nokia akan memanfaatkan fleksibilitas terakhir untuk mendefinisikan arsitektur jaringannya tanpa mengurangi fitur, kualitas, atau keamanan jaringan.

President of Mobile Networks Nokia, Tommi Uitto mengatakan solusi Cloud RAN Nokia memimpin pasar dan terus berkembang menjadi sebuah arsitektur cloud-native.

“Kami punya skala dan kemampuan untuk menyesuaikan dengan permintaan pelanggan untuk teknologi ini, didukung kualitas dan kemaanan jaringan kelas dunia yang hanya bisa diberikan oleh Nokia,” jelasnya.

Menurut Joe Madden, Principal Analyst Mobile Experts Nokia, beberapa operator saat ini telah berkomitmen pada Open RAN, karena dapat meningkatkan fleksibilitas.

Operator baru juga menurutnya sangat percaya pada O-RAN dan vendor hardware alternatif melalui jaringan mereka, dan operator lama menggunakan O-RAN untuk menciptakan peluang-peluang bagi produk baru yang inovatif untuk menyesuaikan terhadap jaringan mereka yang kompleks.

“Tren keseluruhan ini memperkuat ekosistem dan memungkinkan radio spesialisasi untuk menyesuaikan dengan aplikasi-aplikasi yang sangat beragam,” paparnya.

Nokia menjadi vendor besar yang berkomitmen aktif mengembangkan O-RAN interface, memastikan bahwa solusi 5G RAN akan mendukung ekosistem terbuka di masa depan yang dibutuhkan oleh operator.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...