Jumat, April 19, 2024

Indonesia dan AS Jajaki Kerjasama TIK

Techbiz.id – Dalam pertemuan dengan Wakil Duta Besar Amerika Serikat, Menteri Komunikasi dan Informasi membahas beberapa peluang kerjasama AS dengan Pemerintah Indonesia di bidang TIK

Kerjasama yang mungkin dilakukan menurut Jhonny G Plate diantaranya dalam bidang infrastruktur telekomunikasi, talenta digital, dan pelindungan data pribadi.

Pembahasan rencana kerja sama tersebut dilakukan dalam pertemuan persahabatan antara Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bersama Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Heather Variava di Jakarta, Jum’at (28/08/2020).

Baca juga: Kominfo: Frekuensi Penyiaran Harus Dikelola dengan Baik

Menteri Johnny mengatakan, perbincangan yang dilakukan perwakilan kedua negara mencakup transformasi digital dari aspek teknologi informasi dan komunikasi serta sumberdaya manusia.

“Pembahasan aspek teknologinya sampai ke sumberdaya manusia atau digital talent yang disediakan Kementerian Kominfo. Amerika memberikan dukungan itu,” tuturnya.

Pemerintah Amerika Serikat, lanjut Menteri Kominfo, menyiapkan dukungan financing support kepada perusahaan Amerika untuk mengambil bagian di dalam pembangunan digital ekonomi dan digital broadcasting di Indonesia.

“Secara spesifik tadi Ibu Wakil Duta Besar menyampaikan komitmen dan keinginan keikutsertaan pemerintah Amerika Serikat dan perusahaan Amerika Serikat dalam pembiayaan dari program-program pembangunan transformasi digital, termasuk di dalamnya ada digital broadcast, teknologi informasi, dan infrastruktur TIK,” jelasnya.

Menurut Menteri Kominfo, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai digital talent untuk kebutuhan masyarakat Indonesia.  Tidak saja pemenuhan digital talent di tingkat menengah tetapi juga gerakan nasional literasi digital di tingkat basic.

“Kita mendiskusikan juga bagaimana menjaga ruang digital yang lebih baik yang berhubungan dengan cyber security dan cyber crime. Pemahamannya sama, Amerika share values dan share experience yang Amerika miliki, kita juga share kondisi keterkinian di Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Heather Variava, ada kesempatan antara pemerintah Amerika Serikat untuk kerjasama dengan perusahaan dan pemerintah Indonesia. Tapi juga ada kesempatan untuk mendukung secara pelatihan dan pendidikan terkait dengan human capital development.

Lebih lanjut disampaikan Variava, sudah ada beberapa program pemerintah yang didukung pemerintah Amerika melalui Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia.  

“Kami berharap rencana kerja sama tersebut akan terealisasi dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...