Friday, October 30, 2020
Home News Jutaan Ponsel Baru Terancam Tidak Bisa Digunakan

Jutaan Ponsel Baru Terancam Tidak Bisa Digunakan

Must Read

Oracle Tambah Fitur Dukung Dunia Kerja Baru

Techbiz.id - Oracle telah memperbaharui Fusion Cloud ERP mereka untuk membantu perusahaan dalam mengantisipasi kebutuhan operasional terkait...

Tips Hemat Kuota Internet Saat Pandemi

Techbiz.id - Masyarakat saat ini harus bijak menggunakan kuota internet agar hemat. Hal ini mengingat konsumsi akses...

Huawei dan BSSN Tingatkan Kompetensi Personel BSSN

Techbiz.id - Huawei Indonesia bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar workshop keamanan siber untuk meningkatkan capacity...

Techbiz.id – Jutaan perangkat ponsel baru terancam akan tidak bisa digunakan menyusul penuhnya kapasitas mesin CEIR yang digunakan untuk pengendalian IMEI.

Sejak tanggal 23 September 2020 Kementerian Perindustrian (kemenperin) RI tidak bisa melakukan upload data IMEI ke dalam data base CEIR karena kapasitas mesin tersebut yang sudah mencapai 95 persen.

- Advertisement -

Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) menyatakan, kapasitas CEIR yang mencapai 95% tersebut dikhawatirkan akan membuat perangkat CEIR down mengingat kapasitas yang hampir full.

Baca juga: Kapasitas CEIR Penuh, Kemenperin Tidak Bisa Input IMEI

Dengan demikian, ponsel baru yang nomor IMEI-nya belum diupload oleh Kemenperin sejak 23 September 2020 itu pun terancam tidak akan bisa digunakan oleh pemiliknya.

Pasalnya, semua perangkat HKT yang tidak terdaftar dalam database CEIR tidak akan mendapat sinyal dari operator sehingga tidak akan bisa digunakan sebagai alat komunikasi.

Di Indonesia sendiri setidaknya ada lima brand smartphone yang bersaing menjajakan perangkatnya di pasar tanah air.

Menurut data Tracker Ponsel Triwulan IDC, selama periode tiga bulan pertama tahun 2020, pengiriman smartphone ke pasar Indonesia mencapai 7,5 juta unit. Jika direratakan angka tersebut mencapai 2,5 juta unit smartphone yang terjual di pasar Indonesia tiap bulannya.

Sepanjang September 2020 saja ada beberapa brand yang meluncurkan smartphone terbarunya ke pasar Indonesia. Dalam setiap kali meluncurkan produk baru tentunya akan ada ratusan ribu unit yang diproduksi untuk satu model.

Dengan demikian jika kapsitas mesin CEIR tidak segera dilakukan penambahan kapasitas, akan ada jutaan smartphone baru yang tidak bisa dimasukkan data IMEI-nya ke mesin CEIR.

Ketua Asosiasi Industri Perangkat Telematika Indonesia, Ali Soebroto tidak bisa memastikan berapa banyak ponsel yang belum diupload data IMEI-nya sejak 23 September 2020 tersebut.

“Belum tahu, karena servernya CEIR dikelola ATSI di bawah Kominfo, sedangkan data IMEI dikelola oleh Kemenperin,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu produsen smartphone yang enggan disebutkan identitasnya menyebutkan bahwa, setiap bulan pihaknya mampu menjual 1 juta unit smartphone.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Dell Tawarkan Dua Laptop Seri XPS Generasi Terbaru

Techbiz.id - Dell Technologies menghadirkan portofolio laptop Dell XPS terbaru, XPS 15 dan XPS 17 yang menawarkan...

Oracle Tambah Fitur Dukung Dunia Kerja Baru

Techbiz.id - Oracle telah memperbaharui Fusion Cloud ERP mereka untuk membantu perusahaan dalam mengantisipasi kebutuhan operasional terkait supply chain yang dipengaruhi oleh...

Libur Panjang DiRumahAja, Tri Sediakan Promo dan Hadiah

Techbiz.id - Tri Indonesia menyediakan berbagai promo dan hadiah untuk menikmati libur panjang DiRumahAja selama pandemi ini dengan mengakses berbagai hiburan digital.

Telkomsel Berikan Pelatihan Digital Bagi Wira Usaha Muda

Techbiz.id - Telkomsel menghadirkan program Digital Creative Millennials 2020 untuk memberikan serangkaian pelatihan dan pendidikan terkait transformasi digital di sektor UMKM.

ITB Lolos ke Final Huawei ICT Competition Tingkat Dunia

Techbiz.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil lolos ke babak final Huawei ICT Competition tingkat dunia yang akan berlangsung di Shenzhen, Tiongkok, November mendatang.
- Advertisement -

Artikel Terkait