Selasa, Juli 16, 2024

Peritel BlibliMart Naik 2,5x Lipat di Semester Pertama 2020

Techbiz.id – Akselerasi adopsi teknologi akibat pandemi telah membuat jumlah seller BlibliMart di Jawa Timur naik meningkat sebanyak 2,5 kali di semester pertama 2020 jika dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya.

BlibliMart yang kategori groceries di paltform Blibli memang terus memperkuat dukungannya terhadap pasar ritel Jawa Timur dengan menghadirkan berbagai fitur, solusi, dan inisiatif untuk memperlancar aktifitas konsumsi.

Kelancaran aktifitas ritel, termasuk bagi para UMKM, sangat penting dalam percepatan pemulihan ekonomi, termasuk di tingkat provinsi Jawa Timur dan juga, skala nasional.

Baca juga: Blibli Catat Lonjakan Transaksi Signifikan di Harbolnas 12.12

Berdasarkan data BPS Jawa Timur, pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur Triwulan II – 2020 menurun hingga -5,9%, sedangkan konsumsi rumah tangga Jatim turun sebanyak -4.79%.

Masyarakat pun kini memfokuskan pembelanjaan pada kebutuhan pokok, mengingat finansial yang menantang. Karena itu, penting bagi segenap pelaku usaha untuk saling bekerjasama untuk memastikan ketahanan dan keberlanjutan industri ritel yang menjadi penggerak ekonomi daerah.

“BlibliMart menyediakan solusi bagi seller, termasuk UMKM Jawa Timur, untuk bisa terus melanjutkan usaha di tengah pandemi. Sebagai salah satu industri yang masih dapat terus beroperasi di tengah berbagai pembatasan, Blibli dapat secara konsisten menghadirkan kesempatan pasar bagi seller dengan membuka akses ke pelanggan di seluruh Indonesia.” kata VP Business Growth BlibliMart Category Blibli, Tatum Ona Kembara.

Seller BlibliMart Naik

Menurut Tatum, Blibli membantu para pelaku UMKM berjualan di platform selama pandemi dengan mempercepat prosess pendaftaran, meniadakan komisi serta deposito untuk seller baru di BlibliMart, menyediakan modal untuk melakukan pemasaran digital, dan memberikan pelatihan kewirausahaan digital.

“Keberlanjutan bisnis ritel, khususnya UMKM, sangat kritis bagi percepatan pemulihan ekonomi mengingat besarnya kontribusi UMKM baik bagi ekonomi tingkat daerah, dan juga ekonomi tingkat nasional” lanjut Tatum.

Selain itu, Blibli menyediakan layanan Fulfillment by Blibli (FBB) untuk seller, di mana Blibli menangani keseluruhan proses logistik, mulai dari warehousing hingga pengiriman, untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan seller apabila mereka harus menangani logistik sendiri.

FBB didukung oleh armada kurir BES serta kehadiran satu warehouse dan dua hub milik Blibli di Sidoarjo dan Sukomannunggal. Secara total, Blibli menjalankan 20 warehouse dan 32 hub yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia.

Sejalan dengan pertumbuhan seller, jumlah order pada BlibliMart di Jawa Timur juga ikut meningkat sebanyak 2 kali di semester pertama 2020 secara tahun-ke-tahun. Selama pandemi, pelanggan Jawa Timur banyak berbelanja di kelompok produk Keperluan Bayi & Anak, Makanan Instan, dan Sembako, yang menunjukkan bahwa pelanggan Jatim memfokuskan konsumsi mereka pada kebutuhan primer.

Tatum melanjutkan bahwa untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyeluruh bagi pelanggan, Blibli menawarkan berbagai opsi pengiriman, termasuk Free Delivery dan pengiriman cepat seperti Scheduled Delivery, Same Day Delivery, dan Instant Delivery. 

Blibli juga menyediakan opsi pembayaran terlengkap dengan 10 metode pembayaran bersama 38 mitra pembayaran, termasuk PayLater, layanan keuangan berbasis kredit dari Blibli.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...