Sabtu, April 27, 2024

5 Sistem ERP Ini Patut Dipertimbangkan

Techbiz.id – Sistem Enterprise Resources Planning (ERP) yang tepat mampu mewujudkan efisiensi dalam proses bisnis yang dilakukan oleh para pelaku usaha.

Sebuah sistem ERP berisi modul-modul yang masing-masing fokus pada fungsi esensial dari sebuah bisnis seperti finance dan akunting, HR, produksi, distribusi, CRM, pengelolaan bahan dan produk, supply chain dan lain-lain.

Piranti lunak modular ini di desain untuk mengintegrasikan fungsi-fungsi utama dari proses bisnis perusahaan dalam satu sistem yang terpadu.

Baca juga: Sistem ERP, Kebutuhan atau Kemewahan?

Berdasarkan survei industry secara global dan pengamatan para ahli setidaknya ada 5 merk sistem ERP yang patut dipertimbangkan saat perusahaan merasa membutuhkannya. Merk-merk ini sudah memiliki partner resmi di Indonesia.

5 Sistem ERP

1. Acumatica ERP

Acumatica ERP menawarkan paket lengkap dari sebuah aplikasi bisnis. Laporan, “dashboard” dan fungsi data analisisnya memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai proses bisnis pengguna. Terintegrasi dengan fungsi “self-service” dimana memungkinkan perusahaan menganalisa tren dan membuat laporan setiap saat.

Sistem ini menawarkan fungsi perkiraan, pengumpulan, pengolahan dan visualisasi data, serta pengaturan alur kerja. Acumatica ERP bisa didapatkan diseluruh dunia termasuk Indonesia lewat mitra-mitra mereka.

Piranti Acumatica di desain untuk perusahaan kecil dan menengah yang fokus pada industri retail, ecommerce, wholesale dan “discrete manufacturing”.

2. Epicor ERP

ERP ini mampu mengerjakan beragam proses bisnis termasuk keuangan dan akunting, manajemen proyek, CRM, persediaan, perencanaan bahan praproduksi, proses manufaktur hingga eksekusinya, SDM, distribusi hingga manajemen bisnis skala global.

Epicor ERP didesain untuk perusahaan menegah sampai besar yang fokus pada industry manufaktur, retail dan distribusi, serta jasa. Untuk dapat menggunakan Epicor, perusahaan bisa memilih antara menggunakan versi berbasis “cloud” atau versi konvensional yaitu piranti lunak ini dipasang di dalam server milik perusahaan atau biasa disebut “on premise”

Epicor dijual secara modular, jadi perusahaan yang ingin menggunakan ERP ini bisa membeli modul-modul yang memang diperlukan saja.

3. IFS Applications

IFS Applications adalah sebuah system ERP yang dapat membantu perusahaan dalam mengintegrasikan data dan proses dari banyak departemen dan dari lokasi yang berbeda-beda. Modul yang ditawarkanpun cukup beragam untuk menangani bisnis proses seperti menejemen aset, manajemen proyek, “field service management” dan “supply chain management.

Perusahaan dapat memilih modul-modul yang dibutuhkan dan setelah itu seiring dengan berkembangnya bisnis perusahaan bisa menambahkan modul-modul lain kemudian.

Seluruh fitur atau fungsi yang dibutuhkan dari sebuah ERP ada di IFS Applications dan baru-baru ini IFS juga mengadopsi teknologi RPA. ERP ini juga dapat diintegrasikan dengan Microsoft Office dan aplikasi lain yang menunjang produktifitas perusahaan.

IFS Applications fokus memberikan solusi ke beberapa industry yang spesifik seperti “aerospace and defense”, energi dan pemngembangan sumber daya alam, konstruksi dan infrastruktur, “engineering”, manufaktur dan jasa manufaktur.
IFS Applications mungkin bukan solusi yang tepat bagi perusahaan manufaktur diluar dari area-area fokus tersebut.

4. Oracle Cloud ERP

Berdasarkan namanya Oracle Cloud ERP adalah ERP yang berbasis “cloud”. Aplikasi ERP ini merupakan aplikasi ERP yang lengkap dan bisa mengakomodir kebutuhan perusahaan dari yang berskala UMKM sampai perusahaan multi nasional.

Aplikasi ini didesain untuk perusahaan dari berbagai industry termasuk jasa keuangan, Pendidikan, Kesehatan, manufaktur dan IT.
Oracle Cloud ERP sangat fleksibel mengikuti perubahan atau perkembangan bisnis dari perusahaan pengguna, jadi perusahaan tidak perlu khawatir saat butuh melakukan penambahan jumlah pengguna, transaksi ataupun lokasi kerja semua bisa dikerjakan saat itu juga. Aplikasi ini juga datang dengan versi yang mendukung berbagai bahasa, mata uang dan kebijakan.

5. SAP S4/HANA

S4/HANA adalah system ERP terpadu yang berjalan di atas memori database SAP. Didesain untuk membantu organisasi dalam memecahkan masalah-masalah kompleks yang melibatkan jumlah data yang besar. Sebagai vendor system ERP terbesar SAP memposisikan S4/HANA sebagai solusi bagi organsisasi untuk dapat menjadi “perusahaan cerdas bebasis digital”.

S4/HANA mengakomodir kebutuhan khusus dari beberapa industri vertical. Diantaranya pertambangan dan energi, jasa keuangan, manufaktur diskrit, konstruksi, transportasi dan logistic serta sektor umum. Perusahaan dapat memilih beberapa cara dalam mengimplementasikan SAP S4/HANA yaitu cara konvensional(on premise), cloud atau hybrid.

S4/HANA sangat baik untuk perusahaan besar karena fitur yang ditawarkan sangat beragam dan dapat meningkatkan analisa. Selain itu, sistem ini membuat perusahaan mampu untuk membuat keputusan lebih cepat.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...