Saturday, October 31, 2020
Home Column Sistem ERP, Kebutuhan atau Kemewahan?

Sistem ERP, Kebutuhan atau Kemewahan?

Artikel ini ditulis oleh Yogiswara, Co-Founder Techbiz Indonesia

Must Read

Aturan Pelaksana UU Cipta Kerja Ditunggu Pelaku Industri

Techbiz.id - Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) berharap UU Cipta Kerja yang telah memberikan angin segar bagi...

Dana Menginspirasi Anak Muda untuk Membangun Bangsa

Techbiz.id - Dalam rangka memperingati sekaligus dan melanjutkan semangat Sumpah Pemuda, dompet Digital DANA ingin menginspirasi kalangan...

Libur Panjang DiRumahAja, Tri Sediakan Promo dan Hadiah

Techbiz.id - Tri Indonesia menyediakan berbagai promo dan hadiah untuk menikmati libur panjang DiRumahAja selama pandemi ini...

Techbiz.id – Dari UMKM sampai dengan perusahaan global membutuhkan efisiensi dalam bisnis proses mereka. Sistem ERP yang tepat mampu mewujudkan tujuan ini. Tetapi dari sisi biaya dan waktu implementasi banyak yang mengatakan sistem ini adalah sebuah kemewahan bagi sebuah industri. Benarkah?

Secara umum, ERP (Enterprise Resources Planning) adalah piranti lunak modular yang di desain untuk mengintegrasikan fungsi-fungsi utama dari proses bisnis perusahaan dalam satu sistem yang terpadu.

- Advertisement -

Sebuah sistem ERP berisi modul-modul yang masing-masing fokus pada fungsi esensial dari sebuah bisnis seperti finance dan akunting, HR, produksi, distribusi, CRM, pengelolaan bahan dan produk, supply chain dan lain-lain.

Baca juga: JNE Manfaatkan Kekuatan Cloud Capai Visi dalam Era Ekonomi Baru

Beberapa dari sistem ERP bahkan memberikan fungsi “enterprise performance management” sebagai pelengkap sehingga perusahaan dapat terbantu dalam melakukan perencanaan, perkiraan dan laporan kinerja keuangan organisasi dalam periode tertentu.

Dalam kenyataannya, ada beberapa faktor yang membedakan satu sistem ERP dengan sistem ERP yang lain. Modul-modul tertentu dari sebuah sistem ERP tertentu terlihat sangat dominan atau kuat dibanding modul lain di dalam sistem tersebut yang akhirnya mencirikan kekuatan atau kelemahan dari sistem ERP tersebut dibanding sistem ERP yang lain.

Suatu sistem ERP mungkin akan lebih kompleks atau lebih sederhana dari sistem ERP yang lain disesuaikan dengan seberapa besar organisasi yang dapat di kelola oleh sistem tersebut. Umumnya, dalam pengaplikasiannya sebuah sistem ERP memang butuh dikustomisasi tetapi proses ini akan menambah besar kompleksitas dan kesulitan proses implementasinya.

Jadi, menggunakan atau tidak sistem ERP manjadi pilihan yang sangat sulit bagi organisasi besar karena secara kebutuhan sudah ada tetapi pengorbanan yang menjadi bagian dari komitmen implementasi sebuah sistem ERP juga besar, ini dikarenakan sebelum adanya sistem ERP mereka telah menerapkan sistem dalam bisnis proses mereka yang sebagian ingin dipertahankan karena dinilai telah berhasil.

Berbeda dengan UMKM yang mungkin dapat secara utuh mengadopsi bisnis proses yang ditawarkan oleh sebuah sistem ERP sehingga tidak membutuhkan kustomisasi.

Tetapi dari sisi harga dan prioritas, sebuah sistem ERP mungkin belum dilihat sebagai sebuah kebutuhan mendesak oleh pelaku UMKM karena mungkin semua proses bisnis dan pencatatannya masih bisa dilakukan manual atau “excel based”, berbeda dengan perusahaan berskala besar yang memang membutuhkan sebuah sistem terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi perusahaan dan mengurangi kebocoran finansial.

Garis besarnya adalah memilih sistem ERP yang tepat harus berdasarkan pada pengetahuan atas industri dan kebutuhan spesifik dari organisasi atau perusahaan kita.

Ada banyak vendor yang menyediakan sistem ERP dan pada kenyataannya memilih sistem ERP yang mana yang akan kita gunakan bukanlah sebuah tugas yang mudah.

Ini dikarenakan saat kita memilih maka selain dana dan waktu yang harus kita korbankan, kita juga harus menyiapkan sumber daya manusia di internal perusahaan untuk menerima dan mampu mengoperasikan sistem tersebut agar tujuan implementasi teknologi tersebut tercapai.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Samsung Kembangkan Aplikasi Pantau Covid-19

Techbiz.id - Samsung Electronics Indonesia menghadirkan aplikasi Samsung C-Safe, yang akan membantu masyarakat mengetahui da memantau perkembangan...

Polytron Hadirkan Kotak Sterilisasi Serba Guna Basmi Virus

Techbiz.id - Polytron menghadirkan Multipurpose Sterilizer Box PUV 122W untuk mensterilkan berbagai barang dan perlengkapan rumah tangga dari virus dan bakteri.

Review Freebuds Studio: Langsung Beli Aja

Techbiz.id - Untuk pertama kalinya Huawei menghadirkan perangkat audio berupa headphone nirkabel dalam rangkaian produk IoTnya. Perangkat yang diberi...

Dell Tawarkan Dua Laptop Seri XPS Generasi Terbaru

Techbiz.id - Dell Technologies menghadirkan portofolio laptop Dell XPS terbaru, XPS 15 dan XPS 17 yang menawarkan kinerja mumpuni dan ringkas.

Oracle Tambah Fitur Dukung Dunia Kerja Baru

Techbiz.id - Oracle telah memperbaharui Fusion Cloud ERP mereka untuk membantu perusahaan dalam mengantisipasi kebutuhan operasional terkait supply chain yang dipengaruhi oleh...
- Advertisement -

Artikel Terkait