Rabu, April 24, 2024

WhatsApp Business Ada Fitur Keranjang Belanja

Techbiz.id – WhatsApp Business kini mempermudah proses pemesanan dan penjualan via aplikasi dengan memperkenalkan fitur terbarunya, Keranjang Belanja (Cart).

Dengan adanya fitur baru ini para pengguna, baik pemilik UMKM maupun pelanggannya, sangat dimudahkan. Terutama bagi masyarakat yang mencari alternatif belanja jelang momen belanja akhir tahun sembari tetap menjaga jarak fisik.

Fitur Keranjang Belanja membuat pengalaman berbelanja menjadi semakin efisien, terutama dari toko yang memiliki banyak pilihan produk/layanan seperti restoran atau toko pakaian.

Baca juga: Bawaslu Sediakan Chatbot Whatsapp untuk Pilkada

Para pelanggan toko di WhatsApp Business cukup menelusuri Katalog, memilih beberapa produk yang disukai, lalu mengirimkan semua pesanannya dalam sebuah chat kepada admin toko dengan adanya fitur ini.

Pelanggan tidak lagi direpotkan dengan mengetik pesanan satu-persatu. Hal ini juga akan mempermudah admin toko untuk melacak pesanan, mengelola permintaan dari pelanggan, dan memproses pesanan dengan lebih efisien.

Penggunaan keranjang belanja menurut Agradaya, bisnis rempah dan bumbu berbasis berkelanjutan di Yogyakarta yang mendapatkan akses awal untuk menguji coba fitur baru ini telah memudahkan pengelolaan pesanan pelanggan tanpa harus diskusi berkepanjangan, sehingga meminimalkan kemungkinan terjadi kesalahan pemesanan.

Sepanjang tahun ini, WhatsApp Business telah meluncurkan beberapa pembaruan, termasuk Kode QR, Katalog, dan Keranjang Belanja untuk meningkatkan efisiensi pengalaman belanja bagi penggunanya serta memudahkan siapa saja untuk mengembangkan bisnis.

Sementara itu, salah satu pemilik Make A Whiz Jessica Yuri yang merupakan pengguna aktif WhatsApp Business. Jessica dan timnya mengoptimalkan fitur seperti Katalog, Balasan Cepat, dan Label untuk mengelola permintaan pelanggan sangat menyukai fitur Label.

“Kami selalu mengacu pada fitur label untuk memeriksa status pesanan. Fitur ini juga membuat kami lebih terorganisasi dan semakin cekatan dalam merespon pelanggan kami,” kata Jessica.

Pengguna WhatsApp Business lainnya, I Made Dwi Agam Armini, salah satu pemilik pakaian olahraga AUM Apparel dari Bali, juga menyebutkan WhatsApp Business telah membantu menyederhanakan komunikasi mereka dengan pelanggan mereka, baik pelanggan lama maupun baru.

Meskipun transaksi pembayaran tetap perlu dilakukan melalui platform lain, WhatsApp berharap dapat mendukung lebih banyak UMKM di Indonesia untuk tumbuh secara digital melalui WhatsApp Business.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...