Monday, May 17, 2021
Home Apps TikTok Kini Punya Toolkit Keamanan Keluarga

TikTok Kini Punya Toolkit Keamanan Keluarga

Must Read

Tesla Belum Jual Bitcoin, Akankah Harganya Kembali Naik?

Techbiz.id - CEO Tesla, Elon Musk mengumumkan bahwa perusahaannya hingga kini belum menjual kepemilikan Bitcoin mereka. "Untuk mengklarifikasi spekulasi, Tesla...

Gojek-Tokopedia Merger Jadi GoTo, Pengamat: KPPU Harus Mengawasi

Techbiz.id - Gojek dan Tokopedia secara resmi telah mengumumkan merger mereka menjadi GoTo Group. Kolaborasi terbesar di Indonesia ini...

Solusi Smartie Pants Tingkatkan Revenue Pengembang Game

Techbiz.id - Gaming startup asal Singapura Storms mengumumkan kerjasama strategisnya dengan Smartie Pants untuk menghadirkan solusi perangkat lunak berbentuk...

Bocoran Ungkap iPhone 13 Punya Bodi Tebal dan Kamera Besar

Techbiz.id - Jika biasanya perangkat generasi baru diharapkan membawa peningkatan dengan bodi yang lebih tipis, berbeda halnya di iPhone...

Harga Asus Zenfone 8 Terungkap Jelang Peluncuran

Techbiz.id - Setelah hampir semua spesifikasi terkuak, kali ini giliran bocoran harga Asus Zenfone 8 yang terungkap jelang peluncuran. Laporan...

Techbiz.id – Bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day), TikTok, platform distribusi video singkat bersama DQ Institute, lembaga internasional yang berdedikasi pada pengembangan kecerdasan digital (digital intelligence), meluncurkan Toolkit Keamanan Keluarga TikTok, secara daring, Rabu (10/2/2021).

Toolkit berisi panduan dan tool bagi orangtua dalam memahami pengasuhan anak secara digital sebagai upaya menciptakan lingkungan siber aman ini sudah dapat diakses di Pusat Keamanan TikTok.

- Advertisement -

Itu sejalan dengan komitmen TikTok dalam upaya menciptakan lingkungan siber yang aman. Seperti yang disampaikan oleh Donny Eryastha, Head of Public Policy TikTok Indonesia, bahwa “,Dari awal memang kami menjadikan keamanan internet sebagai prioritas utama Kami.”

Di Indonesia sendiri, menurut hasil riset Alvara Research Center terdapat kenaikan yang sangat signifikan terkait konsumsi internet masyarakat pada Juni 2020. Dalam satu hari, waktu pengguna dalam mengakses internet meningkat dari empat hingga enam jam per hari menjadi lebih dari tujuh jam per hari.

TikTok Toolkit

Kalangan remaja atau Generasi Z menjadi kelompok masyarakat yang mendominasi pengguna internet di Indonesia. Momen itu menjadi sangat penting bagi peranan orang tua terhadap anak-anak mereka, terutama generasi milenials.

Senada dengan itu, Hendarman, Kepala Pusat Penguatan Karakter, Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia menyampaikan bahwa Literasi digital yang dimiliki kaum remaja (atau generasi Z) pada hari ini adalah aset yang sangat besar dalam cita-cita membangun sumber daya manusia unggul di masa depan.

“Kami akan terus memberikan dorongan untuk terciptanya sinergi antara orangtua dan anak di ranah digital dalam upaya membangun penguatan karakter anak,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Toolkit Keamanan Keluarga TikTok berisikan 10 tips tentang pengasuhan digital pada anak remaja yang mudah diterapkan oleh orangtua untuk aktivitas di platform digital mana pun, tidak hanya untuk platform TikTok saja agar mereka menjadi warga digital yang baik.

Baca juga: Mirip TikTok, Instagram Bakal Ubah Stories Jadi Vertikal

Selain itu, Toolkit ini juga memberikan panduan lengkap mengenai alat keamanan keluarga yang dapat digunakan oleh orangtua, termasuk cara penggunaan Pelibatan Keluarga (Family Pairing), fitur yang memungkinkan akun orangtua dan akun anak remaja terhubung sehingga aktivitas daring mereka dapat terkontrol dengan baik.

“Harapannya semoga Toolkit Keamanan Keluarga TikTok ini bisa menjadi sumber edukasi sekaligus panduan pengasuhan digital yang komprehensif bagi para orangtua di Indonesia untuk menyadari pentingnya keamanan, keselamatan, dan privasi daring anak remaja,” pungkas Donny.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Gojek-Tokopedia Merger Jadi GoTo, Pengamat: KPPU Harus Mengawasi

Techbiz.id - Gojek dan Tokopedia secara resmi telah mengumumkan merger mereka menjadi GoTo Group. Kolaborasi terbesar di Indonesia ini...

Artikel Terkait