Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaAppsStudi: TikTok, YouTube, dan WhatsApp Jadi Aplikasi Favorit Anak Selama Pandemi

Studi: TikTok, YouTube, dan WhatsApp Jadi Aplikasi Favorit Anak Selama Pandemi

Must Read

Techbiz.id – Tahun 2020 ternyata menjadi salah satu tahun yang paling tidak biasa bagi anak-anak modern. Pandemi telah mengubah banyak situasi kehidupan umum di seluruh dunia, termasuk pendidikan, bertemu teman dan keluarga, rekreasi, dan hiburan.

Sebuah studi Kaspersky Safe Kids terbaru mengungkapkan bahwa situasi pandemi memberikan dorongan tersendiri pada minat anak-anak, khususnya aplikasi favorit mereka.

Selama setahun terakhir, minat mereka tertuju dalam kategori ‘perangkat lunak, audio dan video’ dan ‘e-commerce’, sementara ‘media komunikasi internet’ dan ‘permainan komputer’ sedikit menurun.

Hasil studi pun mengungkap TikTok, YouTube, dan WhatsApp berada di urutan teratas aplikasi favorit di antara anak-anak di seluruh dunia. Pada saat yang sama, TikTok bahkan menyalip Instagram dengan tingkat popularitas hampir dua kali lipat.

“Kami melihat bagaimana TikTok menjadi salah satu trendsetter utama di kalangan anak-anak dalam waktu singkat dan terus menarik perhatian mereka.” ujar Anna Larkina, Pakar Analisis Konten Web di Kaspersky, dikutip Selasa (8/6).

“Pada saat yang sama, YouTube tidak kehilangan pijakan dan tetap menjadi pemimpin dalam popularitas di kalangan anak-anak, sebagian karena banyaknya variasi video, mulai dari ‘let-plays’, rekaman permainan video game, hingga klip seputar pendidikan dan masih banyak lagi.” lanjut Anna.

Tak hanya di dunia, ketiga aplikasi tersebut juga menempati tiga teratas aplikasi paling populer di Indonesia. Adapun Youtube menempati posisi puncak dengan 32,99%, disusul WhatsApp dengan 21,47% dan TikTok 10,18%. Fakta menarik juga bahwa aplikasi Tiktok kini mulai dilirik untuk digunakan sebagai platform metode pembelajaran kreatif di Indonesia.

Baca juga: Aplikasi My Huawei Integrasikan Toko Online dan Komunitas Huawei

Dari segi ketertarikan terhadap game, Roblox menempati urutan paling populer di kalangan anak-anak Indonesia dengan persentase 8,27% disusul Free Fire (5,75%) dan Mobile Legends: Bang Bang (2,91%).

Terkait

Artikel Terkait

Huawei MatePad Pro 11″ Resmi di Indonesia, Intip Harganya

Techbiz.id - Huawei MatePad Pro 11" telah resmi meluncur ke pasar Indonesia pada (16/08) melalui rangkaian acara yang bertajuk...