Jumat, April 26, 2024

Tips Bikin Konten TikTok untuk Promosi UKM

Techbiz.id – Platform destinasi video pendek seperti TikTok kerap dijadikan sarana untuk melakukan promosi bagi sebuah brand. Usaha kecil menengah (UKM) pun bisa membuat konten dengan memanfaatkan platform TikTok sebagai media promosinya.

Untuk memulai pemasaran digital, sebagai langkah awal sangat penting bagi untuk UKM merancang konten TikTok yang kreatif, agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima oleh target konsumen dengan kesan menarik.

Berikut adalah tiga tips membuat konten TikTok bagi UKM yang disadur dari Kelas Kreatif Maju Bareng TikTok:

Baca juga: TikTok Ajak Pengguna Berbagi Kebaikan dan Lawan Perundungan Lewat Animasi

1.     Solusi masalah yang dihadapi konsumen

Para pelaku bisnis bisa memanfaatkan permasalahan sehari-hari yang biasa dihadapi konsumen dengan menjadikan keunggulan atau manfaat produk sebagai jawabannya. Hal ini dinamakan sweet spot, yaitu pertemuan antara keunggulan produk dengan pemahaman akan konsumen.

Untuk dapat menggali lebih banyak insights, pelaku bisnis bisa memosisikan diri sebagai konsumen, dengan memperhatikan perilaku konsumen, seperti kapan mereka menggunakan produk, dimana mereka biasa mendapatkannya, hingga nilai yang mereka cari dari produk tersebut.

Sebagai contoh, produk spons pembersih ini menjawab permasalahan panci kotor yang sering dialami ibu rumah tangga dengan memberikan penjelasan dan tutorial langsung, sekaligus arahan untuk mendapatkan produk tersebut di e-commerce.

2.     Beri kejutan di akhir

Setelah mendapat berbagai ide untuk menjawab permasalahan target konsumen, kemas jawaban tersebut menjadi suatu konten kreatif. Salah satu caranya adalah memberikan surprise atau kejutan menarik di akhir video.

Contohnya dengan mengawali video seperti kegiatan jalan-jalan di pusat perbelanjaan biasa, yang ternyata diakhiri dengan promosi suatu gerai baru yang disampaikan dengan cara dramatis.

Cara kreatif yang memberikan kejutan seperti ini bisa meninggalkan kesan pada konsumen, sekaligus membangkitkan keinginan untuk ikut mencoba datang ke gerai tersebut.

3.     Manfaatkan creative tools gratis

Bagi pelaku UKM, keterbatasan budget untuk merekrut ahli desain adalah hal lazim yang dihadapi dalam proses pengembangan bisnis. Saat ini, ada berbagai aplikasi video editing gratis yang menawarkan fitur membuat konten dengan mudah.

TikTok bisa menjadi salah satu pilihan, karena memiliki creative tools yang lengkap dan tepat untuk mendukung UKM membuat konten kreatif, seperti pustaka musik, stiker, filter, pengubah suara, hingga fitur voice over dan penambah teks.

Kehadiran fitur-fitur ini mempermudah pelaku bisnis dari berbagai kategori untuk menceritakan produk dan jasanya dengan lebih kreatif.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...