Kamis, Mei 2, 2024

Lenovo dan Zenius Gelar Kompetisi Video Kreatif untuk Guru

Techbiz.id – Lenovo bersama Zenius mengajak guru-guru di seluruh Indonesia untuk mengikuti kompetisi video materi kreatif. Kompetisi ini diadakan agar guru tetap semangat mengajar di saat pembelajaran jarak jauh dan dapat berbagi cara pengajaran menarik yang bisa diimplementasikan oleh guru lainnya.

Kompetisi ini dapat diikuti oleh guru Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh Indonesia.

Seperti diketahui, perubahan cara pembelajaran akibat pandemi mengharuskan guru dan siswa untuk beradaptasi dengan cara pembelajaran baru, yaitu pembelajaran berbasis teknologi. Ini merupakan tantangan bagi guru dan siswa karena perubahan ini tidaklah mudah.

Mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari melihat layar dan kehilangan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan sesama guru dan teman yang dahulu didapatkan saat belajar di sekolah.

Perubahan yang sangat tiba-tiba membuat para guru harus mengubah cara pembelajaran tanpa mendapatkan pembekalan terkait pembelajaran online. Mereka harus mencari cara sendiri, mencoba beradaptasi, dan berkreativitas sendiri untuk membuat pembelajaran menyenangkan dan tidak membuat murid bosan.

Baca juga: 6 Laptop Lenovo ThinkBook Gen 2 Tiba di Indonesia

Menurut Johny Dermawan, REL Director Lenovo Indonesia, kontes ini sendiri bertujuan untuk memberikan aspirasi kepada sesama edukator dan juga merupakan bagian dari program EdVision yang diluncurkan tahun lalu sebagai upaya Lenovo dalam usahanya untuk mendukung kecakapan digital para pendidik.

“Transformasi pendidikan merupakan prioritas Lenovo, terlebih, kami melihat tantangan yang tengah dihadapi oleh para guru di tengah berubahnya proses belajar-mengajar sehari-hari. Kegiatan ini merupakan upaya apresiasi kepada semua guru dan mengajak mereka untuk untuk terus mengasah keahlian dan keterampilan dalam teknologi digital,” ucapnya.

Sementara itu, Chief of Teachers’ Initiative Zenius Amanda Witdarmono mengatakan, dengan adanya pandemi yang mewajibkan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara virtual, seorang guru harus beradaptasi dengan kebiasaan baru, dan mengadopsi teknologi sebagai pendukung kegiatan tersebut.

“Kami berharap melalui kompetisi video materi kreatif yang digagas bersama dengan Lenovo, para guru bisa tetap menjaga semangat mengajar dan mendidik para siswa di tengah pandemi,” kata Amanda.

Lewat kompetisi ini, Lenovo dan Zenius untuk Guru mengajak para guru di seluruh Indonesia untuk membuat video materi kreatif dengan trik cepat atau menarik versi masing-masing yang dikembangkan dari 1 rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk peserta didik.

Para guru juga berkesempatan untuk mendapatkan 6 Laptop Lenovo dan Teach Coaching dari Zenius. Periode dari kompetisi ini dimulai dari 29 Juni – 31 Agustus 2021, 

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...